5 Penyebab Busi Motor Cepat Mati / Rusak & Cara Mengatasi

Penyebab Busi Motor Cepat Mati – Memiliki sejumlah fungsionalitas yang cukup tinggi, sampai dengan saat ini sepeda motor masih menjadi alat transportasi harian favorit banyak masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang yang memiliki lebih dari satu motor di dalam garasi rumah.

Advertisements

Alasan lain yang membuat kendaraan jenis ini menjadi begitu favorit tidak terlepas dari penggunaan mudah dan juga sistem perawatan yang tergolong murah dan ringan bila kita bandingkan dengan jenis kendaraan lain seperti halnya mobil.

Namun, bagaimanapun mudahnya perawatan motor yang banyak orang katakan. Jika sebagai pengguna kita tetap jarang melakukan perawatan otomatis berbagai macam masalah pun akan tetap muncul. Nah dari banyaknya permasalahan tersebut, kendala pada bagian busi mungkin paling sering di alami.

Advertisements

Tak hanya menyebabkan motor sering mogok, timbulnya masalah pada busi motor sudah pasti juga akan membuat motor akan sulit untuk di hidupkan. Maka dari itu sebagai pengguna sekaligus pemilih, setidaknya mengetahui ciri-ciri busi motor lemah atau sudah mulai rusak harus kalian perhatikan.

Penyebab Busi Motor Cepat Mati dan Rusak serta Cara Mengatasi

Bagaimanapun juga busi motor juga merupakan salah satu komponen paling vital. Jika cepat rusak dan mati meski baru di ganti, tentu hal ini akan membuat penggunaan motor tak akan maksimal. Nah bicara mengenai hal tersebut, berikut ini adalah beberapa penyebab busi motor cepat mati atau rusak.

Pentingnya Fungsi Busi

Tidak bisa kita pungkiri, busi pada motor punya peran begitu penting. Terutama pada sistem pembakaran atau sistem pengapian. Karena selain bagian penting, melalui busi terkadang kita bisa tahu kondisi mesin motor serta berbagai macam gejala permasalahan yang mungkin saja akan terjadi.

Terkait pentingnya busi di dalam kendaraan bermotor. Pada dasarnya busi motor memiliki dua fungsi utama. Dimana kedua fungsi tersebut meliputi:

  • Sebagai pengubah aliran tegangan listrik dari koil menjadi percikan api di dalam ruang pembakaran untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah di kompresi.
  • Kemudian fungsi busi motor berikutnya yaitu sebagai pelepas panas yang terdapat di dalam ruang pembakaran. Hal ini karena jika dilihat dari sistem kerjanya, busi akan menghantarkan panas dengan menarik energi panas tidak terpakai kemudian akan dipindahkan ke sistem pendingin mesin yang ada baik dalam bentuk udara atau cairan.

Itulah mengapa ketika mengalami masalah pada bagian busi, motor akan sulit sekali hidup atau bahkan motor seringkali mogok dan mati secara tiba-tiba. Dari penjelasan singkat di atas, setidaknya bisa kita tarik kesimpulan bahwa mengetahui penyebab busi motor cepat mati menjadi bagian benar-benar harus kalian pahami.

Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Bagi kalian yang memang sampai ke sini karena mulai ingin mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab utama busi motor cepat rusak atau mati. Rasanya cukup tepat. Karena dibawah ini sudah otoflik.com siapkan beberapa detail penyebab busi motor cepat mati.

1. Kompresi Mesin Bocor

Sudah sering ganti busi motor tapi dalam kurung waktu yang tak begitu lama busi motor kembali mati atau rusak? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan adanya kompresi mesin bocor. Penyebab motor hilang kompresi sendiri cukup banyak.

Advertisements

Namun kebocoran yang terjadi ini akan membuat efek buruk, tentu saja selain akan membuat tenaga motor tak bisa diandalkan. Ternyata kompresi mesin bocor juga akan menyebabkan busi hitam dan membuatnya akan cepat mati atau rusak.

2. Setelan Bahan Bakar Kurang Pas

Buat kalian yang sering melakukan penyetelan bahan bakar di bagian karburator motor, perlu diperhatikan bahwa pengaturan yang kurang tepat akan membuat busi cepat mati atau rusak.  Kenapa bisa sampai berpengaruh pada bagian busi motor?.

Hal ini karena kurang pas atau tepatnya setelan bahan bakar motor akan membuat hisapan bensin terlalu banyak atau sebaliknya, hisapan udara yang terlalu banyak. Dan ini tentunya akan membuat busi cepat mati karena adanya kotoran yang memang seharusnya tak ada jika setelan pas.

3. Korsleting di Jalur Pengapian

Kemudian hal yang paling sering membuat busi motor cepat mati atau rusak yaitu karena adanya korsleting pada bagian jalur pengapian. Korsleting jalur kelistrikan sepeda motor sendiri dapat diakibatkan banyak sekali penyebabnya.

Namun satu hal yang perlu untuk kalian pahami, ketika jalur pengapian mengalami korsleting, tak hanya akan membuat busi motor mudah rusak. Tetapi juga akan membuat koil dan juga cdi spul cepat mati.

4. Pemasangan Busi Kurang Tepat

Selanjutnya hal yang juga tak kalah seringnya membuat busi motor cepat mati yaitu terkait pemasangan yang kurang tepat. Bagi kalian yang mungkin pernah melakukan penggantian busi motor sendiri.

Maka hal ini perlu kalian perhatikan dengan benar. Meski bisa dikatakan cukup mudah, akan tetapi memasang busi lama atua pun busi baru yang kurang tepat akan dapat menjadi penyebab busi motor cepat mati.

5. Ruang Pembakaran Banjir Oli

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, ada banyak sekali hal bisa membuat busi motor cepat mati. Tidak hanya karena hal-hal sudah kami sampaikan di atas, busi motor mati juga dapat disebabkan karena ruang pembakaran banjir atau basah karena oli.

Jika hal ini kalian dapati, bisa jadi ring piston atau bahkan setang seher sudah benar-benar terlalu aus. Yah, kondisi oli mesin yang masuk ke dalam ruang pembakaran selain menyebabkan keluarnya asap putih, juga menjadi pemicu utama busi motor cepat mati.

Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Mati

Cara Mengatasi Busi Motor Rusak atau Mati

Terkait bagaimana cara mengatasi busi motor cepat mati sebenarnya hal ini dapat kalian minimalisir dengan baik dan mudah. Selain dengan melakukan perawatan secara baik dan rutin.

Kalian juga bisa mengatasi busi motor cepat mati dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Jika mengganti busi motor, sebaiknya gunakanlah busi motor terbaik yang ada di pasaran.
  2. Pastikan pula bahwa spesifikasi busi juga kalian sesuaikan dengan jenis dan tipe motor atau pun mesin motor.
  3. Lalu pastikan juga selalu gunakan bahan bakar yang tepat, atau setidaknya gunakan bahan bakar dengan nilai oktan terbaik.
  4. Lakukan pemeriksaan secara rutin pada bengkel kesayangan atau bengkel resi dari brand motor kalian.

Akhir Kata

Itulah kiranya hal yang seringkali menjadi penyebab busi motor cepat mati. Jadi jika kalian sering mengalami hal ini, pastikan untuk selalu memperhatikan hal-hal di atas.

Kiranya cukup sekian informasi yang dapat otoflik.com sampaikan, semoga apa yang sudah kami rangkum bisa menjadi bahan referensi dan juga menjadi wacana menarik.

Advertisements

Tags: , ,