√ Indikator Bensin Motor Full Terus ? 10 Penyebab & Cara Memperbaiki

Indikator Bensin Motor Full Terus – Berkendara menggunakan sepeda motor umumnya banyak dipilih banyak orang karena dianggap cukup mudah. Lain halnya dengan mobil, memanfaatkan kendaraan roda dua akan memungkinkan kita bisa mengambil jalur sesuai kebutuhan.

Dengan begitu efisiensi waktu pun masih dapat dimaksimalkan ketika ingin sampai di tujuan secara cepat. Namun pernah tidak sih, ketika kalian sedang memacu motor dengan kecepatan tinggi tiba-tiba motor mati padahal indikator bensin masih full?

Hal seperti ini pasti ada saja yang pernah mengalaminya. Mengingat disaat melihat kondisi indikator bensin full, tentu kita tidak berfikir bahwa bensin habis. Tetapi pada kenyataannya banyak para pengguna motor tertipu dengan kondisi indikator bensin motor full terus.

Jika kalian pernah mengalami kasus seperti ini, tentu rasa kesal dan penasaran kenapa indikator bensin motor bisa sampai error dan ngaco seperti itu bisa terjadi. Hal seperti ini memang dapat menimpa siapapun dan jenis motor apapun.

Indikator Bensin Motor Full Terus dari Penyebab dan Cara Memperbaiki

Baik pada motor injeksi, non injeksi, atau bahkan pada motor dengan tampilan speedometer digital maupun jarum (analog). Lantas apa sebenarnya penyebab indikator bensin motor full terus dan bagaimana cara memperbaikinya? berikut otoflik rangkum detailnya.

Penyebab Indikator Bensin Motor Full Terus

Penyebab Indikator Bensin Motor Full Terus

Indikator bensin terlihat full terus padahal sebenarnya tidak, tentu akan begitu merepotkan. Permasalahan ini sebenarnya bisa kita atasi dengan mudah asalkan kita tahu apa penyebab yang menjadikan indikator bensin motor terlihat full terus.

Menyikapi masalah tersebut, sesuai judul diatas. Dibawah ini akan otoflik rangkum beberapa metode untuk memperbaiki indikator bensin motor Injeksi dan digital. Namun sebelum itu, berikut otoflik jelaskan beberapa penyebab indikator bensin motor full terus.

  1. Kondisi fuel sender atau pelampung tidak berada pada tempatnya.
  2. Sistem kelistrikan pada bagian indikator bensin ada kerusakan atau mati.
  3. Penyok pada bagian tangki bahan bakar menyebabkan fuel sender tidak dapat bergerak.
  4. Kondisi aki motor sudah tidak bagus.
  5. Piranti utama seperti papan PCB kecil atau alternator ada kerusakan.
  6. Adanya permasalahan pada jalur kabel indikator bensin.
READ  7 Cara Membersihkan Busi Mobil yang Hitam dan Kotor 2021

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Ngaco

Dari beberapa penyebab diatas, dapat disimpulkan bahwa indikator bensin motor full terus bisa terjadi karena beberapa masalah di beberapa bagian. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya dapat dilakukan secara mudah. Berikut cara memperbaiki indikator bensin motor tidak akurat.

Periksa & Ganti Aki Jika Rusak

Periksa Ganti Aki Jika Rusak

Untuk memperbaiki indikator bensin motor tidak akurat pertama bisa kalian lakukan yaitu dengan mengecek kondisi aki motor. Apabila kondisi aki masih bagus maka probabilitas lain dapat menjadi penyebabnya.

Namun jika kondisi aki motor soak atau rusak, maka kalian harus segera menggantinya. Tujuannya selain sistem kelistrikan sepeda motor tetap optimal, juga akan membuat indikator bensin motor bisa bekerja dengan baik.

Perbaiki Sistem Kelistrikan

Perbaiki Sistem Kelistrikan

Sementara jika bagian aki bisa dipastikan masih dalam kondisi bagus, hal berikut perlu kalian periksa yakni pada sistem kelistrikan. Terutama pada bagian kelistrikan di bagian indikator.

Pastikan bahwa semua komponen elektronik yang ada pada sistem indikator masih dalam keadaan bagus. Jika tidak kami sarankan untuk segera membawanya ke bengkel agar diperbaiki oleh montir profesional.

Ganti Pelampung Bila Rusak

Ganti Pelampung Bila Rusak

Cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi atau indikator digital yang berikutnya dapat kalian lakukan yaitu dengan memeriksa bagian pelampung bensin. Tujuannya untuk memastikan kondisi dalam keadaan normal atau tidak.

Untuk memeriksanya, kalian cukup lepas soket pada bagian kabel bodi yang terhubung ke bagian pelampung. Setelah itu hubungkan soket dengan memakai kabel. Jika saat dihubungkan indikator menunjukan full.

Maka bisa dipastikan bahwa kondisi pelampung mengalami permasalahan atau bahkan sudah rusak. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru.

READ  5 Cara Cek OCV Sensor Pada Mesin VVT-i : Fungsi & Cara Kerja

Ganti Speedometer Motor

Ganti Speedometer Motor

Kemudian, cara memperbaiki indikator bensin motor ngaco atau bahkan memperlihatkan full terus pada jenis digital atau manual. Juga dapat diperbaiki dengan cara mengganti speedometer tersebut.

Sebab, komponen satu ini juga terkadang memiliki masa pakai, semakin lama digunakan. Otomatis akan menimbulkan kerusakan, jadi jika ternyata masalah ini menjadi penyebabnya, satu-satunya jalan yakni dengan mengganti kondisi speedometer dengan part baru.

Pastikan Jalur Kabel Indikator Benar

Pastikan Jalur Kabel Indikator Benar

Indikator bensin motor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel ke bagian pelampung. Tentu saja mengharuskan kondisi penyambungan harus benar-benar dalam keadaan baik.

Namun dari beberapa kasus, ada beberapa kabel yang penghubung antara indikator bensin dan pelampung yang terbakar karena berbagai macam alasan, alhasil membuat indikator terlihat terus full.

Kondisi seperti ini, kami sarankan untuk periksa bagian kabel. Yang mana pada beberapa tipe motor ada yang memanfaatkan kabel berwarna merah (+) dan hitam (-).

Kabel tersebut akan keluar menjadi warna kuning/putih untuk probe (+) dan hijau / hitam untuk probe (-) ketika melewati bagian soket kabel bodi. Jika penyambungan salah maka indikator bensin motor tidak akurat atau bahkan terlihat full terus wajar terjadi.

Akhir Kata

Sekian dulu infomrasi otoflik.com terkait penyebab dan cara memperbaiki indikator bensin motor full terus. Semoga bisa menjadi referensi menarik dan bisa menjadi informasi yang cukup bermanfaat.

Tags: ,