7 Ciri Ciri Klep Mobil Bocor dari Penyebab & Cara Mengatasi

Ciri Ciri Klep Mobil Bocor – Menggunakan mobil sebagai sarana transportasi memang memberi banyak keuntungan. Namun untuk kita bisa memiliki mobil pun tidaklah murah. Karena rata-rata harga mobil baru sendiri ada di kisaran ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah.

Berbagai macam teknologi canggih sudah serta fitur keselamatan dan hiburan tentu akan bisa kita dapat saat membeli mobil keluaran terbaru. Untuk mendapatkan pengalaman yang memuaskan saat menggunakannya, tentu sebagai pemilik kita diharuskan untuk selalu merawatnya.

Pasalnya perawatan mobil yang jarang dilakukan akan memberikan banyak dampak yang bisa mempengaruhi performa, tampilan serta fungsionalitas mobil itu sendiri. Maka dari itu, tidak ada henti-hentinya, otoflik selalu mengingatkan pada kalian untuk terus rutin melakukan perawatan.

Dari begitu banyaknya jenis perawatan mobil yang harus dan selalu diperhatikan. Penggantian oli secara teratur mungkin menjadi bagian yang wajib dilakukan secara berkala. Sebab dampak tidak rutinnya mengganti oli sendiri akan membuat cukup banyak masalah.

Ciri Ciri Klep Mobil Bocor dan Cara Mengatasi

Salah satunya mungkin akan menyebabkan klep mobil bocor. Saat kondisi seperti ini, otomatis performa mobil pun menurun. Maka dari itu, sebagai pengguna mobil yang aktif, kalian wajib tahu bagaimana ciri ciri klep mobil bocor, sehingga bisa mengantisipasinya lebih dini.

Efek Klep Mobil Bocor

Efek Klep Mobil Bocor

Bocornya bagian klep mobil benar-benar akan membuat resah penggunaan mobil. Pasalnya tak hanya satu atau dua masalah yang bisa timbul, klep mobil bocor akan banyak menyebabkan efek gangguan dan masalah.

Nah sebelum kita rangkum ciri ciri klep mobil bocor, berikut adalah efek klep mobil bocor yang wajib pemilik mobil ketahui.

  1. Pastinya performa dan tenaga mobil akan menurun.
  2. Membuat rendahnya daya kompresi mesin.
  3. Menyebabkan oli mobil cepat habis atau boros oli.
  4. Memungkinkan keluarnya asap putih dari knalpot akibat ruang pembakaran terisi oli.
  5. Busi mobil pun akan cepat rusak.
  6. Dan yang lebih menjengkelkan adalah mesin mobil yang akan sulit untuk dihidupkan.
READ  7 Motor Listrik Roda Tiga Terbaik & Termurah 2021

Penyebab Klep Mobil Bocor

Penyebab Klep Mobil Bocor

Dari penjelasan singkat efek atau akibat klep mobil bocor seperti di atas kami sampaikan. Kami yakin semua hal buruk tersebut tidak ingin para pengguna mobil rasakan.

Namun meski perawatan mobil pun sudah sering kita lakukan, tetap saja seiring masa penggunaan, kondisi klep mobil bocor mungkin saja bisa terjadi. Hal tersebut karena ada cukup banyak penyebab yang membuat ciri ciri klep mobil bocor bisa terdeteksi.

Lantas apa saja sih penyebab paling umum dan sering menjadikan klep mobil bocor?

  • Umur dan masa pakai klep mobil itu sendiri dan semakin punya masa pakai lama, kemungkinan klep mobil bocor akan lebih besar.
  • Bocornya klep mobil juga bisa disebabkan karena kerak dan kotoran pada klep tidak sering dibersihkan.

Itulah dua penyebab yang paling sering dan umum membuat klep mobil bocor bisa terjadi. Nah setelah tahu apa saja efek serta penyebab klep mobil bocor, untuk bisa lebih memahami gejala atau tandanya, berikut adalah beberapa ciri-ciri klep mobil bocor.

Ciri Ciri Klep Mobil Bocor

Ciri Ciri Klep Mobil Bocor

Banyak sekali ciri ciri klep mobil yang bisa kita pahami, selain MOBIL MUDAH MOGOK atau borosnya penggunaan bahan bakar. Ternyata masih ada beberapa ciri ciri lain yang bisa kita pahami.

Nah apa saja kiranya ciri ciri klep mobil bocor tersebut? buat flikermania yang penasaran, berikut beberapa di antaranya.

1. Keluarnya Asap Putih dari Knalpot

Ciri pertama yang perlu kalian ketahui adalah keluarnya asap putih dari knalpot mobil pada saat mesin dihidupkan. Kondisi seperti ini bisa dipastikan karena oli mesin ada yang masuk ke ruang bakar melalui celah klep mobil yang bocor.

2. Suhu Mesin Overheat

Selain itu, ciri ciri klep mobil bocor yang berikutnya juga bisa kita perhatikan dari suhu mesin yang lebih cepat meningkat atau bahkan panas suhu mesin tersebut berlebihan atau overheat. Jika hal ini kalian alami, bisa jadi hal tersebut karena klep mobil bocor.

3. Oli Mesin Cepat Habis

Kondisi lain yang memungkinkan kalian bisa mengatakan bahwa adanya kebocoran kompresi pada bagian klep mobil yakni kondisi oli mesin yang cepat habis. Habisnya oli sendiri akibat terbawa masuk ke ruang bakar dan menyebabkan asap putih keluar dari knalpot.

READ  10 Cara Menyetel Klep Mobil Diesel & Bensin Terlengkap 2021

4. Suara Mesin Kasar

Selain tiga hal di atas, ciri ciri klep mobil bocor yang berikutnya juga bisa kita ketahui dari suara mesin. Jika suara mesin terasa kasar, bisa jadi hal tersebut karena adanya kebocoran di bagian klep mobil. Itu karena oli yang berfungsi sebagai pelumas sedikit demi sedikit akan habis ikut terbakar.

5. Bahan Bakar Lebih Boros

Hal lain yang juga bisa kita katakan sebagai ciri ciri klep mobil bocor berikutnya adalah bahan bakar yang digunakan terasa lebih cepat habis. Itu terjadi karena pedal gas akan terus kita tekan karena tenaga yang diperoleh tidak semaksimal saat kondisi klep mobil bagus.

Cara Mengatasi Klep Mobil Bocor

Cara Mengatasi Klep Mobil Bocor

Ketika sudah mengetahui apa saja ciri ciri klep mobil bocor seperti kami sampaikan dan jelaskan di atas. Lantas jika kita mengalami masalah tersebut, apa sih yang harus kita lakukan dan bagaimana cara mengatasi klep mobil bocor?

Untuk mengatasi masalah klep mobil bocor sebenarnya tidak terlalu sulit, namun kami sangat sarankan untuk membawanya ke bengkel dan dikerjakan langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Setidaknya ada dua metode yang bisa gunakan untuk memperbaiknya.

1. Skir Klep

Cara pertama yakni melakukan yang namanya skir klep atau mengikis sedikit demi sedikit dudukan dan klep mobil guna mendapatkan posisi yang tepat. Untuk melakukan skir klep sendiri menggunakan bahan khusus bernama amril.

2. Ganti Klep

Selain dengan metode tersebut, satu satunya cara paling mudah untuk mengatasi klep mobil bocor yakni dengan melakukan penggantian klep tersebut. Dan pastikan penggantian klep dilakukan dan disesuaikan dengan JENIS MOBIL yang dimiliki agar lebih maksimal.

Akhir Kata

Bagaimana sudah paham dan jelas dengan apa saja ciri ciri klep mobil bocor, efek atau gejala serta penyebab dan cara mengatasinya?. Otoflik.com harap dengan adanya informasi di atas, kalian akan lebih bisa mengetahui dan mengantisipasi terjadinya kebocoran kompresi pada bagian klep mobil.

Tags: , ,