√ Ukuran Gear Motor Standar dari Fungsi, Kode & Cara Baca

Ukuran Gear Motor – Berkendara memakai sepeda motor masih menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat tanah air. Bukan hanya karena sekarang banyak pilihan motor yang dijual dengan harga terjangkau, akan tetapi pemakaian motor juga memungkinkan kita lebih efisien dalam hal waktu tempuh.

Di lain sisi, MENGENDARAI MOTOR pun jauh lebih mudah bila di bandingkan mobil. Melihat hal tersebut, tidak heran jika berbagai macam jenis motor yang ada seperti motor bebek, matic dan sport masih punya pangsa pasar yang begitu tinggi di pasar otomotif tanah air.

Nah jika bicara mengenai sepeda motor, kita semua tahu bahwa jenis motor bebek ataupun motor sport masih memakai gear sebagai sistem penggeraknya. Kinerja gear motor sendiri akan selalu terintegrasi dengan RANTAI MOTOR sebagai penghantar putaran mesin ke roda belakang motor.

Namun tahukah kalian bahwa gear motor ternyata punya ukuran yang berbeda di setiap tipe serta jenis motornya. Perbedaan ini dibuat untuk dapat disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran motor, sehingga hasil dari putaran mesin bisa digunakan secara maksimal untuk menggerakan motor.

Ukuran Gear Motor Standar dari Fungsi Kode Cara Baca

Dibuatnya ukuran gear motor yang berbeda-beda tersebut juga tidak dilakukan sembarangan oleh pabrikan. Karena reset tentu sudah dilakukan lebih dulu guna menentukan ukuran yang akan digunakan. Nah buat kalian yang mungkin ingin mengganti gear motor, maka kalian wajib mengetahui ukuran gear standar pabrikan berikut ini.

Fungsi Gear Pada Motor

Fungsi Gear Pada Motor

Dari penjelasan yang sudah otoflik singgung di atas, secara garis besar peranan komponen dalam sistem penggerak sepeda motor ini begitu penting. Karena bila dilihat secara keseluruhan, fungsi utama gear motor begitu besar. Apa saja kiranya fungsi komponen satu ini?

  1. Berfungsi untuk menggerakan roda belakang sepeda motor dengan adanya bantuan rantai motor sebagai perantaranya.
  2. Sebagai penyeimbang roda belakang pada saat berakselerasi.
  3. Menyalurkan serta menjadi pengatur pasokan tenaga sesuai putaran gas.
  4. Bisa juga digunakan sebagai penyalur engine brake.

Kode & Ukuran Gear Motor

Kode Ukuran Gear Motor

Jika sudah tahu apa saja fungsi gear motor seperti di atas kami sampaikan, buat flikermania yang ingin melakukan penggantian gear motor karena gigi gear sudah aus atau alasan lainnya. Maka kalian wajib mengetahui ukuran gear motor standar sesuai tipe dan jenis motornya.

READ  26 Mobil Kecil Murah Pilihan Terbaik dan Terbaru 2021

Oleh karena itu, di bawah ini sudah otoflik.com siapkan tabel rincian ukuran gear sepeda motor untuk beberapa produsen ternama seperti Honda, Yamaha dan Suzuki. Jadi sebelum melakukan penggantian, pastikan tahu dan paham ukuran-ukuran gear depan dan gear belakang motor kalian.

1. Motor Honda

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Supra15 T40 T
Gl Pro Neo14 T46 T
Gl Max NT14 T41 T
Astrea Grand14 T36 T
CS114 T43 T
Kharisma / Supra X 12514 T35 T
Supra Fit New14 T36 T
Megapro New14 T46 T
Revo Abs / Blade14 T37 T
Tiger13 T43 T
CBR15014 T36 T

2. Motor Suzuki

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Shogun 12514 T35 T
Satria FU 15014 T43 T
Smash14 T35 T
Smash New14 T36 T
Thunder 12514 T45 T

3. Motor Yamaha

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Jupiter Z 113 T41 T
Jupiter MX15 T39 T
Force 114 T39 T
Jupiter Z New14 T40 T
Jupiter Z15 T36 T
Vega ZR15 T40 T
Vega R New15 T35 T
Byson14 T40 T
Scorpio15 T44 T
New Vixion14 T43 T
Vixion14 T42 T
Rxking14 T37 T
Jupiter MX New14 T38 T
R1515 T47 T

Cara Baca Kode Gear Motor

Cara Baca Kode Gear Motor

Dari tabel di atas, bisa kalian lihat bahwasannya semua ukuran gear motor yang tertera memiliki imbuhan huruf “T” pada bagian belakang ukurannya. Sayangnya tidak banyak pengguna motor yang paham, apa arti dari huruf tersebut di dalam ukuran gir motor.

Jadi sebelum menutup pembahasan ini, berikut akan otoflik jelaskan secara rinci apa sebenarnya arti dari imbuhan huruf “T” pada detail ukuran gir motor bagian depan atau belakang.

Buat kalian yang masih belum paham, arti huruf “T” yang terdapat di dalam ukuran gear motor depan atau belakang merupakan sebuah singkatan dari kata “Tooth”Yang dimana maksud dari kata tersebut menunjukkan jumlah gigi pada gear tersebut.

Contoh kecilnya, jika kalian ingin mengganti gear depan dan belakang MOTOR YAMAHA Jupiter Z, maka saat membeli ada sebuah kode bertuliskan 13 T. itu berarti gear motor tersebut memiliki jumlah gigi 13.

READ  13 Motor Listrik Terbaik, Terkeren dan Nyaman Terbaru 2021

Atau jika dilihat secara kasat mata, maka semakin besar diameter gear motor maka akan semakin banyak pula jumlah mata gigi yang ada pada gear tersebut.

Efek Mengganti Ukuran Gear Motor

Efek Mengganti Ukuran Gear Motor

Bagaimana apa sekarang sudah paham dan tahu arti dari kode gear motor setelah menyimak pembahasan di atas? Jika sudah maka kami simpulkan bahwa setiap kali ingin melakukan penggantian gear motor. Usahakan gunakan ukuran gerar sesuai aslinya agar performa dan kinerja motor tetap pada jalurnya.

Karena jika kalian dengan sengaja melakukan penggantian ukuran gear motor tanpa tahu perhitungannya. Akan banyak dampak dan efek yang terjadi, baik itu menggantinya dengan ukuran yang lebih besar atau yang lebih kecil. Lantas apa saja efek mengganti ukuran gear motor?

1. Gear Depan

  • Memperkecil Ukuran : Jika kalian mengganti gear depan dengan ukuran atau jumlah mata gear lebih kecil, maka akan berimbas pada akselerasi yang otomatis meningkat namun mengurangi top speed.
  • Memperbesar Ukuran : Jika mengganti dengan jumlah mata gear yang lebih banyak, otomatis akan berakibat naiknya top speed, namun akselerasi akan otomatis menurun.

2. Gear Belakang

  • Memperkecil Ukuran : Kurangnya jumlah mata gear belakang motor dengan memakai ukuran gear lebih kecil, maka akan berimbas pada meningkatnya top speed dan turunnya akselerasi.
  • Memperbesar Ukuran : Sementara jika jumlah mata gear belakang ditambah maka top speed akan menurun dan akselerasi akan meningkat.

Dari gambaran tersebut, bisa disimpulkan bahwa penggantian ukuran gear motor pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena untuk memperoleh kenyamanan dalam berkendara, maka akselerasi dan juga top speed harus seimbang.

Jadi jika memang kalian tidak mengetahui RUMUS MENGUBAH GEAR MOTOR, kami sangat sarankan untuk menggantinya dengan ukuran sesuai standar pabrik seperti pada tabel yang sudah otoflik rangkum di atas.

Akhir Kata

Itulah kiranya penjelasan yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini terkait ukuran gear motor mulai dari fungsi, kode dan ukuran serta arti serta cara membaca kode gear motor depan dan belakang. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Tags: , ,