12 Penyebab Busi Motor Basah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Busi Motor Basah – Menjadi komponen yang cukup vital keberadaannya, busi pada sebuah kendaraan tentu harus kita jaga kondisi dan kualitasnya. Hal tersebut tentu bisa di lakukan dengan mudah jika kalian selalu melakukan service secara rutin. Dengan begitu tentunya mesin motor akan selalu dapat terkontrol.

Sebagai komponen utama yang akan merubah tegangan listrik dari koil menjadi percikan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Otomatis kondisi busi benar-benar harus di perhatikan. Pasalnya jika kondisi busi sudah mulai rusak dan mulai lemah akan berakibat motor mogok ataupun kondisi jalan yang tidak normal.

Nah bicara masalah busi motor, tidak hanya bisa retak atau pecah. Ternyata busi motor juga bisa basah meski berada pada ruang tertutup. Kenapa demikian? tentu ada banyak faktor penyebanya. Namun basah yang muncul pada bagian busi bisa disebabkan karena faktor bahan bakar ataupun oli yang digunakan pada mesin.

Dan ketika busi motor sudah mulai basah atau bahkan menghitam, akan ada beberapa hal yang mungkin bisa kalian rasakan ketika menggunakan motor tersebut. Seperti halnya mesin mogok ataupun sulit untuk di hidupkan. Maka dari itu solusi terbaik tentunya kalian harus memperbaiki busi motor tersebut.

Penyebab Busi Motor Basah dan Cara Mengatasi

Penyebab Busi Motor Basah

Untuk memperbaiki busi motor pun terbilang mudah, namun yang jadi pertanyaan mungkin apa sih sebenarnya penyebab busi motor basah dan bagaimana cara mengatasinya?. Bagi kalian yang penasaran dan bertanya-tanya akan hal itu, maka kalian tepat berada pada artikel terbaru otoflik.com kali ini. Karena seperti kami tulis diatas, kali ini akan kita coba bagikan beberapa penyebab dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Busi Motor Basah

Faktor Penyebab Busi Motor Basah

1. Api Busi Kecil

Ada banyak sekali faktor penyebab busi motor basah. Salah satunya adalah dari busi itu sendiri. Yang dimana jika kondisi busi motor sudah tidak maksimal, biasanya akan membuat percikan api yang di keluarkan cukup kecil. Namun karena adanya gaya dorong dari engkol yang kita lakukan, campuran udara dan bahan bakar akan tetap masuk ke ruang bakar.

READ  45 Motor Retro Modern 2020 Termurah Paling Diminati

Dimana dengan tidak adanya percikan api yang normal tentunya tidak akan membuat campuran tersebut terbakar. Dan saat itu juga suhu di dalam ruang bakar pun akan semakin tinggi. Hal ini tentunya membuat udara lembab terseut menempel di seluruh bagian, termasuk pada bagian elektroda busi, sehingga ujung busi pun akan basah.

2. Kegagalan Pengapian Motor

Seperti kita ketahui bersama, motor memakai sistem pengapian CDI yang akan membuat induksi pada koil terjadi semakin cepat dan kuat untuk menghasilkan arus listrik DC yang di salurkan ke busi. Namun jika CDI tersebut tidak dalam keadaan baik, otomatis fungsi CDI yang di perlukan busi pun tidak akan membuatnya menyala.

Sampai disini, tentu kalian akan paham apa yang terjadi. Karena seperti kami jelaskan diatas, ketika busi tidak menyala namun tetap ada campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Maka akan langusng beruah menjadi lembab dan menempel pada bagian busi. Dengan begitu busi pun akan basah dan akan membuatnya semakin tidak mudah memercikan api.

3. Ring Kompresi Aus Atau Seal Katup Rusak

Kemudian penyebab busi motor basah yang berikutnya juga bisa di karenakan adanya oli yang masuk kedalam ruang bakar. Padahal secara teori otomotif, sebenarnya oli mesin seharusnya tidak bisa masuk ke dalam ruang bakar. Terkecuali untuk motor 2 tak seperti yang sudah pernah kami sampaikan pada perbedaan motor 2 tak dan 4 tak.

Ketika oli mesin justru masuk kedalam ruang bakar, itu berarti ada kebocoran yang terjadi pada bagian silinder atau ring piston yang sudah mulai aus. Dengan begitu ketika ini terjadi mau tidak mau kalian harus mengganti ring piston tersebut.

4. Terdapat Air Dalam Mesin

Meski ini merupakan penyebab yang jarang kita temukan, namun tidak menutup kemungkinan penyebab busi basah juga karena mesin sudah kemasukan air. Dimana air yang masuk tersebut bisa karena saat kalian mencuci motor dan masuk ke dalam filter serta terbawa udara yang menuju ke ruang pembakaran saat intake.

5. Kualitas Busi

Selain diatas, penyebab busi motor basah juga bisa terjadi dari kualitas busi yang digunakan. Karena seperti kita ketahui bersama busi motor pun ada berbagai jenisnya. Jadi ketika kalian salah memilih busi motor yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor kalian, biasanya akan mebuat mesin bermasalah.

Jadi pastikan ketika membeli busi kalian sesuaikan dengan spesifikasi mesin motor kalian. Sebab bukan hanya resistensi yang harus di perhatikan, tetapi juga lubang besar kecilnya ulir busi pun harus benar-benar di perhatikan agar tidak ada air ataupun udara berlebihan yang masuk.

READ  15 Motor Buatan Indonesia Yang Mendunia 2020

6. Setelan Karburator Kurang Pas

Dan penyebab busi motor basah juga seringkali terjadi karena setelan karburator tidak tepat atau kurang pas. Jika hal tersebut terjadi, maka seperti pada penyebab pertama yang kami sampaikan diatas. Akan membuat pembakaran di ruang bakar tidaklah sempurna yang berakibat adanya sisa-sisa pembakaran yang mungkin masih lembab sehingga menemple pada ujung elektroda busi dan membatnya basah.

Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Diatas merupakan beberapa penyebab busi motor basah yang sering terjadi. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang kami sampaikan diatas. Selalu lakukan service motor di bengkel untuk mengetahui kondisi busi itu sendiri. Namun jika kalian justru tengah mengalami salah satunya, mungkin cara berikut bisa mengatasi masalah busi motor yang basah.

  1. Silahkan ganti busi motor yang kalian gunakan ketika di ketahui percikan api dari busi tersebut sudah tidak normal atau kecil.
  2. Tidak adanya percikan api dari busi ke ruang bakar bukan saja di karenakan busi yang sudah tidak baik. Namun juga bisa terjadi karena faktor CDI, jadi silahkan ganti CDI jika sudah tidak bisa menawarkan fungsinya dengan baik.
  3. Jika merujuk pada penyebab busi motor basah karena seal katup rusak, maka cara mengetasinya tentu saja kalian harus mengganti seal tersebut dengan yang baru agar tidak lagi terjadi kebocoran oli pada bagian dalam ruang bakar.
  4. Lalu kalian juga harus segera membersihkan genangan air yang ada pada bagian filter udara agar tidak membuat air bisa masuk kedalam ruang bakar.
  5. Kemudian cari dan gunakanlah busi dengan kualitas yang baik dan tentunya sesuai dengan spesifikasi mesin motor kalian, jika kalian ingin membeli busi baru, berikut referensi harga busi motor terbarunya.
  6. Dan cara mengatasi busi motor basah yang selanjutnya adalah dengan membersihkan karburator motor hingga benar-benar bersih dan lakukan penyetelan karburator secara baik agar tidak ada udara atau bahan bakar yang kelebihan atau kekurangan.

Itulah kiranya beberapa data penyebab busi motor basah yang sering terjadi. Bagi flikermania yang mungkin sedang mengalaminya mungkin bisa menggunakan tips cara mengatasinya yang sudah kami sampaikan diatas. Dan kiranay sekian terlebih dahulu inforamsi yang bisa kami bagikan, semoga bisa bermanfaat.

Tags: