3 Fungsi Kampas Ganda Motor Matic Bebek & Cara Kerja

Fungsi Kampas Ganda Motor – Sepeda motor adalah salah satu sarana transportasi yang cukup mudah digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Tidak bisa dipungkiri hal tersebutlah yang menjadikan popularitas sarana transportasi roda dua ini cukup pesat meningkatnya di tanah air.

Ditambah lagi penggunaan sepeda motor pun cukup mudah bila dibandingkan dengan kendaraan roda empat atau mobil. Apalagi untuk jenis motor seperti matic atau skutik. Karena dengan hanya menarik tuas gas dan menekan tuas rem motor akan dapat dijalankan.

Kemudahan yang ditawarkan jenis motor matic memang begitu mengagumkan, akan tetapi tahukah kalian bahwa dibalik kemudahan tersebut ada beberapa komponen yang punya peran penting dalam pengoperasiannya. Salah satu di antaranya yakni kampas ganda.

Kampas ganda di dalam sepeda motor merupakan sebuah KOMPONEN SISTEM TRANSMISI MOTOR yang cukup punya fungsi penting. Tidak heran apabila kondisi kampas kopling ganda sudah mulai tipis, aus atau habis akan cukup banyak masalah yang ditimbulkan.

Fungsi Kampas Ganda Motor Matic dan Bebek

Oleh karena itu ada baiknya selalu rutin melakukan servis agar kondisi kampas ganda ini bisa kalian pantau. Namun dari pentingnya komponen ini, ternyata masih ada juga beberapa pengguna yang masih belum paham apa sebenarnya fungsi kampas ganda motor tersebut.

Fungsi Kampas Ganda Motor

Fungsi Kampas Ganda Motor

Dalam penggunaannya komponen transmisi motor ini terdiri dari dua bagian yakni kampas kopling ganda dan juga rumah kopling. Keduanya akan menjadi mekanisme paling sempurna untuk membuat motor kalian bisa berjalan dengan sempurna.

Nah pertanyaannya, apa sih fungsi kampas ganda motor baik itu pada motor matic ataupun motor bebek?. Buat kalian yang mungkin masih belum tahu, tidak perlu khawatir yah. Sebab di bawah ini akan otoflik rangkum dan sampaikan mengenai fungsi kampas ganda pada motor yang bisa kalian jadikan sebagai pembelajaran.

READ  10 Ciri Ciri Busi Lemah Pada Mobil & Motor Terlengkap 2021

Sesuai dengan namanya, kampas ganda motor merupakan mekanisme kopling yang bekerja dengan dua unit kopling yakni kopling sentrifugal dan menjadi kopling primer yang terletak pada bagian poros engkol. Sementara kopling kedua yakni kopling sekunder dan terletak di bagian sisi transmisi, dan berikut fungsi utama dari masing-masing kampas ganda tersebut.

Fungsi kampas primer atau kampas ganda, digunakan untuk memutus atau menghentikan putaran mesin pada saat motor berada di RPM rendah. Selain itu juga digunakan untuk menghubungkan tenaga saat mesin berada di RPM tinggi.

Sementara fungsi kampas ganda sekunder yakni untuk memutus putaran mesin pada saat terjadi perpindahan gigi transmisi. Pada saat inilah bisanya kalian tidak akan merasakan hentakan karena sudah diminimalisir oleh kampas ganda ketika gigi transmisi kalian naik atau turunkan.

Cara Kerja Kampas Ganda Motor

Setelah mengetahui apa saja fungsi kampas ganda pada sepeda motor baik matic ataupun bebek seperti di atas otoflik.com sampaikan serta jelaskan. Lalu bagaimana cara kerja kampas ganda sepeda motor ? Secara sistem, cara kerja kampas ganda dibagi menjadi tiga bagian.

Ketiga bagian tersebut yakni di saat gas dibuka atau di tarik, kemudian saat mesin dalam kondisi mati dan yang terakhir dalam kondisi mesin menyala atau stasioner. Untuk lebih paham dan jenisnya, berikut cara kerja kampas ganda motor bisa kalian pahami.

Saat Tuas Gas Ditarik

Cara Kerja Kampas Ganda Motor Saat Tuas Gas Ditarik

Menggunakan kampas ganda dengan kualitas bagus memang akan sangat berpengaruh terhadap performanya. Namun semakin bagus kualitasnya, semakin mahal pula HARGA KAMPAS KOPLING GANDA tersebut. Kenapa demikian?

Karena pada saat motor diajak untuk akselerasi maka RPM pun akan meningkat. Hal tersebut akan membuat gaya sentrifugal dalam kopling primer meningkat.

Dengan begitu kampas akan merenggang dan membuat terjadinya koneksi dengan rumah kopling. Dengan demikian putaran mesin pun akan sampai ke kopling sekunder, kemudian disalurkan ke bagian roda penggerak.

READ  √ Surat Perjanjian Over Kredit Motor : Contoh, Isi & Cara Membuat

Saat Mesin Mati

Cara Kerja Kampas Ganda Motor Saat Mesin Mati

Cara kerja kampas ganda pada sepeda motor berikutnya yakni disaat mesin motor dalam kondisi mati. Yang dimana pada posisi mesin mati, secara otomatis kampas kopling primer akan selalu menempel pada bagian rumah kopling atau clutch housing.

Sementara pada saat kondisi mesin mati, maka kopling sekunder akan bersinggungan dan hanya akan terputus ketika adanya tekanan dari tuas transmisi. Dengan begitu kondisi seperti ini tidak akan membuat motor berbahaya saat didiamkan.

Saat Mesin Stasioner / Nyala

Cara Kerja Kampas Ganda Motor Saat Mesin Stasioner

Cara kerja kampas ganda lainnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan CARA KERJA KAMPAS KOPLING sepeda motor pada umumnya. Yakni pada saat mesin menyala atau dalam kondisi stasioner.

Dimana pada saat pertama kali motor dihidupkan maka tidak akan langsung begitu saja hidup atau berjalan. Hal ini tentu karena kampas kopling primer masih belum terhubung dengan bagian rumah kopling, sehingga mesin masih dalam keadaan netral.

Nah pada saat ada penarikan tuas gas yang membuat RPM mesin meningkat, secara otomatis kampas primer akan bekerja memanfaatkan gaya sentrifugal atau gaya yang memiliki arah kerja menjauhi titik poros utama. Gaya tersebut membuat kampas rem akan merenggang dan akan membuat motor mulai berjalan.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa penjelasan penting yang kali ini dapat otoflik sampaikan dengan jelas dan rinci terkait fungsi kampas ganda pada sepeda motor. Bahkan seperti kami jelaskan di atas, bukan hanya membahas masalah fungsi.

Tetapi juga membahas masalah mengenai sistem dan cara kerja kampas ganda pada motor. Jadi semoga dengan adanya pembahasan lengkap di atas,  kalian bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat serta bisa menjadi referensi menarik untuk sama-sama belajar.

Tags: , ,