√ Starter Motor Matic Mati ? Ini Penyebab & Solusi Terbaiknya

Starter Motor Matic Mati – Motor matic sepertinya telah menjadi tipe sepeda motor paling populer dan paling banyak dibeli beberapa tahu belakangan ini. Hal tersebut tak sekedar karena penggunaannya yang begitu mudah, namun juga karena perawatan yang bisa dibilang lebih mudah.

Alasan tersebut menjadi faktor yang mungkin sampai dengan saat ini masih begitu besar kenapa banyak orang yang menjadikan motor matic sebagai pilihan saat ingin memiliki motor baru. Ditambah lagi, untuk saat ini ada cukup banyak model dan varian yang bisa kita pilih.

Pasalnya hampir setiap perusahaan otomotif ternama seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan juga Vespa mempunyai lini khusus untuk kelas motor matic dengan berbagai macam tipe dan varian. Bicara mengenai sepeda motor matic, kita semua tahu bahwa ada dua metode yang bisa kita pakai untuk menghidupkan mesin saat pertama kali.

Yang pertama menggunakan metode kick starter dan yang kedua dengan menggunakan starter yang terintegrasi dengan sistem kelistrikan. Apabila kick starter matic macet sepertinya bukan menjadi masalah besar. Tetapi berbeda jika yang mati justru sistem starter elektriknya.

Penyebab dan Solusi Terbaik Atasi Starter Motor Matic Mati

Penyebab dan Solusi Terbaik Atasi Starter Motor Matic Mati

Mau tidak mau kita harus menggunakan metode kick starter ketika ingin menghidupkan mesin. Dan itu dianggap cukup repot bagi sebagian besar orang. Lantas apa sebenarnya yang membuat sistem starter motor matic mati dan bagaimana cara mengatasinya? berikut otoflik.com rangkum penjelasannya.

Penyebab Starter Motor Matic Mati

Penyebab Starter Motor Matic Mati

Sebelum mengetahi langkah tepat mengatasi starter motor matic mati, tentu kita juga harus tahu lebih dulu apa sebenarnya penyebab utamanya. Karena penyebab matinya sistem starter pada motor matic tentu akan membuat penanganannya pun berbeda.

Jadi dibawah ini akan otolfik rangkumkan beberapa indikasi faktor utama yang membuat atau menyebabkan sistem starter motor matic mati.

  • Fuse atau sekring putus
  • Kabel starter terbakar
  • Masalah pada aki atau baterai
  • Bendik starter atau relay rusak
  • Brush dinamo starter habis
  • Dinamo starter rusak
  • Saklar starter kotor
READ  8 Jenis Oli Mobil dari Fungsi & Waktu Ganti Paling Tepat!

Cara Mengatasi Starter Motor Matic Mati

Setelah mengetahui beberapa faktor utama yang membuat starter motor matic mati. Berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Beberapa langkah dibawah ini mengacu pada masalah atau indikasi penyebab diatas.

1. Ganti Sekring Bagian Starter

Ganti Sekring Bagian Starter

Bertugas sebagai pengaman arus listrik yang berasal dari baterai menuju ke masing-masing beban termasuk dinamo starter. Membuat sekring punya ketahanan yang cukup tinggi terhadap arus listrik yang melewatinya.

Namun seiring dengan penggunaan yang begitu sering, terkadang membuat  komponen sekring / fuse ini putus. Dan ketika putus, otomtis aliran arus listrik tidak akan berjalan lancar dan membuat starter matic mati.

Solusi paling mudahnya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun pastikan bahwa penggantian dilakukan dengan menyesuaikan kapasitas arus yang akan melewatinya. Bila terlalu rendah membyanya akan cepat putus, lebih baik gunakan kapasitas yang lebih besar.

2. Periksa & Perbaiki Sambungan Kabel

Periksa Perbaiki Sambungan Kabel

Selain masalah sekering yang putus, matinya sistem starter motor matic juga bisa disebakan karena adanya kabel di jalur starter lepas atau bahkan kabel yang terbakar karena adanya korsleting.

Dan jika sudah demikian, maka mau tidak mau kalian harus membongkar dan mengganti kabel tersebut. Pastikan kabel yang digunakan memang khusus untuk kabel kelistrikan motor sehingga tahanannya akan cukup kuat.

3. Periksa Bagaian Baterai/Aki

Periksa Bagaian BateraI

Hal paling sering dialami para pemilik motor matic ketika tidak bisa menggunakan sistem starter elektriknya untuk menghidupkan mesin yakni disebabkan karena masalah pada bagaian baterai atau aki motornya.

Karena seperti kita ketahui bersama, aki motor merupakan tempat penyimpan sementara arus listrik yang di hasilkan oleh coil. Untuk selanjutnya bisa digunakan sebagai sumber utama arus kelistrikan meski motor tidak dalam kondisi hidup.

Kendala ini memang sudah tak bisa lagi di hiraukan, karena jika kondisi baterai atau aki soak, ada baiknya segera ganti dengan menggunakan aki yang baru. Atau bisa juga kalian coba dengan mengecas ulang aki tersebut di bengkel-benkel motor yang ada didaerah kalian.

READ  √ Power Window Macet ? Ini 5 Penyebab & Cara Mengatasinya

4. Bersihkan Saklar Starter

Saklar Starter Kotor

Selain beberapa solusi diatas, untuk mengatasi masalah starter motor matic mati juga bisa dilakuan dengan membersihkan switch atau saklar starter motor. Hal ini perlu dilakukan karena dari beberapa kasus yang ada, saklar kotor juga menjadi penyebab utama matinya sistem starter motor matic.

Untuk membersihkannya, kalian bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Caranya cukup lepas saklar atau switch kemudian bersihkan menggunakan kuas, pinset atau memakai angin bertekanan (kompresor).

5. Ganti Dinamo / Brush Carbon

Dinamo Rusak Atau Brush Habis

Masalah starter motor matic mati memang membuat kita sedikit pusing. Terlebih lagi jika hal tersebut dikarenakan terbakarnya dinamo starter atau karena brush dinamo sudah mulai habis. Karena mau tidak mau kita harus mengganti brush atau bahkan dinamo tersebut.

Bila dikarenakan brush yang sudah mulai aus atau habis, sepertinya tidak akan terlalu memakan biaya. Tetapi jika dikarenakan motor listrik / dinamo yang terbakar, otomatis harus di ganti seutuhnya dan itu cukup memakan biaya karena harga dinamo starter terbilang cukup mahal.

6. Mengganti Relay / Bendik Starter

Mengganti Relay atau Bendik Starter

Starter motor matic mati juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian relay atau bendik starter. Tugas dari komponen ini yakni untuk memicu terjadinya aliran listrik dari aki ke bagian dinamo starter.

Apabila kondisinya rusak otomatis aliran listrik pun tidak akan masuk ke dinamo starter sehingga tidak akan bisa hidup. Ciri-ciri bendik atau relay starter rusak adalah terdengarnya suara cetek-cetek saat kalian tekan switch starter.

Meski ada aliran arus yang masuk, akan tetapi tidak akan cukup kuat untuk mengangkat dan menghidupkan dinamo starter. Jika sudah demikian, mau tidak mau kalian harus mengganti relay atau bendik tersebut dengan yang baru agar bisa digunakan lagi.

Itulah kiranya beberapa metode atau cara memperbaiki starter motor matic mati yang bisa kalian coba lakukan. Cara atau metode yang kami sampaikan diatas merupakan solusi yang mengacu pada beberapa penyebab yang telah kami sampaikan diatas.

Jadi sebelum kalian membawanya ke bengkel, ada baiknya ketahui lebih dulu apa penyebab utama yang menjadikan starter motor matic mati. Jika sudah mengetahuinya coba ikuti beberapa cara otoflik.com diatas untuk mengatasi masalah tersebut.

Tags: , , ,