6 Penyebab Kopling Bergetar Ketika Diinjak dan Dilepas

Penyebab Kopling Bergetar – Perawatan mobil memang sangat perlu kita perhatikan jika ingin mobil yang kita miliki menjadi nyaman ketika dikendarai. Maka dari itu kita harus jeli dalam memahami setiap masalah yang kadang terjadi pada mobil kita, seperti habisnya kampas kopling, kemudian rem yang sering masuk angin dan juga mewaspadai penyebab kopling bergetar yang sering terjadi pada mobil, terlebih jika mobil tersebut merupakan mobil keluaran lama atau bisa dikatakan mobil tua.

Namun kasus seperti bukan hanya terjadi pada mobil tua atau mobil keluaran lama saja, mobil keluaran terbaru juga dapat mengalami kerusakan pada bagian kopling jika kita tidak rutin merawat atau menservice mobil tersebut. Penyebab kopling bergetar biasanya terjadi ketika pedal kopling diinjak dan juga ketika memasukan gigi. Hal ini perlu kita perhatikan karena jika lalai dalam perawatan maka akan sangat berdampak buruk bagi keselamatan kita.

Jika mobil kalian mengalami masalah tersebut alangkah baiknya segera dibawa ke bengkel resmi atau bengkel non resmi yang memiliki teknisi handal. Ada beberapa penyebab kopling bergetar yang wajib kalian ketahui agar kalian dapat dengan sigap mengganti komponen tersebut ketika sampai di bengkel. Dan kami sampaikan untuk mencari sebuah bengkel yang memiliki sertifikat dan teknisi otomotif yang handal agar pengerjaan lebih sempurna.

Disamping itu biaya untuk perbaikan juga tentunya disesuaikan dengan tingkat kerusakan dan kesulitan ketika ditangani. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan menarik mengenai penyebab kopling bergetar ketika diinjak dan dilepas yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Daftar Isi

READ  10 Cara Mencuci Helm Sendiri Dirumah yang Mudah dan Cepat

Penyebab Kopling Bergetar Ketika Diinjak dan Dilepas

Penyebab Kopling Bergetar

Penyebab Kopling Bergetar

1. Permukaan Flywheel / Roda Gigi yang Oleng

Penyebab kolping bergetar yang pertama adalah karena roda gila oleng/rusak. Permukaan Flywheel yang sudah rusak ini biasanya disebabkan karena pemakaian yang sudah terlalu lama, alhasil permukaan kampas kopling yang terhubung dengan flywheel menjadi tidak sempurna, hal inilah yang biasanya menjadi salah satu faktor utama yang membuat kopling bergetar ketika melakukan perpindahan transmisi.

2. Kelainan Pada Pegas Plat Kopling dan Kekencangan Baut Pada Clutch Cover

Penyebab kopling bergetar yang kedua adalah karena baut pada clutch cover terlalu kencang atau biasanya adanya kelainan pada pegas plat kopling. Maka dari itu setelah memasang baut pada clutch cover usahakan periksa lagi kekencangan masing-masing baut agar kopling dapat bekerja dengan maksimal sehingga tidak terjadi getaran ketika melakukan perpindahan transmisi.

3. Pegas Diafragma Pada Clutch Cover yang Sudah Mulai Melemah

Selanjutnya adalah pegas diafragma yang sudah melemah. Pegas diafragma pada clutch cover yang sudah melemah biasanya akan sulit meredam getaran ketika release bearing menekan pegas diafragma, maka getaran yang dihasilkan dari putaran mesin tersebut akan sangat terasa ketika dikendarai.

4. Release Bearing yang Rusak

Penyebab kopling bergetar yang keempat adalah dikarenakan release bearing yang sudah rusak. Release bearing yang sudah rusak akan sangat berpengaruhdalam menghasilkan getaran ketika perpindahan gigi. Release bearing yang sudah kocak akan menghasilkan putaran yang sangat kasar.

5. Engine Mounting yang Sudah Rusak

Disamping faktor teknikal pada kopling, penyebab kopling bergetar juga dapat disebabkan karena adanya kerusakan pada Engine Mounting. Engine Mounting sendiri adalah komponen penghubung mesin dengan frame kendaraan. Dan fungsi utama engine mounting adalah untuk menahan mesin. Engine mounting ini berbahan dasar logam dan memiliki karet pada bagian dalamnya. Dan karet tersebut berfungsi sebagai penyerap getaran mesin sehingga tidak sampai ke body kendaraan. Akan tetapi jika karet tersebut rusak atau pecah, maka getaran pada mobil akan terjadi. Jika kasus ini terjadi maka segeralah untuk mengganti engine mounting tersebut

READ  Cara Membersihkan Radiator Motor Mudah dan Cepat

6. Terdapat Cairan pada Permukaan Kopling

Penyebab kopling bergetar yang terakhir adalah adanya cairan pada permukaan kopling. Mobil biasanya melewati jalanan yang ada genangan air ketika musim hujan, terlebih bagi mereka yang tinggal di pusat kota yang rawan banjir tentunya akan sering mengalami masalah seperti ini. Maka jangan heran jika mobil anda kerap bergetar, karena pada dasarnya kopling mobil bersifat kering sehingga akan mudah bergetar jika terkena air atau oli, walaupun getarannya bisa dikatakan cukup ringan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab kopling bergetar ketika diinjak dan dilepas. Semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: ,