8 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, Ciri & Cara Mengatasi

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi – Menjadi alat transportasi yang bisa dibilang cukup fleksibel, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah memiliki sekaligus menggunakan kendaraan roda dua ini untuk berbagai macam kebutuhan.

Advertisements

Baik itu sekedar koleksi, sarana transportasi harian, atau alat untuk menjalankan pekerjaan sebagai driver ojek online atau lainnya. Dengan perannya yang cukup kompleks seperti kami sebut di atas, tidak heran jika sebagai pengguna & pemilik kita wajib melakukan perawatan rutin.

Tujuan utamanya sudah bisa kita pastikan untuk membuat semua kerja komponen yang ada berfungsi sebagaimana mestinya. Karena jika dibandingkan dengan mobil, komponen motor pun tergolong lebih sederhana. Pun begitu, sebagaimana kita ketahui sepeda motor juga punya banyak komponen vital di dalamnya.

Advertisements

Salah satu dari sekian banyaknya komponen tersebut, accu atau yang mungkin lebih familiar dengan nama aki motor juga menjadi bagian paling penting untuk selalu terisi suplai tegangan. Mengingat  selain sebagai bagian utama sistem penerangan sepeda motor.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Cara Mengatasi

Peran penting aki motor lainnya yaitu sebagai sumber tegangan yang akan digunakan saat pertama kali melakukan starter. Hanya saja tak sedikit para pengguna motor mengeluhkan aki motor tidak mengisi atau tidak menyimpan setrum. Kira kira apa saja penyebab aki motor tidak mengisi serta bagaimana cara memperbaikinya?.

Jenis Aki Motor

Bicara mengenai aki motor tidak mengisi, hal ini tentu saja karena ada begitu banyak faktor yang mungkin saja menjadi penyebab utamanya. Namun sebelum kita bahan secara detail apa saja penyebab aki motor tidak mengisi dan bagaimana ciri serta cara mengatasinya.

Mungkin tidak ada salahnya jika kita kenali dulu jenis-jenis aki motor yang umum digunakan hampir semua kendaraan roda dua di dunia, terutama di pasar otomotif tana air berikut ini.

  • Aki basah merupakan tipe aki motor paling umum dan paling banyak digunakan karena bisa dibilang cukup awet dan tahan lama dengan adanya tambahan cairan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4).
  • Aki kering merupakan jenis aki motor yang didalamnya memiliki cairan elektrolit lebih sedikit dan sudah disertai kandungan timah kalsium yang membuatnya tak mudah menguap serta kualitas jauh lebih tahan lama.

Meski sebenarnya masih ada beberapa jenis aki kendaraan lainnya, namun sepemahaman admin. Sampai dengan saat ini, jenis aki motor paling umum digunakan yaitu kedua jenis di atas. Dan buat yang belum tahu, harga aki kering motor sedikit lebih mahal bila dibandingkan jenis aki basah.

Ciri & Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Jika sampai disini kalian sudah bisa memahami apa peran penting aki di dalam sepeda motor. Maka jika aki di dalam motor kalian tidak mengisi dengan sempurna atau bahkan sama sekali tidak menyimpan setrum.

Hal ini otomatis akan membuat berbagai macam masalah timbul, tidak terkecuali ketika lampu motor redup atau bahkan parahnya lagi motor tidak bisa di starter. Nah membahas mengenai hal tersebut, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa saja membuat aki motor tidak mengisi.

1. Kiprok Motor Rusak

Dari begitu banyaknya penyebab yang seringkali membuat aki motor tidak mengisi ialah kondisi kiprok motor rusak. Dimana saat kiprok motor rusak, maka secara otomatis pengisian setrum aki saat motor jalan tidak akan bisa dilakukan secara sempurna.

Advertisements

Karena sebagaimana sudah pernah kami sampaikan, fungsi kiprok motor sendiri sebagai pembatas tegangan pengisian dari spull sekaligus sebagai penyearah arus pengisian dari spull. Dengan begitu jika aki motor kalian tidak mengisi, mungkin inilah penyebab utamanya.

2. Spull Rusak / Gosong

Selain karena kondisi kiprok motor yang rusak, penyebab aki motor tidak mengisi saat digunakan lainnya yaitu spull rusak atau bahkan gosong karena terbakar. Spull motor sendiri juga sering disebut dengan magnet motor dengan fungsi penghasil tegangan listrik saat motor dijalankan.

Meski menjadi sebuah komponen yang mungkin jarang mengalami kerusakan. Namun kondisi spull motor yang rusak atau terbakar, juga memungkinkan aki tidak mengisi. Maka dari itu ketika mengalami ciri yang satu ini segera bawa motor ke bengkel langganan untuk dilakukan pengecekan.

3. Aki Sudah Drop / Soak

Seperti yang sudah otoflik.com singgung di atas, kondisi aki punya masa pakai, namun tidak semuanya tentu sama. Namun hal ini akan dipengaruhi intensitas dari penggunaan motor untuk aktivitas harian.

Nah dengan seiring berjalannya waktu, tentunya kualitas aki sendiri akan berkurang, bahkan tak bisa kita pungkiri. Hal ini juga akan membuat aki drop atau soak. Dalam kondisi seperti ini tentu saja aki tidak mengisi.

Jadi buat flikermania yang mungkin saat ini sedang mengalami hal tersebut, selain mengganti aki dengan yang baru. Kalian juga bisa melakukan perbaikan aki soak tersebut dengan dengan beberapa langkah saja.

4. Socket Kiprok Bermasalah

Penyebab aki motor tidak mengisi yang berikutnya adalah socket kiprok terjadi masalah. Kondisi socket kiprok yang bermasalah biasanya akan membuat aki motor tidak mengisi.

Beberapa contoh socket kiprok bermasalah sendiri paling umum seperti socket kendor atau bahkan terlepas. Maka dari itu sebelum kalian mengatasi masalah aki motor tidak mengisi dengan mengganti aki baru.

Kami sangat menyarankan untuk memeriksa bagian ini terlebih dahulu. Karena jika memang terdapat kendala pada bagian socket kiprok, kalian cukup memperbaiki dan mengatasinya dengan mudah.

5. Beban Listrik Terlalu Banyak

Dan penyebab aki motor tidak mengisi berikutnya mungkin saja dikarenakan adanya beban listrik yang ada di dalam motor kalian terlalu banyak. Hak ini otomatis akan membuat beban pun semakin bertambah banyak.

Jika hal ini kalian biarkan, sudah bida dipastikan aki pun akan sulit terisi. Karena aliran listrik dari spull tidak mencukupi untuk mengisi setrum aki. Jadi pastikan ketika ingin menambah aksesori lampu pastikan periksa hal satu ini lebih dulu.

6. Jalur Kabel Pengisian Bermasalah

Pemasangan jalur kiprok motor tidak boleh dilakukan sembarangan atau asal tempel. Melainkan pemasangannya pun harus sesuai dengan urutan baik itu bagian jalur pengisian, ataupun jalur ke sistem kelistrikan langsung.

Sebagai contoh, jika kalian memiliki motor Yamaha Mio maka pemasangan jalur kiprok MIO sendiri adalah :

  • Pin 1 Merah ke jalur untuk aki
  • Pin 2 Kuning ke jalur menuju ke lampu depan
  • Pin 3 Hitam ke jalur massa atau ground
  • Pin 4 Putih ke jalur pengisian dari spull

Begitu juga dengan jenis motor lainnya, termasuk pada jalur kiprok motor kalian. Kesalahan pemasangan jalur kabel pengisian pada kiprok juga menjadi salah satu penyebab aki motor tidak mengisi.

Cara Mengatasi Aki Motor Tidak Mengisi

Apabila sampai disini kalian sudah paham dan tahu apa saja yang menjadi ciri dan penyebab aki motor tidak mengisi meski dalam kondisi jalan. Maka setelah mengetahuinya, berikut ini akan kami buatkan pula beberapa cara mengatasi aki motor tidak mengisi sesuai dengan penjelasan di atas.

  1. Ganti kiprok motor kalian dengan yang baru ketika komponen satu ini memang bermasalah.
  2. Begitu juga dengan bagian spull, jika sudah rusak atau gosong silahkan ganti dengan spull baru sesuai dengan jenis dan tipe motor masing-masing.
  3. Aki Drop bahkan juga menjadi salah satu penyebab aki motor tidak mengisi, solusi terbaik silahkan ganti dengan aki motor baru sesuai dengan tipe masing-masing.
  4. Sementara jika disebabkan karena socket kiprok error, jalur kabel kiprok salah, atau beban terlalu berat kalian harus segera memeriksa dan memperbaikinya sesuai denagn ketentuan yang berlaku.

Akhir Kata

Itulah detail penjelasan terkait penyebab aki motor tidak mengisi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan dengan lengkap. Semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa menjadi refernsi menarik.

Advertisements

Tags: , , ,