Cara Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi – Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali keuntungan bagi kita, selain akan dapat memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Kita juga bisa mengetahui masalah yang terjadi. Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi yang ada saat ini pastinya terdapat lampu indikator injeksi atau yang sering di sebut dengan lampu MIL.

Dengan adanya lampu MIL atau Malfunction Indicator Light tersebut kita bisa mengetahui letak masalah yang ada pada motor injeksi kita. Hal tersebut dikarenakan setiap kedipan lampu MIL memiliki arti yang berbeda-beda tergantung dari kerusakan yang tengah di alami pada motor injeksi yang kita miliki.

Maka dari itu penting rasanya bagi kita sebagai pengguna sepeda motor injeksi untuk mengetahui arti kedipan lampu indikator motor injeksi agar kita bisa mengetahui masalah yang sedang terjadi dan tentunya mengetahui pula penanganan yang harus kita lakukan dan kerjakan. Hal ini mungkin sering kali di anggap sepele, padahal besar sekali manfaatnya apabila kita mengetahui arti kedipan lampu indikator motor injeksi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila kali ini kami akan membagikan beberapa pengetahuan penting tentang arti kedipan lampu indikator motor injeksi yang mungkin ada dari pembaca setia otoflik masih belum mengetahuinya. Namun sebelum itu perlu juga untuk kami beritahukan bahwasannya sistem injeksi pada motor sendiri memiliki sensor-sensor yang hampir seluruhnya terdapat pada mesin motor.

Cara Membaca dan Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Sehingga ketika terjadi sebuah masalah maka sensor tersebut akan bekerja dan memberikan informasi kepada ECU atau Electronic control unit yang nantinya akan di teruskan kepada kita lewat kedipan lampu MIL yang umumnya berwarna kuning dan bergambar mesin yang terdapat pada bagian speedometer.

Sebenarnya ada cara yang lebih simple untuk mengetahui sensor mana yang mengalami masalah yakni dengan menggunakan alat bernama scanner atau diagnostic tools. Akan tetapi ababila anda mengetahui arti kedipan lampu indikator motor injeksi dan juga cara membacanya maka anda pun tidak perlu khawatir lagi. Untuk itulah sebelum kita membahas pada arti kedipan lampu MIL, sebaiknya anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membaca jumlah kedipan lampu MIL tersebut.

Cara Membaca Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Cara Membaca Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Untuk mengetahui cara membaca kedipan lampu MIL atau lampu Check Engine sendiri anda harus paham terlebih dahulu bahwa kedipan lampu MIL hanya ada dua jenis yakni :

  1. Kedipan panjang : yang berdurasi kurang dari 1 detik yang itu bisa di artikan mempunyai nilai 10
  2. Kedipan pendek : yang dimana kedikan cepat berdurasi sekitar 0.3 detik yang mana kedipan ini bisa di artikan mempunyai nilai 1.
READ  Pengertian Transmisi, Tipe, Fungsi, dan Komponennya

Contoh Cara Membaca Kedipan Lampu Mil

Ketika anda menyalakan sepeda motor dan ternyata lampu MIL menunjukan kedipan panjang 2 kali berarti nilainya adalah 20. Selain itu anda juga melihat kedipan pendek sebanyak 3 kali berarti total kedipan lampu MIL nya adalah 23. Untuk pengecekannya sebaiknya anda tunggu hingga 3-5 detik sebagai waktu jeda untuk lampu indikator menujukan adanya kerusakan lain atau tidak.

Apabila ternyata tidak ada lagi kedipan yang di perlihatkan, maka nilai yang di hasilkan adalah 23. Sementara jika di tunggu 3-5 detik ada lagi kedipan semisal 1 panjang dan 5 pendek maka nilainya adalah 15. Berarti motor tersebut memiliki 2 kerusakan atau masalah yang terjadi dengan kode atau nilai 23 dan 15. Setelah anda mengetahui nilainya maka silahkan anda pahami arti kedipan lampu indikator motor injeksi dibawah ini.

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Arti Kedipan Lampu MIL Motor Injeksi

  • 1 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)

Kode tersebut menunjukan bahawa motor mengelami kerusakan pada bagian Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi bahwa adanya tingkat kevakuman pada intake manifold.

  • 7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)

Jika anda mendapati adanya 7 kedipan pada lampu MIL saat anda menyalakan kontak, maka Engine Oli Temperature atau Engine Coolent Temperature mengeami gangguan yang biasanya berakibat pada pada sistem pembakaran yang tidak bekerja secara maksimal dan memiliki imbas pada penggunaan bahan bakar yang boros.

  • 8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)

Kemudian arti kedipan lampu indikator motor injeksi yang menunjukan 8 kali kedipan adalah terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position yang menyebabkan pemborosan pada bahan bakar dan juga sulit untuk di starter.

  • 9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)

Kemudian apabila anda melihat adanya 9 kali kedipan, maka hal ini menunjukan adanya Intake Air Temperature (IAT) yang mengalami gangguan.

  • 12 Kedipan : Sensor Injektor

Arti kedipan lampu indikator motor injeksi ini menunjukan bahwa injector sepeda motor sedang mengamali masalah yang biasanya berakibat motor akan sulit untuk di nyalakan bahkan tidak bisa di nyalakan sama sekali.

  • 21 Kedipan : Sensor O2 (Oxigen sensor)

21 kedipan pada lampu MIL motor injeksi menunjukan bahwa motor mengalami gangguan pada sensor O2. Yang mana sensor ini sendiri memiliki fungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan juga mendeteksi kondisi pembakaran mesin.

  • 29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)

Sensor IACV (Intake Air Cut Valve) sendiri merupakan komponen yang akan membantu dalam penyalaan mesin. Jadi ketika anda melihat kode ini pada saat menyalakan kontak, bisa di pastikan bahwa sensor IACV yang ada pada motor anda tengah mengalami gangguan.

  • 33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
READ  3 Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Harus Anda Ketahui

Jika anda melihat adanya 33 kedipan pada motor injeksi yang anda gunakan, maka bisa di pastikan motor anda sedang mengalami gangguan pada ECM (Engine COntrol Module) yang mana merupakan otak dari seluruh pengaturan pada sistem injeksi motor.

  • 54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Kode ini menunjukan sedang terjadinya kerusakan pada bagian sensor Bank Angel. Yang dimana sensor ini merupakan sensor yang akan dapat mematikan tenaga mesin ketika motor berada pada kemiringan hingga 60 derajat.

Arti Kedipan Lampu MIL Yamaha YMJET-FI

No. Jumlah Kedipan Masalah Pada
1 12 Kedipan Crankshaft Postion Sensor (Biasanya karena tidak adanya sinyal normal yang diterma oleh sensor ini)
2 13 Kedipan Intake Air Pressure Sensor (open atau short circuit)
3 14 Kedipan Intake Air Pressure Sensor
4 15 Kedipan Throttle Position Sensor (open atau short circuit)
5 16 Kedipan Throttle Position Sensor (macet atau lengket)
6 21 Kedipan Coolant Temperature Sensor (open atau short circuit)
7 22 Kedipan Intake Air Temperatur Sensor
8 30 Kedipan Lean Angle Sensor (macet atau rusak)
9 33 Kedipan Ignition Coil
10 39 Kedipan Fuel Injector (open atau short circuit)
11 41 Kedipan Lean Angle Sensor
12 42 Kedipan Speed Sensor bermasalah atau kabel speedometer putus
13 44 Kedipan Pembacaan dan penulisan pada EPROM eror
14 46 Kedipan Suplay power ke sistem fuel injection yang tidak normal
15 50 Kedipan Kerusakan biasanya terjadi pada memory
16 61 Kedipan ISC tidak bisa bekerja dengan baik
17 79 Kedipan Terlalu banyak udara masuk pada ruang bakar

Arti Kedipan Lampu MIL Suzuki Injeksi DCP-FI

No. Jumlah Kedipan Masalah Pada
1 12 Kedipan Sensor CKP
2 12 Kedipan Sensor IAP
3 14 Kedipan Sensor TP
4 15 Kedipan Sensor ET
5 21 Kedipan Sensor IAT
6 23 Kedipan Sensor TO
7 24 Kedipan Masalah terjadi pada Ignition Coil
8 32 Kedipan Masalah terjadi pada Fuel Injection
9 40 Kedipan Masalah terjadi pada ISC Valve
10 42 Kedipan Masalah terjadi pada Ignition Switch
11 44 Kedipan Sensor HO2

Setidaknya dengan kita mengetahui arti kedipan lampu indikator motor injeksi tentu saja akan lebih mudah memahami atau menemukan titik lemah kerusakan yang sedang dialami oleh motor. Bahkan dengan mengetahuinya kita pun bisa langsung memperbaikinya apabila kita bisa melakukannya sendiri. Semoga artikel yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat, jangan lupa simak pula info menarik lainnya seputar penyebab dan cara mengatasi busi retak yang bisa kalian simak pada pembahasan kami sebelumnya. Terimakasih

Tags: ,