5 Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi & Cara Mengatasi

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi – Dalam rangkaian sepeda motor kita tahu ada banyak sekali komponen yang begitu banyak. Komponen-komponen tersebut akan saling berhubungan untuk bisa membuat motor bergerak. Dari banyaknya komponen tersebut kopling merupakan bagian yang cukup penting keberadaannya.

Pasalnya kopling motor inilah yang akan bisa memutus dan menyabungkan energi yang di miliki mesin motor ke sistem transmisi disaat kita akan memasukan gigi. Selain itu dengan adanya kopling, motor pun akan bisa berhenti meski mesin tetap hidup bahkan saat posisi gigi masuk.

Dengan begitu kita bisa simpulkan bahwa kondisi kopling yang baik tentu akan membuat semua sistem kerjanya dapat di andakan terutama pada saat jalanan macet ataupun saat berhenti di lampu merah. Namun yang namanya komponen otomotif tentu ada saja hal yang bisa membuatnya tidak bisa bekerja secara maksimal termasuk pada kopling ini.

Salah satu contohnya yaitu ketika kopling motor di tekan dengan posisi gigi masuk, namun motor masih tetap jalan. Hal ini tentu saja tidak seharusnya terjadi. Dan bisa di pastikan ada penyebab yang membuat kopling tersebut tidak berfungsi atau bekerja secara maksimal.

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Apa sih penyebab kopling motor tidak berfungsi ? sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kalian ketahui dulu apa saja komponen kopling motor agar nanti ketika kita masuk ke pembahasannya kalian tidak bingung. Dan berikut adalah beberapa penyebab utama kopling motor tidak berfungsi dengan baik.

READ  8 Komponen Motor Listrik & Fungsinya Terbaru 2020

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Seperti kami sampaikan diatas, ada banyak faktor yang bisa membuat kopling motor tidak berfungsi secara normal dan baik. Dan berikut sudah otoflik.com rangkum beberapa diantaranya.

1. Plat Kopling Terlalu Tebal

Ukuran Plat Kopling Terlalu Tebal

Salah satu peyebab kopling motor tidak berfungsi dengan baik bisa di karenakan plat kopling terlalu tebal. Dengan begitu ketika kopling kalian tekan, maka akan ada sisia permuakaan kampas kopling yang masih menempel ke kopling, sehingga membuat motor akan tetap bisa berjalan.

2. Plat Kopling Bengkok

Plat Kopling Motor Bengkok

Didalam komponen kopling motor kita tahu bahwa setidaknya ada 5 palat kopling yang terpasang. Dan jika salah satu palat tersebut bengkok, biasanya akan menyebabkan kopling tidak berfungsi dengan baik.

Kenapa demikian, karena dalam pemasangan plat kopling hanya memiliki jarak yang sangat kecil. Dengan begitu ketika hal tersebut terjadi maka tetap saja akan ada bagian yang menempel. Dan untuk mengatasinya kalian dapat melakukan overhoule sistem kopling.

3. Kampas Kopling Lengket

Kampas Kopling Lengket

Penyebab lain kopling motor tidak berfungsi dengan baik juga bisa di karenakan kampas kopling yang lengket. Melekatnya plat-plat kopling ini tentu saja menjadikan motor yang kalian gunakan akan tetap berjalan apabila kalian tekan tuas koplingnya.

Dan biasanya penyebab kampas kopling lengket sendiri dikarenakan kurangnya pelumas atau oli mesin yang ada di daldam motor tersebut. Maka dari itu untuk membuatnya bisa bekerja pastikan jangan lupa untuk selalu mengganti oli mesin secara rutin apabila memang sudah waktunya.

4. Kampas Kopling Terlalu Tebal

Kampas Kopling Terlalu Tebal

Dengan cara kerja kampas kopling motor yang sudah di atur sedemikian rupa, kesenjangan dan juga jarak antara disc kopling, kampas dan juga penutupnya tentu sudah menjadi hal paten ukuranya agar kopling tersebut bisa terlepas dan juga melambat.

READ  7 Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak Terlengkap 2020

Yang mana jika kampas kopling tersebut terlalu tipis, maka akan terjadi yang namanya traksi atau selip pada mesin motor. Namun apabila kampas kopling justru terlalu tebal, maka hal ini akan menjadi penyebab kopling motor tidak berfungsi dan membuat motor tetap berjalan apabila kita sudah tekan tuas kopling.

5. Jarak Setelan Kopling Kurang Tepat

Setelan Kopling Kurang Tepat

Kemudian penyebab kopling motor tidak berkerja dengan semestinya yang terakhir adalah pengaturan kopling atau celah kopling yang disetel terlalu dekat. Kesalahan dalam pengaturan celah kopling ini tentu akan menjadi hal yang fatal.

Karena akan tetap membuat motor berjalan meskipun kopling sudah kita tekan. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi silahkan lakukan penyetelan ulang dan pastikan hal-hal berikut kalian dapatkan untuk memastikan setelah kopling sudah benar.

  1. Biarkan mesin motor dalam keadaan mati kemudian kalian masukan perseneling ke gigi 1.
  2. Kemudian cobalah kalian tarik tuas kopling tersebut dan coba putar roda belakang motor.
  3. Pastikan roda tersebut bisa berputar secara halus tanpa tersendat.
  4. Namun apabila masih terasa tersendat maka lakukan penyetelan ulang karena itu bisa dipastikan jarak tuas kopling terlalu dekat.

Usahakan lakukan penyetelan jarak kopling tersebut dengan baik dan benar. Jika memang kalian tidak bisa, akan lebih baik dibawa ke bengkel untuk disetel mekanik yang sudah berpengalaman agar hasilnya pas dan tepat.

Demikian kiranya informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab kopling motor tidak berfungsi dan cara mengatasinya. Semoga apa yang sudah kami rangkum diatas dapat menjadi referensi yang menarik dan bermanfaat.

Tags: