15 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis dan Ciri-Cirinya

Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis – Mobil memang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi sebagian masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia. Maka dari pabrikan mobil banyak mengeluarkan mobil dengan dukungan spesifikasi berkelas dan bersaing, mulai dari dukungan kapasitas mesin, fitur hingga varian transmisi manual dan matic. Pemilihan mobil dengan transmisi otomatis mungkin saat ini banyak dipilih oleh para konsumen karena cukup mudah ketika mengendarai mobil matic, dimana kita tidak perlu mengoperasikan pedal kopling.

Akan tetapi mobil dengan transimis matic juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kita waspadai, karena jika tidak nantinya akan berakibat fatal pada kondisi mobil matic yang kita miliki. Kendala mobil matic bisa dikatakan cukup sering dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual, maka dari itu perawatan mobil matic yang kita miliki harus kita perhatikan dengan ekstra. Salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah mobil matic adalah pada kampas kopling. Gejala kampas kopling mobil matic habis juga merupakan hal yang harus kita perhatikan.

Mengemudikan Mobil Matic

Mengemudikan Mobil Matic

Kampas kopling mobil matic ini menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah mobil dengan transmisi matic. Namun kerusakan ini tidak perlu kita khawatirkan mengingat kerusakan ini merupakan kekurangan dari mobil matic, banyak sekali yang sudah mengeluhkan kerusakan pada sektor ini. Dan perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa ciri-ciri kampas kopling yang mulai menipis, seperti apa cirinya kalian bisa simak berikut ini.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Matic Mulai Menipis

  1. Putaran pada mesin mobil cenderung lebih tinggi. Dimana pada kecepatan normal berkisar 60 km/jam di gigi 3, rata-rata kecepatan mobil bisa sebesar 2000 rpm. Namun kecepatan tersebut akan berubah menjadi 2500 rpm hingga 3000 rpm ketika kampas kopling sudah mulain tipis.
  2. Adanya baru tidak sedap yang berasal dari mesin mobil.
  3. Akselerasi melemah ketika pedal kopling diinjak.
  4. Pada saat mengoper gigi terasa lebih sulit yang nantinya akan mengakibatkan kerusakan komponen lain pada mesin mobil.
  5. Adanya suara gesekan ketika menginjak pedal kopling.
  6. Pelepasan pedal kopling seringkali lebih tinggi dan lebih berat ketika mobil dijalankan dengan kecepatan yang normal.
READ  Cara Mengganti Ban Mobil Yang Mudah, Aman dan Benar

Mobil matic juga memiliki varian, yakni mobil matic injeksi dan mobil matic biasa. Perawatan mobil matic injeksi juga sama dengan perawatan mobil matic biasa, dimana keduanya sama-sama membutuhkan perawatan ekstra karena pada mobil matic memiliki beberapa kekurangan, terutama pada sektor kopling. Gejala kampas kopling matic habis harus kita waspadai. Dan perlu kalian ketahui juga perbedaan mobil matic dan manual serta kelebihan dan kekurangan, sehingga kalian dapat mengetahui bagaimana perawatan dari mobil matic dan juga mobil manual.

Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis dan Ciri-Cirinya

gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya

gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya

Gejala kampas kopling mobil matic habis memang menjadi hal yang sangat merisaukan, disamping harga kampas kopling mobil matic yang cukup mahal, bengkel yang sanggup menangani mobil matic saat ini juga masih jarang, maka dari itu kita harus mengunjungi bengkel resmi yang memiliki montir ahli mobil matic. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya yang telah kami siapkan dibawah ini.

1. Perpindahan gigi mobil matic yang cenderung kasar

Hal ini menjadi salah satu gejala kampas mobil matic habis. Gejala kerusakan ini adalah suara perpindahan transmisi yang kasar biasanya terdengar suara “krek” dengan durasi perpindahan yang cukup lama. Perpindahan gigi dapat terkunci di posisi tertentu, sehingga tidak dapat dpindahkan dan beroperasi.

2. Tarikan transmisi terasa berat

Gejala kampas kopling mobil matic habis yang kedua adalah adanya tarikan transmisi yang berat. Hal ini biasanya disebabkan karena ada kebocoran atau mungkin kotor.

3. Mobil Bergetar

Lalu mobil bergetar juga menjadi salah satu ciri-ciri kerusakan dan gejala kampas kopling mobil matic habis. Hal ini sudah dipastikan jika kampas kopling telah habis dan gosong. Jika sudah begini, kalian harus cepat membawa mobil matic kalian ke bengkel untuk diperbaiki.

READ  12 Cara Membersihkan Kaca Mobil Berminyak Baret dan Jamur

4. Terjadi hentakan ketika perpindahan transmisi

Kerusakan ini disebabkan oleh mekanis atau terjadi kebocoran pada selenoid pressure yang mengakibatkan oli transmisi tidak bisa menjaga perpindahan gigi ketika RPM optimal sehingga terjadi sebuah hentakan.

5. Perpindahan transmisi terasa berat

Gejala selanjutnya adalah adanya kesusahan ketika perpindahan gigi. Hal ini dikarenakan kabel gearbox terputus atau terkelupas.

6. Stater Ngelos

Gejala kampas kopling mobil matic habis yang keenam adalah stater ngelos. Ketika mobil dinyalakan biasanya stater akan terasa ringan atau ngelos. Hal ini juga bisa mengakibatkan stater mobil menjadi rusak.

7. Tidak kuat saat ditanjakkan

Ciri mobil matic mengalami kerusakan adalah sering mengalami kekurangan tenaga ketika ditanjakan, yang membuat mobil tidak kuat ketika berjalan di jalan yang menanjak. Padahal transmisi sudah dipindah ke posisi 1 atau L dan pedal gas sudah diinjak dalam-dalam.

8. Transmisi mobil matic tersangkut

Kita mungkin terkadang mengalami kejadian transmisi mobil tersangkut dengan gigi paling atas sehingga hal ini menyebabkan transmisi tidak bisa bergerak dari posisi gigi yang paling tinggi dan tidak bisa naik ataupun turun. Nah kasus seperti ini biasa dikenal dengan isitilah limp mode atau safe mode.

9. Adanya bau hangus ketika dikendarai

Gejala kampas kopling mobil matic habis yang terakhir adalah muncul bau hangus ketika mobil sedang berjalan. Ini merupakan hal yang wajib diperhatikan karena hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada mobil matic.

Nah itulah beberapa ciri-ciri dan gejala kampas kopling mobil matic habis. Beberapa gejala diatas wajib kita perhatikan jika ingin mobil matic yang kalian miliki jauh dari kerusakan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: ,