15 Cara Jumper Aki Mobil yang Baik, Mudah & Cepat

Cara Jumper Aki Mobil – Salah satu masalah menyebalkan yang mungkin sering di alami oleh pemilik mobil ketika menggunakan mobil mereka yakni mogok. Masalah ini memang seringkali menjadikan mood langsung berubah. Belum lagi ketika kita sedang di kejar-kejar waktu. Dan biasanya cara yang paling cepat untuk bisa mengatasi masalah ini adalah memanggil montir untuk memperbaikinya.

Hanya saja hal tersebut mungkin hanya akan bisa di lakukan ketika mobil yang sedang kalian gunakan mogok di tempat keramaian dan dekat dengan bengkel. Lalu bagaimana jika mobil yang anda kendarai mogok di tempat yang sepi dan jauh dari bengkel? Apa kiranya yang bisa kita lakukan? Untuk hal tersebut, salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah menjumper aki mobil.

Masalah mogok pada mobil memang bukan hanya di sebabkan oleh aki yang sudah mulai soak atau rusak. Melainkan juga bisa di sebabkan dari berbagai macam faktor lain yang ada pada mobil yang sedang anda gunakan. Bisa karena busi yang sudah mulai rusak atau juga bisa di karekan oleh hal-hal lain yang sering terjadi pada sebuah kendaraan terutama pada mobil.

Jadi mengatasi mobil mogok di tengah perjalanan pun harus kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab yang membuatnya mogok. Jika memang karena hal mendsar seperti aki yang sudah mulai soak, maka cara jumper aki mobil yang akan kami bagikan kali ini mungkin akan bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda para pemilik mobil ketika tiba-tiba mengalami masalah mobil mogok yang disebabkan oleh aki.

Panduan Cara Jumper Aki Mobil yang Baik dan Benar

Cara Jumper Aki Mobil

Namun apabila mesin mobil mogok karena memang adanya kerusakan pada komponen mesin, maka mau tidak mau anda harus memanggik montir dan membawanya ke benkel untuk di perbaiki. Dan jika berbicara mengenai masalah aki yang menjadi penyebab mobil mogok dan tidak bisa di starter. Maka hal terbaik yang patut untuk anda lakukan adalah mengganti aki mobil yang anda gunakan baik itu aki kering ataupun aki basah.

Hal yang Perlu di Pesiapkan Ketika Jumper Aki Mobil

Nah sebelum melakukan cara jumper aki mobil yang akan kita lakukan pada mobil yang mogok di tengah perjalanan. Salah satu hal yang patut untuk kita perhatikan adalah persiapan yang harus kita lakukan sebelum melakukan jumper mobil. Meskipun ini bisa di katakan cukup mudah di lakukan, akan tetapi jika terjadi kesalahan pada saat pemasangan jumper akan berakibat fatal. Maka dari itu persiapkan beberapa hal berikut ini.

  1. Jika mobil yang anda kendarai merupakan mobil dengan jenis transmisi otomatis. Pastikan terlebih dahulu posisi tuas transmisi berada di posisi “P”
  2. Dan apabila mobil yang anda gunakan jenis mobol transmisi manual, Pastikan posisikan tuas transmisi berada di posisi netral
  3. Aktifkan juga rem tangan atau rem parkir pada mobil yang mogok tersebut untuk mengurangi hal-hal yang tidak di inginkan.
  4. Pastikan juga anda mematikan semua perangkat kelistrikan yang ada pada mobil. Akan lebih baik cabutkan kunci mobil
  5. Lepas juga benda apapun yang berada pada cigarette lighter seperti bluetooth receiver ataupun aksesoris charger ponsel untuk meminimalisir terjadinya kerusakan
  6. Cari posisi aki terlebih dahulu dan pastikan anda mengetahui posisi kutub positif (+) dan juga kutub negatif (-)
  7. Siapkan juga kabel jumper aki mobil yang memiliki kualitas bagus
READ  10 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Tidak berkedip

Panduan Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Kabel Jumper Aki Mobil

Setelah anda menyiapkan beberapa hal yang memang sekiranya perlu untuk anda siapkan ketika akan melakukan jumper aki mobil seperti diatas kami sampaikan. Maka langkah yang harus anda lakukan berikutnya adalah memulai proses instalasi jumper aki mobil. Dan bagi anda yang belum mengetahui cara jumper aki mobil yang baik dan benar, berikut dapat anda ikuti langkah demi langkahnya.

1. Memastikan Penyebab Mobil Mogok Karena Aki

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan melakukan jumper aki mobil yaitu memastikan terlebih dahulu bahwa mobil mogok benar-benar di karenakan aki yang sudah mulai soak atau rusak. Penyebab aki soak pada sebuah kendaraan pun pun bisa karena berbagai macam faktor dan bisa berbeda antara unit mobil satu dengan unit mobil yang lainnya.

Dan untuk mengetahui bahwa mobil mogok tersebut benar-benar disebabkan karena aki yang rusak pun cukup mudah. Silahkan anda nyalakan lampu mobil yang mogok tersebut. Apabila cahaya lampu cukup terang berarti aki masih dalam keadaan benar. Namun jika nyala lampu tersebut redup, maka bisa dipastikan aki soak menjadi penyebab mobil itu mogok dan mobil tidak bisa di starter.

2. Menyiapkan Kabel Jumper dengan Kualitas Bagus

Setelah dipastikan penyebab mobil mogok dan tidak bisa distarter karena aki yang beremasalah. Tentu saja cara jumper aki mobil yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk menyelesaikan masalah. Namun pastikan juga bahwa anda sudah menyiapkan kabel jumper yang baik dan bagus. Seperti apa kabel jumper aki mobil yang baik? setidaknya kabel tersebut memiliki ukuran diameter minimal 10 mm untuk menghindari resiko terbakar saat proses jumper.

3. Siapkan Kendaraan Lain atau Aki Mobil yang Masih Bagus

Selain itu, untuk melakukan jumper aki pada mobil juga harus ada satu buah aki mobil yang masih memiliki kondisi bagus. Untuk hal ini bisa anda gunakan aki dari mobil lain atau juga aki lain yang masih memiliki kualitas baik dan bagus.

READ  8 Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic & Diesel Yang Benar

4. Mendekatkan Mobil atau Aki yang Bagus ke Mobil Mogok

Jika anda sudah menyiapkan semua peralatan yang di butuhkan, maka hal selanjutnya anda dapat mendekatkan mobil atau aki yang sudah disiapkan ke mobil anda yang mogok. Setelah itu buka kedua kap mobil dengan posisi saling berhadapan. Hal ini mengingat kabel jumper aki mobil yang ada di pasaran tidaklah terlalu panjang.

5. Hubungkan Kedua Kutub Aki dengan Kabel Jumper

Cara Memasang Kabel Jumper Aki

Mulailah dengan menghubungkan kutub antar aki dengan menggunakan kabel jumper yang sudah anda siapkan. Dan pastikan juga gunakan selalu sarung tangan sebagai isolator agar ketika terjadi percikan api anda tidak akan merasakan panasnya.

Pastikan anda menghubungkan kutup positif dari setiap aki dengan menggunakan kabel jumper yang biasanya di tandai dengan warna merah. Lakukan hal serupa untuk kabel jumper hitam yang biasanya digunakan untuk menghubungkan kutub negatif. Pastikan capitan pada tiap-tiap kutub aki kencang.

6. Ada Baiknya Tunggu Sesaat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ketika melakukan cara jumper aki mobil ini. Kami sarankan anda untuk menunggu beberapa saat agar kondisi setrum yang ada pada aki benar-benar sudah habis.

7. Hidupkan Mesin Mobil yang Mogok

Jika dirasa sudah cukup dan setrum aki sudah habis. Maka hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mulai menghidupkan mesin mobil yang mogok. Pastikan anda melakukannya dengan perlahan, jangan terlalu cepat dan seakan di paksa.

Dan ada baiknya setelah mobil yang mogok sudah menyala, tunggu terlebih dahulu sekiranya 1 hingga 2 menit agar kondisi mesin sudah normal kembali. Barulan anda melepas kabel jumper yang tadi anda rangkai.

8. Masih Belum Berhasil Juga?

Jika anda mengikuti langkah demi langkah cara jumper aki mobil yang kami sampaikan diatas dan masih mendapati mobil tidak mau menyalan. Kami sarankan anda untuk membawanya ke bengkel untuk di cek semua kondisinya. Hal ini bisa anda lakukan sebagai langkah terakir ketika anda sudah melakukan beberapa hal seperti mendorong mobil ataupun menjumper aki mobil.

Setidaknya dengan anda mengetahui cara jumper aki mobil yang baik dan benar sesuai dengan apa yang sudak kami tulis diatas. Anda tentu bisa menyiapkan beberapa bahan yang memang di butuhkan seperti kabel jumper disaat anda akan melakukan perjalanan jauh. Dan kiranya itulah informasi yang kali ini dapat kami sampaikan semoga bisa menjadi wacana yang menarik dan mudah di pahami.

Tags: ,