√ Remap Ecu Motor dari Pengertian, Manfaat, Bahaya & Biaya

Remap Ecu Motor – Punya motor dengan setingan mesin yang pas tentu menjadi keinginan setiap orang. Mengingat setingan mesin yang pas akan membuat tarikan menjadi lebih responsif dan akan membuat mesin tidak mudah ngempos.

Untuk melakukan pengaturan atau setingan mesin pada sebuah kendaraan terutama motor. Tentu dibutuhkan keahlian khusus, karena untuk bisa memperoleh setingan terbaik ada beberapa faktor penentunya. Apalagi ketika motor sudah menggunakan sistem injeksi.

Maka penanganan setingan mesin akan sedikit berbeda dibandingkan dengan pengaturan pada mesin pada umumnya. Karena pada motor injeksi ada satu komponen bernama ECU (Engine Control Unit) yang perlu penanganan khusus dan tidak boleh sembarangan.

ECU pada motor berpengabut bahan bakar injeksi sendiri berfungsi layaknya CDI motor atau (Capacitor Discharge Ignition). Dimana komponen ini akan mengatur semua bagian yang terkait dengan sistem injeksi seperti riding mode, campuran udara, atau bukaan bensin serta yang lainnya.

Remap ECU Motor Beserta Fungsi Manfaat dan Biaya

Nah penanganan ECU motor injeksi tersebut belakangan ini sering di kaitkan dengan remapping atau remap ECU motor. Yang dimana bukan hanya akan membuat setingan motor kembali seperti awal, namun remap ECU pada sistem injeksi motor juga punya manfaat lain.

Apa itu Remap ECU Motor?

Apa Itu Remap ECU Motor

Namun sebelum membahas apa saja kiranya manfaat yang akan diperoleh saat melakukan remap ECU motor. Tidak ada salahnya kita kenali dulu apa itu Remap atau Remapping ECU motor.

Secara garis besarnya, remap ECU merupakan langkah yang dilakukan untuk mengatur ulang settingan ECU, Reflash ECU atau bisa juga dikatakan Tuning ECU. Dengan tujuan utamanya untuk mengkalibras ECU agar dapat membuat performa mesin motor kembali meningkat.

READ  √ Lampu Rem Mobil Nyala Terus ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Hanya saja pengaturan ulang ECU atau remap sendiri umumnya hanya akan dilakukan pada motor yang telah menggunakan piggyback, atau ECU aftermarket. Namun ada juga remap ECU motor standar yang belakangan ini banyak di lakukan oleh bengkel dengan memakai alat khusus.

Bagaimana Remap ECU Bisa Mengingkatkan Tenaga?

Bagaimana Remap ECU Bisa Mengingkatkan Tenaga

Seperti kami jelaskan diatas, remap ECU motor akan bermanfaat untuk meningkatkan performa mesin motor agar kembali ke settingan awal, bahkan jauh lebih baik.

Kenapa demikian? karena reflash ulang ECU motor akan membuat hilangnya batasan settingan mesin motor yang tidak dimaksimalkan 100% oleh pabrikan karena ada beberapa alasan terkait beberapa hal, seperti.

  • Regulasi standarisasi mesin motor.
  • Pengaruh terhadap emisi gas buang.
  • Dan juga karena adanya alasan terkait keamanan atau safety bagi setiap pengendara.

Jadi ketika kalian memiliki sebuah motor dengan mesin berkapasitas 150cc, maka secara real mesin tersebut tidak akan bisa mengeluarkan horse power (tenaga) sampai 100%.

Untung Rugi Remap ECU Motor

Untung Rugi Remap ECU Motor

Meski begitu apapun alasannya, dengan melakukan remap ECU motor akan dapat memberikan banyak manfaat bagi setiap pemilih motor dengan sistem injeksi.

Namun perlu di ingat sekali lagi, meski ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, namun juga akan ada bahaya yang di timbulkan saat reflash ECU motor ke setingan.

Dan berikut beberapa manfaat serta bahaya dari kegiatan remap ECU motor.

Manfaat Melakukan Remap ECU Motor

  • Memungkinkan mesin dapat memiliki Horse Power atau tenaga yang lebih maksimal.
  • Menghasilkan kecepatan motor yang lebih mantap.
  • Membuat motor bisa berakseslerasi dengan sempurna.
  • Dan membuat torsi motor menjadi lebih baik.

Bahaya Remap ECU Motor

  • Data yang tersimpan didalam ECU tidak terbaca karena adanya kerusakan file.
  • Mempercepat kerusakan pada komponen ECU.
  • Sedikit membuat boros bahan bakar.
READ  45 Motor Retro Modern 2021 Termurah Paling Diminati

Biaya Remap ECU Motor Standar

Biaya Remap ECU Motor Standar

Dengan perlunya penanganan khusus untuk mengurus remap ECU motor maka seperti otoflik.com sampaikan diatas. Ada baiknya untuk menangani masalah ini serahkan langsung ke akhinya atau ke montir bengkel yang sudah berpengalaman.

Untuk masalah budget atau biaya remap ecu, kalian tidak perlu khawatir karena bisa dikatakan masih cukup terjangkau. Dimana untuk biaya setting ECU motor tersebut dapat kalian lihat pada tabel berikut.

Tipe Remp ECUBiaya
Remap ECU piggyback (aftermarket)Rp 200.000
Remap EcU standarRp 750.000 – Rp 1.300.000

Waktu Paling Tepat Remap ECU Motor

Waktu Paling Tepat Remap ECU Motor

Cukup murah bukan biaya remap ECU pada sepeda motor injeksi ini? Silahkan siapkan saja budget diatas ketika kalian menginginkan untuk mendapatkan performa mesin motor yang kembali normal.

Lantas kapan sebenarnya waktu yang paling tepat untuk melakukan remapping ECU motor?

  1. Pada saat mesin motor kehilangan kompresi alias ngempos.
  2. Tarikan motor sudah tak lagi terasa alias sudah hilang.
  3. Motor punya tenaga yang lemot atau bahkan pada saat mesin sudah di hidupkan.
  4. Lebih disarankan untuk motor yang sudah mengalami ubahan beberapa bagian seperti knalpot atau bahkan ketika mesin sudah naik kubikasi atau bore-up.

Itulah kiranya waktu yang paling tepat untuk melakukan remap ECU pada mesin motor. Apakah sudah cukup jelas dengan informasi yang kami sampaikan?

Jika sudah kami rasa sekian dulu informasi yang dapat otoflik.com sampaikan, semoga bisa menjadi referensi yang menarik serta bisa menjadi wacana yang bermanfaat.

Tags: , ,