8 Penyebab Motor Injeksi Brebet di RPM Rendah & Solusi

Penyebab Motor Injeksi Brebet – Hampi semua kendaraan baik motor ataupun mobil sekarang ini sudah di lengkapi dengan begitu banyak macam teknologi. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada setiap penggunannya. Dan salah satu teknologi yang bisa dibilang menjadi invoasi paling sempurna adalah Injeksi.

Tentu flikermania sudah tidak lagi asing dengan yang namanya mesin injeksi bukan? karena saat ini kebanyakan motor atau mobil sudah menggunakan mesin tersebut. Alasan utamanya adalah untuk membuat penggunaan bahan bakar lebih irit dan juga untuk membuat mesin agar bisa bekerja lebih efisien.

Hanya saja mesin injeksi juga perlu perawatan agar bisa terbebas dari masalah. Dimana masalah yang paling umum di temui pada motor injeksi adalah tarikan brebet saat di RPM rendah ataupun di RPM tinggi saat mesin sudah mulai panas. Hal ini biasanya ditandai dengan tenaga loyo dan juga mesin tersendat saat gas ditarik.

Ada banyak sekali penyebab motor injeksi brebet salah satunya adalah filter udara yang kotor. Maka dari itu ada baiknya bagi anda yang memiliki motor injeksi untuk terus merawat motor injeksi yang anda miliki terutama membersihkan filter udara agar sirkulasi udara tetap lancar dan tentunya tidak membuat mesin brebet.

Solusi dan Penyebab Motor Injeksi Brebet

Solusi dan Penyebab Motor Injeksi Brebet

Tidak hanya disebabkan dari kotornya filter atau saringan udara yang kotor. Ada beberapa penyebab motor injeksi brebet lain yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Untuk itu di kesempatan kali ini otoflik.com akan membagikan informasi seputar penyebab motor injeksi brebet dan juga membagikan beberapa solusi yang bisa anda coba.

Apa Itu Motor Injeksi

Apa Itu Motor Injeksi

Sebelum membahas apa saja solusi serta penyebab motor injeksi brebet, mungkin tidak ada salahnya untuk kita mengetahui apa sih itu motor injeksi. Bagi anda yang sudah mengetahuinya mungkin bisa melewati poin yang satu ini.

Secara garis besar, injeksi merupakan metode pencampuran bahan bakar dengan udara yang terjadi pada sebuah kendaraan bermotor. Pencampuran tersebut tentu saja untuk menghasilkan sebuah pembakaran yang sempurna.

READ  13 Komponen Kopling Motor : Jenis & Fungsinya 2020

Dalam sistem kerjanya, injeksi membutuhkan sebuah injektor untuk menyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Oleh karena itu pastikan injektor ini selalu dalam keadaan baik agar motor tidak akan brebet saat di RPM rendah ataupun Tinggi.

Penyebab Motor Inejeksi Brebet

1. Filter Udara Kotor

Filter Udara Kotor

Seperti diatas kami sampaikan, kondisi filter udara yang kotor menjadikan motor injeksi brebet saat gas ditarik ataupun saat posisi rpm rendah. Hal ini tentu saja disebabkan karena aliran udara kedalam injektor tidak sempurna karena terhalang oleh kotoran yang menempel pada saringan udara.

Sehingga campuran antara AFR (Air to Fuel Ratio) udara juga BBM tidaklah sempurna. Selain itu kondisi filter udara kotor juga membuat penggunaan bahan bakar semakin boros serta tenaga yang tidak sempurna atau loyo.

2. Sensor Injeksi Rusak

Sensor Injeksi Rusak

Sensor pada sebuah motor injeksi terdiri dari begitu banyak bagian mulai dari sensor TP, EOT (Suhu), CKP, IACV, Injector, MAP dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah menariknya dari motor injeksi, biasanya ketika ada salah satu sensor injeksi yang rusak akan ditandai dengan nyala lampu MIL yang tidak wajar.

Oleh karena itu ada baiknya anda pahami terlebih dahulu arti kedipan lampu indikator motor injeksi atau lampu MIL. Rusaknya kondisi sensor injeksi pada motor ini tentu saja bisa menjadi penyebab motor injeksi brebet.

3. Pompa Bahan Bakar Rusak

Pompa Bahan Bakar Rusak

Kemudian penyebab motor injeksi brebet yang selanjutnya juga bisa di karenakan pompa bahan bakar rusak. Dimana pada saat pompa bahan bakar ini rusak tekanan bahan bakar pun akan tidak sempurna.

4. Aki Ngedrop

Aki Ngedrop

Banyak sekali para pemilik motor yang menganggap sepele soal aki motor ngedrop. Padahal kondisi aki ngedrop akan membuat tegangan yang dibutuhkan oleh sensor-sensor injeksi tidak stabil. Hal ini biasanya akan membuat motor brebet saat berada di RPM rendah ataupun RPM tinggi.

5. Cop / Cangklong Busi Kotor

Cangklong Busi Longgar

Cangklong busi atau COP mungkin bukanlah hal yang perlu di perhatikan secara khusus. Akan tetapi saat kondisi COP tersebut sudah tidak sempurna karena kotoran seperti jamur yang menempel, akan membuat api dari koil tidak akan center masuk ke dalam busi. Sehingga akan membuat motor brebet bahkan membuat motor sering mogok.

6. Busi Sudah Lemah

Busi Sudah Lemah

Kapan terakhir kali anda ganti busi motor? Jika sudah lama anda tidak pernah mengganti busi motor. Ada baiknya anda ganti busi dan pastikan untuk menggunakan busi khusus motor injeksi sesuai dengan anjuran dari pabrik. Biasakan untuk mengganti busi 8 bulan hingga 1 tahun sekali agar tidak brebet karena busi yang lemah.

READ  10 Cara Merawat Motor Injeksi Yang Benar Paling Mudah

7. Setelan Klep Tidak Sesuai

Setelan Klep Tidak Sesuai

Penyebab motor injeksi brebet yang selanjutnya adalah setingan klep kurang pas. Maka dari itu silahkan anda bawa ke bengkel untuk penyetelan klep ini. Klep motor sendiri memiliki peranan yang cukup penting dalam proses kompresi. Jadi pastikan anda sudah melakukan penyetingan klep sesuai dengan standar pabrik.

8. Kurang Tekanan Bahan Bakar

Kurang Tekanan Bahan Bakar

Seperti diatas kami sampaikan, ada banyak sekali komponen penting dalam motor injeksi. Salah satunya adalah pompa bahan bakar yang akan berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar kedalam injektor dengan tekakan. Dan biasanya penyebab motor injeksi brebet juga sering terjadi karena pompa bahan bakar sudah tidak bagus dan memberikan tekanan yang lemah pada bahan bakar yang masuk ke injektor.

Solusi Motor Injeksi Brebet

Solusi Motor Injeksi Brebet

Bagaimana sudah paham kan apa saja yang umumnya membuat motor injeksi brebet saat kondisi rpm rendah dan juga rpm tinggi?. Apabila sudah mengetahuinya, maka sekarang anda juga perlu mengetahui solusi yang tepat untuk memperbaiki motor injeksi brebet.

  1. Pastikan anda selalu membersihkan atau mengganti saringan udara apabila dirasa sudah cukup lama
  2. Lakukan pengecekan busi setiap 4.000km
  3. Ukur celah busi antara ground dan center elektroda. Apabila celah tersebut lebih besar dari 1mm silahkan ganti busi.
  4. Bersihkan endapan kotoran sisa pembakaran pada busi motor
  5. Jika tekanan bahan bakar kurang, silahkan bersihkan tangki bahan bakar
  6. Ganti pompa bahan bakar dengan yang baru apabila tekanan sudah mulai tidak normal
  7. Bersihkan sensor injeksi dengan menggunakan cairan injektor atau gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi
  8. Apabila lubang injektor tertutup kerak atau kotoran maka dapat di bersihakn dengan menggunakan sikat khusus
  9. Ganti aki apabila sudah ngedrop
  10. Atau charge aki untuk menambah arus didalamnya

Itu dia beberapa solusi yang bisa anda lakukan saat kondisi motor injeksi brebet. Pastikan untuk tidak menyepelekan hal-hal kecil seperti aki ngedrop ataupun cop busi longgar. Karena hal-hal sepele seperti ini justru merupakan salah satu penyebab motor injeksi brebet.

Tags: ,