√ Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek ? Penyebab & Cara Mengatasi

Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek – Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang mungkin bisa kita bilang punya fungsionalitas tinggi. Bukan sekedar mudah dalam hal penggunaan. Akan tetapi jenis kendaraan roda dua ini juga bisa memberi efisiensi waktu di banding mobil.

Hal tersebut karena sepeda motor dapat lebih mudah serta lebih leluasa melewati jalanan. Di lain sisi, dipilihnya sepeda motor sebagai sarana transportasi juga tidak terlepas dari banderol harga lebih murah jika kita bandingkan dengan harga mobil.

Di Indonesia ada begitu banyak pilihan jenis motor bisa kita jadikan opsi saat ingin memiliki jenis kendaraan ini. Pun begitu, seberapa mahalnya harga motor yang dibeli. Jika tanpa di imbangi dengan perawatan akan tetap membuat motor bisa saja punya banyak masalah.

Termasuk diantaranya MOTOR MATI MENDADAK, tidak bisa distarter atau bahkan keluarnya bunyi-bunyian baik pada bagian mesin maupun rantai motor yang merupakan salah satu bagian sistem penggerak motor paling penting. Nah jika rantai motor bunyi kletek kletek.

Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek

Itu bisa diartikan bahwa ada kondisi tidak baik dan harus segera kalian atasi. Untuk itu sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi rantai motor bunyi kletek kletek. Dibawah ini akan otoflik sampaikan beberapa hal terkait penyebabnya. Jadi simak artikel ini sampai akhir jika kondisi motor kalian punya masalah sama.

Penyebab Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek

Penyebab Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek

Menggunakan sepeda motor dengan suara kletek kletek terdengar dari bagian rantai tentu hal ini akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Apalagi jika kondisi perjalanan yang akan ditempuh terbilang cukup jauh.

Bicara mengenai rantai motor yang mengeluarkan bunyi kletek kletek saat berjalan. Sebenarnya ada begitu banyak faktor yang membuat hal itu bisa terjadi. Dan setiap penyebabnya tentu punya cara mengatasinya sendiri. Untuk itu sebelum tahu bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa hal umum menjadi faktor utama rantai motor bunyi kletek kletek saat motor digunakan.

  1. Rantai motor kering & berkarat.
  2. Rantai motor kendor.
  3. Gear motor bagian depan dan belakang sudah aus.
  4. Rusaknya pembatas rantai.
  5. Rantai motor kotor (debu dan tumpukan oli).
  6. Rantai motor aus.
READ  √ Jalur Kiprok Mio J, Soul GT, M3, Karbu : Warna & Fungsi

Cara Mengatasi Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek

Dari beberapa penyebab di atas, mungkin hampir sebagian besar pernah bikers alami. Yah, itu karena memang kendala sering dihadapi pada bagian rantai motor hanya itu-itu saja. Pertanyaannya lantas bagaimana sih cara mengatasi rantai motor bunyi kletek kletek?.

Buat flikermania yang saat ini sedang mengalami masalah serupa, berikut beberapa tips cara mengatasi rantai motor bunyi kletek kletek.

1. Bersihkan Rantai dari Kotoran

Bersihkan Rantai dari Kotoran

Hal paling umum yang membuat kondisi rantai mengeluarkan bunyi pada saat motor berjalan yakni karena adanya kotoran sudah menumpuk dan menempel begitu banyak. Tumpukan kotoran ini biasanya akan semakin menumpuk seiring berjalannya waktu dan penggunaan motor.

Umumnya kotoran sering menempel dan menumpuk pada bagian rantai motor berasal dari pelumas rantai motor yang bercampur dengan debu dan kotoran lain yang menempel saat motor melewati jalanan sekitar.

Tumpukan kotoran tersebutlah yang membuat rantai motor bunyi kletek kletek saat berjalan. Untuk MEMBERSIHKAN RANTAI MOTOR, cukup cuci bersih dengan menggunakan sabun atau cairan khusus pembersih rantai. Jika perlu tutup bagian rantai dengan cover bawaan pabrik atau cover rantai aftermarket.

2. Gunakan Pelumas Rantai Berkualitas

Gunakan Pelumas Rantai Berkualitas

Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, rantai motor yang umumnya terbuat dari bahan besi keras. Tentu saja akan mengalami karatan dan juga kering. Ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rantai motor bunyi kletek kletek.

Suara tersebut berasal dari gesekan antara rantai motor dan gir motor baik itu sisi depan maupun belakang. Solusi mudah untuk mengatasi masalah rantai kering dan karatan yakni gunakan PELUMAS RANTAI MOTOR atau Chain Lube dengan kualitas baik secara berkala.

3. Atur Ulang Setelan Rantai Motor

Atur Ulang Setelan Rantai Motor

Terbuat dari bahan dasar besi, seiring penggunaan tentu saja rantai motor ini bisa memuai. Akibatnya rantai motor bisa saja kendor meskipun posisi as roda tetap stabil di posisinya. Hal ini memang menjadi masalah yang menyebabkan rantai motor mengeluarkan bunyi kletek kletek.

READ  19 Cara Menggunakan Jangka Sorong : Jenis & Bagian-Bagiannya

Untuk mengatasi masalah ini, ada cukup banyak cara bisa kalian gunakan. Salah satunya yakni dengan mengganti rantai motor dengan yang baru atau atur ulang setelan kekencangan rantai motor. Adapun caranya bisa kalian kendorkan pengunci as roda belakang dan tarik ke belakang.

Atau jika memang sudah terlalu kendor rantainya. Maka mau tidak mau kalian harus MEMOTONG RANTAI MOTOR tersebut agar dapat kalian sesuaikan. Dan pastikan jika kalian tidak paham terkait hal ini, kami sangat menyarankan untuk membawanya ke bengkel.

4. Ganti Gir / Gear Motor

Ganti Gear Motor

Seperti otoflik jelaskan di atas, ada banyak sekali faktor yang membuat rantai motor bunyi kletek kletek. Salah satunya yakni karena kondisi gear / gir motor yang sudah mulai aus dan sudah tidak lancip lagi.

Dengan kondisi seperti ini, maka rantai motor tidak akan bisa masuk dengan lancar sesuai alur rantai motor ke bagian gir. Hal inilah yang menjadikan suara klotok-klotok keluar dan terdengar.

Solusi atau cara mengatasi rantai motor keluar bunyi klotok klotok saat digunakan yang disebabkan karena kondisi gir motor sudah aus yakni dengan mengganti satu set gir motor sesuai UKURAN GIR MOTOR masing-masing.

5. Ganti Rantai Motor

Ganti Rantai Motor

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan rantai motor bunyi. Selain dari beberapa hal sudah otoflik sampaikan di atas. Keluarnya bunyi kletek kletek pada bagian rantai motor juga bisa saja terjadi karena kondisi rantai motor itu sendiri yang sudah mulai aus dan tidak lagi punya kemampuan terbaiknya.

Untuk itu jika hal ini menjadi salah satu alasan kenapa motor kalian keluar bunyi saat berjalan. Maka mau tidak mau kalian harus segera mengganti rantai motor dengan yang baru. Dan pastikan pahami serta pilih JENIS RANTAI MOTOR sesuai dengan tipe serta jenis motor kalian masing-masing.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan yang kali ini dapat otoflik.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini terkait penyebab dan cara mengatasi rantai motor bunyi kletek kletek.

Semoga dengan adanya penjelasan di atas kalian bisa lebih paham dan tahu apa yang harus dilakukan ketika motor kalian mengeluarkan bunyi kletek kletek di bagian rantai.

Tags: , ,