25 Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Cara mengendarai motor kopling memang memiliki tantangan tersendiri ketimbang mengendarai motor yang tidak menggunakan kopling. Akan tetapi untuk mengendarai motor kopling ini haruslah dilakukan dengan hati-hati dan perlu belajar terlebih dahulu. Apalagi buat pemula yang masih baru mengendarai motor. Sebelum belajar mengendarai motor kopling yang benar dan aman, alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu fungsi kopling pada motor dan cara kerja motor kopling.

Mengendalikan motor kopling memang sangat berbeda dari cara mengendarai motor bebek ataupun motor matic. Pasalnya pada motor yang memiliki kopling, flikermania harus menarik terlebih dahulu tuas kopling pada saat pindah gigi ataupun mengurangi gigi. Yang terpenting disini, untuk cara mengendarai motor kopling tidaklah sulit bagi pemula. Apalagi kalau flikermania membaca informasi ini. Muncul pertanyaan kenapa motor harus diberi kopling ? alasan apa yang membuat perusahaan motor membekali motor buatannya dengan kopling ? dan sebenarnya apa fungsi dari kopling ini pada motor ?.

Alasan Motor Dilengkapi Kopling

Perlu diketahui bahwa motor ataupun mobil baik yang matic ataupun manual itu semua memiliki sistem kopling. Akan tetapi ada perbedaan kopling motor matic dengan motor kopling manual yakni motor matic dibagian koplingnya sudah dibuat dengan lebih praktis serta efektif sehingga motor matic tersebut bisa dijalankan secara otomatis tidak memerlukan kopling manual.

Alasan Motor Dilengkapi Kopling

Alasan Motor Dilengkapi Kopling

Fungsi kopling sendiri adalah untuk penghubung mesin dengan transmisi. Yang bertujuan untuk memutuskan ataupun menyambungkan tenaga pada mesin ke bagian transmisi. Ketika flikermania menyalakan mesin motor ataupun mobil, maka tenaga yang ada di mesin harus dikeluarkan dari transmisi agar nantinya mesin bisa berputar ketika motor dalam keadaan diam. Dan jika motor ingin berjalan maka tenaga pada mesin harus dihubungkan lagi ke transmisi. Dan itulah alasan kenapa semua perusahaan motor ataupun mobil menggunakan komponen kopling. Jika tidak ada komponen kopling maka mobil atau motor tidak bisa jalan. Lalu bagaimana cara kerja motor kopling manual ini ?

Cara Kerja Motor Kopling Manual

Sebenarnya cara kerja motor kopling manual ini terbilang sederhana. Kopling manual pada motor memanfaatkan beberapa bagian plat yang bisa dihubungkan dan dipisahkan lewat mekanisme tuas. Setidaknya dibutuhkan ada 3 buah plat, yang pertama driver plat yang terhubung secara langsung ke bagian mesin, kedua plat kopling yang langsung terhubung dengan bagian transmisi dan ketika atau yang terakhir play penekan yang berfungsi sebagai media untuk menekan bagian plat kopling.

Cara Kerja Motor Kopling Manual

Cara Kerja Motor Kopling Manual

Cara kopling manual bekerja pada motor ketika tuas kopling manual ditarik maka nantinya plat penekan akan berada di posisi mundur. Ketika tuas di lepas maka plat penekan akan menekan kembali plat kopling agar nantinya driven play dengan plat kopling bisa terhubung. Kalau belum ada yang tahu soal bahan plat kopling ini adalah dari kampas keramik layaknya kampas rem. Setelah mengetahui dan paham fungsi serta cara kerja kopling manual. Sekarang flikermania bisa mengetahui cara mengendarai motor kopling untuk motor sport atau motor laki.

READ  12 Cara Membersihkan Kaca Mobil Berminyak Baret dan Jamur

Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Cara mengendarai motor kopling ini bisa digunakan saat macet, di tanjakan, belok ataupun di turunan. Selain itu belajar mengendarai motor kopling ini bisa untuk motor sport seperti Satria FU, CB150R, CBR 150, Ninja 250, Jupiter MX atau tipe motor sport lainnya yang memiliki kopling manual. Berikut ini cara mengendarai motor kopling manual untuk berbagai kondisi.

  1. Persiapkan Helm

Helm sangat penting dibutuhkan ketika flikermania baru belajar mengendarai motor kopling manual. Karena helm ini akan melindungi kepala agar tidak cedera jika flikermania terjatuh. Pastikan memilih helm yang ukurannya pas dan pilihlah helm yang sudah berstandar SNI.

  1. Pakailah Jaket

Kalau flikermania belum membeli jaket sepeda motor sport, maka lebih baik beli terlebih dahulu. Pilihlah jaket sepeda motor yang berbahan kulit ataupun kevlar. Dimana jaket tersebut bisa memberikan perlindungan pada tubuh.

  1. Persiapkan Sepatu Bot dan Sarung Tangan

Memang apa yang perlu disiapkan ini seperti flikermania akan melakukan sebuah touring. Namun hal ini dilakukan agar flikermania yang baru belajar cara mengendarai motor kopling bisa aman dan tubuh tidak luka-luka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.Gunanya sepatu bot dan sarung tangan ini untuk melindungi bagian kaki serta tangan.

  1. Pilihlah Tempat Belajar Mengendarai Motor Kopling Yang Sepi

Hal ini sangat penting karena ketika flikermania baru belajar mengendarai motor kopling manual. Maka dibutuhkan tempat yang sepi dan tidak ramai. Agar nantinya flikermania bisa konsentrasi selain itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

  1. Pastikan Terlebih Dahulu Kondisi Motor Sport Bagus

Lakukan cek motor terlebih dahulu sebelum belajar motor kopling. Cek apakah bahan bakarnya cukup dan mesin tidak ada yang bermasalah.

  1. Pastikan Transmisi Pada Kondisi Netral

Cara mengendarai motor kopling selanjutnya adalah dengan memastikan transmisi motor kopling dalam kondisi netral. Jika tidak dalam kondisi netral maka motor tersebut tidak bisa jalan.

  1. Bagian kopling di tarik ketika menyalakan mesin motor
  2. Selanjutnya baru masukkan gigi pada posisi satu caranya lewat menekan bagian pedal transmisi ke arah depan
  3. Jika sudah masuk gigi satu baru lepas tuas secara perlahan dan nantinya motor akan berjalan meskipun tuas kopling belum dilepas secara penuh.
  4. Kalau sudah berjalan tinggal di gas secara perlahan-lahan dan halus.
  5. Jika flikermania sudah dalam kondisi nyaman, baru mencoba memindah gigi pada posisi kedua. Caranya tarik tuas kopling dan naikan pedal transmisi.
  6. Di motor kopling gigi dua bukan ditekan kebagian depan tapi ke atas. Kalau flikermania berada di gigi satu dan menaikan pedal transmisi secara sedikit atau setengah, maka gigi akan kembali netral. Sehingga untuk berpindah gigi kedua, flikermania harus menaikkan pedal transmisi secara penuh ke atas.
  7. Posisi gigi kedua ini sangat di anjurkan untuk flikermania lakukan di jalanan yang sempit atau yang sedang mancet. Karena dengan itu flikermania bisa lebih hemat bbm dan kecepatan motor hanya bisa dibawah 20 KPH saja.
  8. Kalau flikermania sudah dalam keadaan jalan yang sepi, maka flikermania bisa memindahkan gigi ke posisi ketika agar nantinya motor kopling bisa lebih stabil. Caranya sama, tinggal tarik tuas kopling lalu naikkan pedal transmisi.
  9. Untuk menurunkan gigi kopling manual, flikermania bisa menarik kopling lalu tekan pedal transmisi ke bagian depan.
READ  Cara Mengganti Ban Mobil Yang Mudah, Aman dan Benar

Cara memindahkan gigi motor kopling ketika dalam keadaan tanjakan. Maka flikermania bisa melakukan hal yang sama tadi. Begitu juga untuk di keadaan turunan. Hal yang paling penting ketika flikermania sudah bisa mengendarai motor kopling adalah tahu kisaran rentang kecepatan dan posisi gigi.

  • Gigi 1 :Kisaran Rentang Kecepatan 0 sampai 10 Km/Jam
  • Gigi 2:Kisaran Rentang Kecepatan 10 sampai 40 Km/jam
  • Gigi 3:Kisaran Rentang Kecepatan 40 sampai 60 Km/jam
  • Gigi 4:Kisaran Rentang Kecepatan 60 sampai maksimal tergantung dari tipe motor kopling yang flikermania kendarai.

Hal Yang Wajib Dihindari Ketika Belajar Cara Mengendarai Motor Kopling

  1. Jangan Menurunkan ataupun menaikkan gigi transmisi tidak bersamaan dengan menarik tuas kopling. Karena akan membuat motor kaget atau menyentak dan jika ini dilakukan secara terus-menerus akan membuat motor cepat rusak
  2. Jangan menarik gas kalau keadaan RPM sedang tinggi ketika awal motor berjalan
  3. Jangan melepas pedal kopling dalam keadaan mendadak
  4. Jangan memakai gigi 3 ataupun 4 ketika motor baru berjalan

Itulah beberapa cara mengendarai motor kopling yang lengkap dan wajib untuk flikermania ketahui. Kami memberikan langkah-langkah yang lengkap ini agar supaya flikermania bisa belajar motor kopling dengan aman dan tidak membahayakan orang lain.