5 Ciri Ciri Shockbreaker Motor Rusak & Cara Mengatasi

Ciri Ciri Shockbreaker Motor Rusak – Untuk menunjang rasa nyaman dalam berkendara menggunakan sepeda motor. Setiap pabrikan tentu akan meletakan satu komponen utama berupa shockbreaker atau sokbreker yang akan bertugas untuk meredam kejutan saat motor melewati jalanan tidak rata.

Dengan begitu rasa nyaman dan tentunya aman saat menggunakan motor pun akan bisa di dapat. Namun bagaimana jika kondisi shockbreaker sudah tidak lagi berfungsi dengan baik?. Tentu saja akan ada banyak masalah yang ditimbulkan, termasuk kenyamanan berkendara yang hilang.

Selain itu, keamanan dalam mengendarai motor pun akan sedikit mengalami gangguan. Tentunya hampir semua pengguna motor pun tidak ingin mendapatkan masalah terkait shockbreaker yang rusak. Untuk itulah setidaknya kalian perlu MERAWAT SHOCKBREAKER secara rutin.

Pun begitu selain hanya melakukan perawatan rutin, sebagai pengguna sepeda motor. Kalian juga harus tahu apa saja ciri ciri shockbreaker motor rusak. Tujuannya jika terjadi masalah pada bagian shockbreaker kalian sudah bisa paham dan tahu apa yang harus dilakukan.

Ciri Ciri Shockbreaker Motor Rusak

Selain itu banyak juga ko manfaat bisa kalian dapat ketika tahu apa saja ciri-ciri shockbreaker rusak. Untuk itu, buat kalian yang saat ini punya sepeda motor sebagai sarana transportasi harian. Berikut adalah beberapa ciri ciri bisa dirasakan atau dilihat sebagai tanda shock motor depan atau belakang bocor.

Akibat Shockbreaker Motor Rusak

Akibat Shockbreaker Motor Rusak

Seperti di atas kami singgung, rusaknya shockbreaker motor akan berdampak buruk bagi komponen motor lainya. Bukan hanya itu, mengancam keselamatan berkendara pun menjadi bagian yang perlu kalian waspadai.

Pun begitu, ada beberapa akibat lain jika shockbreaker motor rusak. Apa saja kiranya dampak atau akibat tersebut?

  1. Ban motor cepat rusak.
  2. Ban habis namun tidak merata.
  3. Rantai dan gear cepat aus.
  4. Serta laher yang cepat aus.
READ  10 Komponen Mobil Listrik dari Fungsi, Gambar & Bagian

Ciri Ciri Shockbreaker Motor Rusak

Ada cukup banyak bukan hal-hal buruk yang bisa kalian dapat saat membiarkan shockbreaker motor rusak. Oleh karena itulah, untuk menghindari semua hal di atas, wajib bagi bikers tahu apa saja ciri ciri shockbreaker motor rusak. Jadi simak artikel ini sampai akhir yah.

1. Oli Shockbreaker Bocor

Oli Shockbreaker Bocor

Shockbreaker merupakan salah satu komponen yang juga tidak terlepas dari namanya oli. Meski begitu, oli shockbreaker dan oli mesin merupakan dua hal yang berbeda. Jadi jangan pernah menggunakan oli mesin untuk oli shockbreaker.

Terdapat kaitannya dengan oli, sudah bisa dipastikan bahwa shockbreaker yang bagus tentu akan selalu bisa menahan oli agar tetap berada di dalam. Namun tidak dengan kondisi shockbreaker yang sudah mulai rusak, biasanya oli akan bocor dan membuat sekelilingnya berlumuran oli.

Nah jika itu terjadi pada shockbreaker motor kalian. Maka itu bisa dipastikan merupakan ciri ciri shockbreaker motor rusak. Bocornya oli sendiri biasanya disebabkan karena seal karena penutup pecah sehingga oli bisa keluar.

2. Ban Belakang Goyang

Ban Belakang Goyang

Tanda tanda shockbreaker motor rusak yang berikutnya wajib kalian ketahui yakni, ketika ban belakang motor sudah mulai bergoyang dan tidak stabil saat digunakan berjalan melewati jalanan yang bergelombang. Itu bisa kalian rasakan dengan mudah ketika membawa motor.

Nah umumnya jika kondisi ini terjadi, biasanya karena selain kondisi shockbreaker belakang rusak, juga karena ada efek samping dari rusaknya laher roda. Sehingga posisi AS roda yang seharusnya ada pada sisi tengah akan bergoyang seiring berjalannya motor.

3. Terdengar Suara Hentakan dari Suspensi

Suara Hentakan dari Suspensi

Saat menggunakan motor dan melewati jalanan yang bergelombang atau berlubang kemudian kalian mendengar adanya suara hentakan dari bagian suspensi. Itu berarti merupakan ciri ciri shockbreaker motor sudah mulai tidak beres atau bahkan sudah mulai rusak.

READ  7 Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet & Empuk

Tak hanya terdengar hentakan, rusaknya shockbreaker atau per shock motor pun juga akan terdengar suara gemuruh atau bahasa mudahnya “grudug-grudug”. Terutama di saat melewati jalan tidak rata atau saat melintasi polisi tidur.

4. Kekuatan Pantulan Tidak Normal

Kekuatan Pantulan Tidak Normal

Ciri ciri shockbreaker motor rusak berikutnya yang bisa kalian pahami dan kenali yakni pada saat motor melalui jalan yang tidak rata. Dan saat itu juga suspensi depan atau belakang sudah tidak memberikan pantulan yang sempurna, bisa jadi karena kondisi shock sudah rusak.

Nah kondisi inilah yang bisa menyebabkan terjadinya hal-hal buruk karena kita sebagai pengendara akan kaget dan hilang kontrol. Oleh karena itulah, melakukan perawatan shock secara berkala pun menjadi bagian cukup bagus dan penting untuk selalu diperhatikan.

Cara Mengatasi Shockbreaker Motor Rusak

Cara Mengatasi Shockbreaker Motor Rusak

Setidaknya itulah beberapa ciri atau tanda tanda shock motor depan maupun belakang sudah mulai rusak dan harus segera kalian perbaiki atau ganti dengan shock baru. Namun jika memang masih bisa diperbaiki, sangat kami sarankan untuk kalian perbaiki lebih dulu.

Terutama ketika hanya bagian seal oli saja yang bocor, maka kalian cukup membawanya ke bengkel shockbreaker motor dan mintalah untuk mengganti seal karet untuk membuat oli tidak lagi bocor. Dan jika diperlukan juga lakukan penggantian oli shockbreaker dengan yang baru. Namun tetap harus memperhatikan UKURAN OLI SHOCK MOTOR.

Namun jika memang kondisi shock motor sudah benar-benar tidak bisa di tolerir kerusakannya. Otiflik sangat menyarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Hal itu untuk membuat rasa nyaman dan aman mengendarai motor tetap bisa kalian dapat serta rasakan.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan serta jelaskan untuk permasalahan ciri ciri shockbreaker motor rusak. Semoga dengan adanya informasi tersebut kalian bisa lebih paham dan tahu betul seperti apa penanganan dan juga lebih peka terhadap kondisi shockbreaker motor kalian.

Tags: , , ,