√ Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus ? Penyebab & Solusi

Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus – Memiliki kendaraan untuk sarana transportasi memang memberikan kemudahan yang mungkin banyak orang inginkan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sengaja membeli motor bekas agar kebutuhan transportasi bisa terpenuhi.

Advertisements

Dari begitu banyaknya sarana transportasi, mungkin sepeda motor masih menjadi incaran banyak orang. Sebab bukan saja karena harga motor bisa dibilang terjangkau dan ramah di kantong. Tetapi juga karena penggunaan serta PERAWATAN yang tergolong mudah.

Walau digolongkan cukup mudah dalam hal perawatan. Terkadang masih banyak pula pemilik yang tidak mengindahkan masalah perawatan secara berkala. Alhasil banyak bagian atau komponen motor yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi secara normal.

Advertisements

Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa perawatan sepeda motor menjadi bagian yang cukup penting agar sepeda motor tetap dapat beroperasi dengan baik. Apalagi khusus untuk sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Kenapa? karena sistem injeksi sendiri menjadi bagian yang paling penting dalam kinerja mesin motor. Jika bagian ini bermasalah, selain membuat motor sulit dinyalakan, terkadang juga membuat BREBET DI RPM RENDAH dan  lain sebagainya.

Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Nah untuk kalian yang memiliki motor injeksi, baik itu motor matic, bebek atau sport. Ketika mengalami masalah pada bagian injeksi biasanya akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala terus.

Secara normal, seharusnya lampu indikator injeksi hanya akan menyala dalam hitungan detik saja. Yang jadi pertanyaannya, apa sih penyebab lampu indikator motor injeksi menyala terus?. Jika kondisi seperti ini sedang kalian alami, maka tepat sekali berada disini.

Karena sesuai judul diatas, kali ini otoflik akan membagikan secara detail apa saja yang menjadi penyebab dan juga bagaimana solusi atau cara mengatasi lampu indikator motor injeksi menyala terus. Dibawah ini beberapa indikasi penyebabnya.

  1. Terjadi masalah pada bagian Pulser motor.
  2. Adanya masalah pada bagian ECU motor.
  3. Saringan udara motor sudah kotor.
  4. Throttle Position Sensor (TPS) bermasalah atau bahkan rusak.
  5. Power Supply menuju Fuel Injector rusak.
READ  7 Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis & Tips Merawatnya

Solusi Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Diatas merupakan beberapa faktor penyebab lampu indikator motor injeksi sering menyala terus. Untuk mengatasinya maka kalian harus pastikan lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian solusi yang digunakan pun tepat.

Karena seperti kita tahu, setiap permasalahan pada motor ataupun mobil punya caranya masing-masing. Oleh sebab itu, dibawah ini akan otoflik jelaskan bagaimana cara mengatasi lampu motor injeksi menyala terus dengan mengacu pada penyebab diatas.

1. Remap ECU Motor

Lakukan Remap ECU Motor

ECU motor merupakan salah satu bagian atau komponen paling penting di dalam kinerja motor injeksi. Karena semua kinerja mesin akan dikontrol langsung dari komponen ini.

Maka dari itu, jika piranti satu ini mengalami kegagalan fungsi, otomatis akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Oleh sebab itulah, ketika memiliki motor dengan sistem injeksi, merawatnya secara berkala menjadi bagian cukup penting.

Nah untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan REMAP ECU MOTOR yang merupakan proses pengaturan ulang ECU motor. Atau jika memang masalah tersebut sudah cukup berat. Kalian bisa menggantinya dengan ECU motor baru dengan spesifikasi sama dan pastinya sesuai tipe motor.

Advertisements

2. Bersihkan Saringan Udara

Bersihkan Saringan Udara

Kendala berikutnya ketika lampu injeksi motor terus menyala juga bisa jadi dikarenakan kondisi saringan udara yang kotor. Ketika kondisi ini terus kalian biarkan, maka akan berpotensi membuat lampu indikator injeksi terus menyala?.

Kenapa demikian? karena sesuai dengan fungsinya, saringan udara akan menyaring udara sebelum masuk ke dalam ruang bakar. Dengan begitu kotoran seperti debu atau partikel terbawa di dalam udara akan tersaring. Lama kelamaan, kotoran tersebut akan menumpuk.

Solusi paling tepat ketika hal seperti ini terjadi, adalah dengan membersihkannya menggunakan udara bertekanan atau bahkan bisa menggantinya dengan saringan udara baru.

3. Perbaiki Throttle Position Sensor

Perbaiki Throttle Position Sensor

Bukan hanya karena dua masalah diatas, lampu indikator motor injeksi yang menyala terus juga seringkali disebabkan karena adanya problem terjadi pada bagian Throttle Position Sensor. Asal kalian tahu, sensor ini  berfungsi untuk mengatur dan membaca besaran bukaan gas serta memberi sinyal ke ECU.

READ  6 Perbedaan Oli MPX dan SPX Milik AHM yang Wajib Kalian Tahu!

Saat kondisinya bermasalah, maka efek paling parang adalah putaran mesin menjadi berat. Bahkan lebih mengerikannya lagi mesin tidak bisa idle. Apabila kondisi ini terus kalian biarkan, TPS akan membuat tarikan kurang responsif.

Untuk mengatasi masalah ini, motor harus di bawa ke bengkel untuk diperiksa dan dicek kondisi Throttle Position Sensor nya dengan cara diukur menggunakan Avo Meter atau Multimeter. Apabila memang sudah tidak layak pakai, biasanya sensor ini akan diganti dengan yang baru.

4. Periksa Power Supply ke Fuel Injector

Periksa Power Supply ke Fuel Injector

Selanjutnya hal yang mungkin membuat lampu indikator motor injeksi menyala terus juga diakibatkan karena adanya kerusakan pada bagian power supply yang menuju ke bagian Fuel Injector. Bahkan tidak hanya menyala terus menerus.

Terkadang rusaknya bagian ini juga akan mengakibatkan lampu indikator injeksi akan berkedip secara cepat dengan jumlah tertentu. Untuk mengetahui artinya, kalian bisa memahami ARTI KEDIPAN LAMPU INDIKATOR MOTOR INJEKSI yang sebelumnya pernah otoflik sampaikan.

Kerusakan pada bagian power supply sendiri biasanya disebabkan karena regulator tidak berfungsi dengan baik serta aki tidak terisi penuh serta karena terjadinya overcharging. Solusi paling tepat mengatasi masalah ini maka harus memperbaiki bagian power supply atau bahkan menggantinya.

5. Perbaiki/Ganti Pulser Motor

Perbaiki atau Ganti Pulser Motor

Seperti  diatas kami sampaikan, faktor lain membuat lampu indikator motor injeksi menyala terus pun bisa diakibatkan karena masalah pada bagian PULSER MOTOR. Padalah fungsi utama dari komponen ini sangatlah penting, yakni sebagai penentu waktu pengapian pada CDI / ECU ke bagian SCR.

Kemudian SCR pun akan diperintahkan untuk membuka kapasitor serta melepaskannya. Maka tidak hanya akan membuat lampu indikator menyala terus, tetapi ketika pulser berada dalam kondisi lemah, akan mengakibatkan motor tersendat dan sering mogok serta sering MATI MENDADAK.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah pada bagian pulser motor ketika rusak? Kami sarankan untuk segera membawanya ke bengkel motor terdekat agar diperbaiki montir berpengalaman.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya penjelasan yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan terkait penyebab dan solusi atau cara mengatasi lampu indikator motor injeksi menyala terus. Semoga dengan adanya informasi diatas, kini bisa lebih paham dan tahu apa saja bahaya ketika lampu indikator injeksi terus menyala.

Advertisements

Tags: , ,