8 Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Paling Mudah

Cara Merawat Motor Matic Injeksi – Kita tahu jika saat ini motor-motor keluaran terbaru telah banyak menggunakan sistem injeksi. Dimana sistem injeksi ini merupakan sebuah metode pencampuran bahan bakar dengan udara agar menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sistem injeksi ini juga membutuhkan perangkat dengan nama injector, yang mana berfungsi menyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi juga merupakan teknologi penerus dari sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Dengan demikian, hampir semua motor ataupun mobil telah dilengkapi dengan sistem injeksi yang satu ini. Motor-motor jensi matic yang sudah dibekali dengan mesin injeksi ini tentunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan motor yang masih mengusung sistem karburator. Namun ada kelebihan juga pastinya ada kekurangan, dimana kekurangan motor dengan sistem injeksi yang pertama adalah masih sedikitnya bengkel yang dapat menerima servis injeksi. Hal ini dikarenakan dalam hal perbaikan sistem injeksi ini dibutuhkan alat khusus untuk mengetahui kondisi injektor berfungsi normal atau tidak.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Paling Mudah

Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Paling Mudah

Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Paling Mudah

Lalu yang kedua adalah harga injektor dan alat lainnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal, maka jarang sekali bengkel yang dapat menerima servis injeksi motor. Yang ketiga adalah sensitif terhadap perangkat kelistrikan, dan yang terakhir adalah sulit untuk dimodifikasi, maka jangan sesekali untuk mengotak-atik injeksi pada motor. Melihat hal ini tentunya kita harus mengetahui cara merawat motor matic injeksi yang aman dan mudah. Nah untuk lebih lengkapnya sebaiknya langsung saja kita simak ulasan tips menarik mengenai cara merawat motor matic injeksi yang paling mudah dibawah ini.

1. Panasi Mesin Motor Sebelum Dikendarai

Panasi Mesin Motor Sebelum Dikendarai

Panasi Mesin Motor Sebelum Dikendarai

Cara merawat motor matic injeksi yang pertama adalah dengan cara memanasi mesin motor terlebih dahulu sebelum dikendarai. Biasanya hal ini dilakukan pada saat pagi-pagi sebelum kita melakukan aktifitas seperti bekerja ataupun bepergian. Namun masih ada beberapa orang yang jarang sekali melakukan hal ini karena mungkin sedang terburu-buru. Kebiasaan seperti ini tentunya akan dapat membuat mesin motor menjadi mudah rusak.

READ  15 Asuransi Mobil Terbaik dan Tips Memilih yang Tepat

2. Ganti Oli Secara Rutin

Ganti Oli Secara Rutin

Ganti Oli Secara Rutin

Untuk cara merawat motor matic injeksi yang kedua adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin. Seperti halnya dengan manusia, kendaraan juga butuh istirahat dan juga butuh asupan seperti dengan mengganti oli secara rutin dan berkala. Hal ini juga berfungsi untuk menjaga kualitas mesin agar kuat dan mampu bertahan lama. Pergantian oli ini biasanya dengan melihat hitungan kilometer atau dapat juga dengan melihat kondisi mesin yang berbunyi kasar.

3. Rajin Memeriksa Busi dan juga Aki Motor

Selanjutnya adalah dengan cara mengecek kondisi busi dan juga aki motor. Hal ini biasanya sering terlewatkan, padahal pengecekan sektor ini cukup penting karena aki dan busi memiliki fungsi yang penting dalam kendaraan bermotor. Ketika kalian menyalakan

Rajin Memeriksa Busi dan juga Aki Motor

Rajin Memeriksa Busi dan juga Aki Motor

mesin motor maka busi langsung menyalakan sistem untuk menyedot bensin dan menyemprotkannya ke mesin agar motor dapat berjalan. Nah sedangkan untuk aki adalah hal yang diperlukan untuk bagian kelistrikan pada sebuah motor. Aki biasanya memiliki umur yang cukup lama namun jika aki sudah rusak atau mati maka otomatis kita harus segera menggantinya.

4. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Kalian pasti pernah merasakan kesalnya kehabisan bensi ketika berkendara jauh dan lupa untuk mengisi bensin? Hal ini sebaiknya jangan sampai terjadi lagi pada motor matic yang kalian miliki karena hal ini dapat berakibat fatal pada motor kita nantinya. Sisitem injeksi ini sangat membutuhkan bensin pada saat berjalan, jika tangki bensin tidak ada bensi untuk disuplai ke mesin maka dapat berakibat fatal.

5. Periksa Roler dan Van Belt

Periksa Roler dan Van Belt

Periksa Roler dan Van Belt

Cara merawat motor matic injeksi yang selanjutnya adalah dengan cara memeriksa Roler dan juga Van Belt. Hampir memiliki fungsi yang sama dengan motor biasa, dua komponen ini juga harus sering-sering kita cek untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Ada indikator untuk mengganti roler dan juga van belt. Apabila kalian mungkin merasa tarikan motor matic saat digas terkadang terasa berat berarti ada masalah dari kedua komponen tersebut atau bahkan bisa jadi sudah tidak dalam kondisi bagus. Maka kalian harus cepat-cepat mengganti kedua komponen tersebut.

READ  12 Cara Membersihkan Kaca Mobil Berminyak Baret dan Jamur

6. Kondisikan Kecepatan Motor Agar Selalu Stabil

Kondisikan Kecepatan Motor Agar Selalu Stabil

Kondisikan Kecepatan Motor Agar Selalu Stabil

Ketika dalam berkendara di jalanan yang lurus dan juga sepi kita pasti suka memacunya dengan kecepatan yang tinggi dengan mendadak, terlebih jika sedang terburu-buru ke tempat kerja atau kepentingan lain. Perlu kalian ketahui jika hal tersebut dapat membuat mesin motor menjadi cepat panas dan tentu boros bensi. Maka dari itu bijaklah dalam berkendara, selalu stabilkan kecepatan agar mesin tidak terlalu cepat panas dan bahan bakar tetap irit.

7. Sering Periksa Ruang Transmisi dan Shockbreaker

Sering Periksa Ruang Transmisi dan Shockbreaker

Sering Periksa Ruang Transmisi dan Shockbreaker

Cara merawat motor matic injeksi yang berikutnya adalah dengan sering memeriksa ruang transimis dan shcokbreaker. Jika kalian lupa kemungkinan akan menjadikan kondisi motor matic kalian tidak awet. Terkadang ruang transmisi sering kali kemasukan debu, dan alangkah baiknya untuk segera membersihkannya setelah kilometer motor mencapi 4000 km. Kemudian gantilah oli shockbreaker setiap 10000 km agar kondisi tersebut tetap terjaga dan awet.

8. Rajinlah Servis di Bengkel Resmi

Rajinlah Servis di Bengkel Resmi

Rajinlah Servis di Bengkel Resmi

Dan cara merawat motor matic injeksi yang terakhir adalah dengan melakukan servis motor secara berkala di bengkel-bengkel resmi. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menjaga kondisi motor agar tetap terjaga. Di bengkel resmi biasanya akan mengecek keseluruhan bagian motor, maka dari itu sebaiknya perintahkan ke petugas bengkel untuk memperbaiki bagian-bagian yang dirasa sudah tidak maksimal lagi.

Nah itulah beberapa cara merawat motor matic injeksi yang paling mudah. Selain itu kalian juga dapat memperhatikan kondisi motor sebelum berkendara apalagi ketika berkendara jarak jauh. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat moto matic injeksi yang paling mudah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua para pecinta otomotif tanah air. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: ,