5 Penyebab Busi Retak Serta Cara Mengatasinya

Penyebab Busi Retak – Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya dalam kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor ada banyak sekali komponen penting yang sangatlah vital keberadaannya. Salah satu dari banyaknya komponen tersebut adalah Busi. Dimana busi sendiri merupakan perananan penting dalam sistem pengapian di kendaraan karena busi sendiri berfungsi untuk mengubah tegangan listrik dari koil menjadi percikan api.

Yang nantinya percikan api tersebut akan digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara didalam ruang bakar yang telah di kompresi. Dengan begitu keberadaan busi memang sangatlah penting. Maka dari itu material busi sendiri terbuat dari bahan yang sangat kuat dari tekanan dan juga panas. Karena penting tentu saja komponen yang satu ini perlu perawatan yagn ekstra agar kondisi mobil ataupun motor tetap bisa maksimal.

Namun meski sudah di jaga dan di rawat dengan baik, kadang kala busi masih saja bisa rusah, biasanya hal yang sering kita temui pada kerusakan busi adalah retak yang di akibatkan oleh banyak penyebab. Dan sesuai judul diatas, setidaknya perlu untuk kita ketahui apa-apa saja penyebab busi retak serta mengetahui juga apa yang akan terjadi dan juga bagaimana cara mengatasinya agar kendaraan yang kita miliki tidak sampai rusak parah.

Untuk itu pada kesempatan kali ini akan kita bagikan beberapa pengetahuan tentang penyeban busi retak yang perlu anda ketahui agar kedepannya bisa anda hindari hal-hal tersebut yang bisa mengakibatkan busi retak. Sekaligus akan kita beritahu juga akibat yang akan di peroleh ketika busi retak serta tips bagiamana cara mengatasinya. Untuk itu bagi anda yang penasaran dengan hal ini, bisa menyimak artikel ini sampai akhir.

READ  60 Harga Busi Motor Terbaru dan Terlengkap 2019

Penyebab Busi Retak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Busi Retak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Busi Retak dan Cara Mengatasinya

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu sedikit kami jelaskan juga bahwasannya pada busi terdapat banyak sekali bagian-bagian yang saling berkesinambungan. Salah satunya adalah insulator yang memiliki fungsi untuk memberikan topangan mekanik bagi inti elektroda yang terdapat pada bagian tengah. Selain itu juga sebagai isolator dari tegangan tinggi yang mengalir di inti elektroda tersebut.

Dan umumnya, retaknya busi yang sering terjadi memang pada bagian insulator ini karena memang terbuat dari keramik yang didesain dengan bergerigi di bagian tengahnya. Dan apa saja penyebab busi retak pada bagian insulatornya ini? tentu saja ada banyak sekali penyebabnya. Untuk itu simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Busi Retak

Seperti kami sampaikan diatas ada banyak sekali faktor yang membuat busi bisa retak, dan berikut adalah beberapa penyebab yang sering menyebabakan busi retak yang perlu kamu ketahui.

  1. Pemilihan tingkat panas busi yang tidak sesuai
  2. Bisa terjadi karena terlalu sering menggunakan bensin beroktan rendah
  3. Dapat juga di akibatkan oleh waktu pengapian yang terlalu cepat
  4. Campuran bahan bakar dan udara yang kurang baik atau tidak maksimal
  5. Luka akibat pemasangan busi yang kurang baik atau bahkan tidak benar

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab busi retak seperti kami tuliskan diatas, mungkin hal yang perlu untuk anda pahami adalah membeli busi sesuai dengan tipe kendaraan yang anda miliki. Dimana untuk list daftar harga busi sudah pernah kami bahas sebelumnya yang bisa anda jadikan sebagai referensinya. Lalu bagimana cara mengatasi jika kita mendapati busi motor ataupun mobil retak? berikut bisa anda pelajari.

READ  Fungsi Turbocharger dan Manfaat pada Mesin Diesel

Cara Mengatasi Busi Agar Tidak Retak

Sebenarnya cara mengatasi busi agar tidak mudah retak sendiri sangatlah mudah dan simple. Dimana jika menyimak penyebab busi retak yang sudah kami tulis diatas, bisa disimpulkan bahwa salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi busi agar tidak mudah retak adalah dengan memilih busi yang benar-benar sesuai dengan kendaraan yang kita miliki.

Pemilihan busi sendiri biasanya harus disesuaikan dengan tingkat panas, jadi akan lebih baik apabila anda memilih busi dengan tingkat panas yang lebih tinggi. Selain itu anda pun bisa mengantisipasinya dengan menggunakan bensi yang beroktan lebih tinggi, (kami sarankan untuk selalu membeli bensi di SPBU). Kemudian, bisa juga dengan memeriksa cooling system apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Serta mengatur timing pembakaran agar pas dan tepat.

Nah kiranya itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa juga untuk menyimak info menarik lainnya seputar busi yakni tentang cara memperbaiki busi mobil paling ampuh yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Sekian dan Terimakasih

Tags: ,