10 Cara Mengatasi Motor Mogok yang Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Motor Mogok – Tentu kalian pengguna jalanan sudah pernah merasakan ketika naik motor terus motornya mogok. Tentu itu merupakan hal yang sangat menyebalkan sekali, terlebih jika kita sedang menuju tempat kerjaan pasti rasanya sangat tidak menyenangkan sekali. Namun hal tersebut bisa kita hindari, jika kalian melakukan perwatan motor secara rutin serta memperhatikan kondisi motor kesayangan.

Dengan selalu mengutmakan perawatan perhatian, dijamin deh kalian semua tidak akan merasakan rasanya mogok ditengah perjalanan. Ada beberapa hal yang menyebabkan motor tiba-tiba mati di tengah perjalanan, untuk faktor yang pertama penggunaan bahan bakar tidak baik atau bahan bakar habis. Lalu untuk penyebab yang kedua biasanya terjadi karena busi mati, bila mengalami busi mati. Kalian bisa lakukan cara memperbaiki busi motor agar normal kembali, dimana untuk caranya memang sangat mudah.

Pada kesempatan sebelumnya memang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya akan cara mengatasi rem motor bunyi kepada kalian semuanya. Lalu untuk kesempatan kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua cara mengatasi motor mogok. Kalian semua cukup cek terlebih bahan bakarnya dan kedua kalian bisa cek pada bagian businya. Biasanya kedua faktor tersebut sering menyebabkan tiba-tiba motor mati atau mogok.

Selain kedua faktor yang sudah kami sebutkan tadi diatas, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan motor mati. Untuk penyebab yang ini dikarenakan kerusakan pada mesin seperti setelan klep yang salah, oli mesin habis, sistem pengapian mati dan lainnya. Untuk sistem pengapian si masih bisa diatasi, namun akan berbeda jika penyebanya pada komponen mesin. Untuk lebih jelas akan cara mengatasi motor mogok yang mudah, dapat simak langsung saj ulasan yang ada dibawah ini.

READ  Harga Tiket Bus Lebaran 2019 Terbaru Beserta Rutenya

Daftar Isi

Cara Mengatasi Motor Mogok yang Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Motor Mogok

Cara Mengatasi Motor Mogok

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan jika motor mengalami mogok, asalkan kalian semua menyediakan peralatan untuk membuka busi. Karena busi bisa menjadi salah satu faktor besar jika motor mati, lalu yang kedua pada bahan bakar. Baiklah untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persipkan dibawah ini.

Periksa Bahan Bakar

Untuk cara mengatasi motor mogok yang pertama kalian lakukan cukup periksa saja bahan bakarnya. Dimana kalian bisa cek pada tangki bahan bakar apakah masih ada atau sudah habis. Biasanya dengan kehabisan bahan bakar akan menyebabkan motor mati, karena tidak ada suplai untuk melakukan pembakaran bahan bakarnya.

Cek Busi Motor

Jika bahan bakar masih banyak, hal yang bisa kalian lakukan yang selanjutnya cukup periksa saja keadaan busi motor. Untuk mengetahui apakah busi motor masih bagus atau tidak, kalian bisa mengecek dengan cara busi masukan pada tempat yang ada kebelnya. Setelah ittu kick starter diturunkanm, apabila tidak ada percikan api berarti busi mati. Untuk mengatasinya bisa kalian ketuk bagian atasnya dan bersihkan. Apabila tidak bisa juga, sebaiknya ganti yang baru atau ganti dengan cadangan busi jika kalian membawa.

Cek Sistem Pengapian

Cara mengatasi motor mogok selanjutnya, kalian semua bisa mengecek pada sistem pengapian atau CDI. Dimana untuk bagian ini memang memiliki kinerja sangat vital, untuk mengetahuinya kalian harus cek satu persatu dari CDI, busi, coil serta sepul.

READ  Cara Membersihkan Radiator Motor Mudah dan Cepat

Penyebab Motor Mogok /Mati

1. Penggunaan bahan bakar tidak bagus

2. Busi Mati

3. Sistem pengapian mati

4. Oli mesin habis

5. Setelan klep salah

6. Filter udara

7. Sistem pembakaran

Seperti tiulah cara mengatasi motor mogok atau mati, hal yang paling pertama kalian lakukan ialah cukup mencari sumber penyebabnya. Untuk mencarinya kalian harus cek satu persatu bagian yang ada seperti busi, pengapian dan bahan bakarnya. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat beramanfaat bagi kalian semua.

Tags: ,