Cara Kerja Kampas Kopling Motor dan Fungsi Utamanya

Cara Kerja Kampas Kopling Motor – Ada banyak sekali komponen motor yang memiliki cara kerja dan fungsinya masing-masing, dimana setiap komponen akan berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan. Sebagai contoh saja pada sektor kelitrikan, dimana motor akan tergantung dengan aliran litrik yang dihasilkan lewat aki. Kemudian akan disalurkan oleh Relay lalu ke beberapa bagian yang membutuhkan akan energi listrik, terutama pada sektor mesinnya. Seperti itulah akan fungsi relay pada motor maupun juga mobil, dimana tetap menjaga arus listrik agar tetap stabil.

Mungkin untuk sebagian besar orang yang setiap hari mengendarai motor akan paham bagaimana rasanya motor dengan kondisi bagus dan tahu rasanya motor pada saat ada yang tidak beres. Meski ada banyak yang tahu dengan masalah pada motor, namun tidak semua orang bisa memperbaikinya akan kendala pada motor. Namun setidaknya kalian semua bisa mencegah akan hal tersebut, sehingga motor bisa digunakan terus.

Namanya juga mesin pasti akan ada umurnya, sehingga mau tidak mau kita semua harus menggantinya dengan yang baru. Seperti pada sektor kampas kopling, jika pada komponen tersebut sudah tidak berfungsi sebagaimana pastinya akan sangat terasa. Salah satu contohnya ialah memasukan gigi akan terasa kasar, selain itu juga ketika tuas gas ditarik tenaga ngepoh. Sedangkan cara kerja kampas kopling motor ialah memutuskan dan menghubungkan antara mesin dengan tranmisi dengan cara menekan lalu lepas.

Untuk cara kerja kampas kopling motor maupun juga mobil memang sama, selain itu juga untuk fungsinya memang sangat pengaruh besar terhadap performa mesinnya. Meskipun kalian semua tidak bisa memperbaiki sendiri, namun setidaknya bisa merasakan jika part tersebut sudah tidak oke lagi. Untuk mengetahui akan cara kerja kampas kopling, terutama pada motor. Kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

READ  10 Lampu Indikator Mobil yang Wajib untuk Diketahui

Daftar Isi

Cara Kerja Kampas Kopling Motor dan Fungsi Utamanya

Cara Kerja Kampas Kopling Motor

Seperti yang sudah diketahui, jika kopling terdapat dua jensi yakni otomatis dan manual yang mana keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Untuk posisi kampas kopling anatar manual dan otomatis juga berbeda, dimana untuk manual susunannya agak renggang dan untuk otomatis lebih rapat. Baiklah untuk lebih jelasnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah dipersiapkan berikut ini.

Cara Kerja Kampas Kopling Motor

Sebelumnya jugu sudah sedikit kami singgung akan cara kerja kampas kopling motor kepada kalian semuanya. Kali ini kami akan jelaskan kepada kalian semua secara detailnya. Untuk cara kerja untuk kampas kopling ialah menghubungkan antara mesin dan tranmisi dan setelah itu akan disalurkan ke gigi utama dan berakhir pada putaran roda. Selain itu juga untuk memutuskan dan menyalurkan putaran mesin dari poros yang disalurkan ke tranmisi.

Untuk saat ini memang terdapat dua jenis kopling yakni kopling manual dan kopling otomatis, dimana untuk keduanya memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Sedangkan untuk penempatannya juga beda, untuk kampas kopling lebih rapat dan jika tuas gas ditarik akan merapat. Sedangkan untuk kopling otomatis penempatannya akan lebih renggang, jika ditarik tuas gasnya antara kampas kopling dan plat akan merapat secara perlahan.

Struktur Kampas Kopling Motor

Fungsi Kampas Kopling Motor

Meskipun terdapat dua jenis kopling, namun untuk keduanya memiliki fungsi yang sama kok. Dimana sama-sama memutuskan dan menyambungkan putaran roda. Dimana pada poroso engkel akan ke tranmisi gigi dan selanjutnya ke poros roda, sehingga roda belakang akan berputar. Itulah fungsi pada kampas kopling yang sudah kami jelaskan untuk anda semuanya.

READ  20 Komponen Transmisi Manual : Pengertian & Fungsi

Ciri-ciri Kampas Kopling Habis

  • Memasukan gigi tranmisi kasar
  • Mengurangi gigi tranmisi kasar
  • Saat gas ditarik, tenaga delay
  • Tenaga ngepoh

Seperti itulah yang dapat kami sampaikan untuk anda semuanya, dimana untuk fungsi kampas kopling pada motor maupun mobil memang memiliki peran sangat penting terhadap perform mesin yang dihasilkan. Untuk mengetahui  jika kampas kopling habis juga sangat mudah sekali, kami juga sudah sampaikan kepada kalian semua akan ciri-cirinya. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan untuk anda semua, semoga informasi diatas dapat membantu anda semuanya.

Tags: ,