7 Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet & Empuk

Cara Merawat Shockbreaker Motor – Shockbreaker adalah salah satu bagian terpenting didalam sebuah kendaraan baik motor ataupun mobil. Fungsi utama dari komponen ini yakni untuk membantu meredam getaran serta goncangan saat melewati medan jalan.

Peran pentingnya dalam kenyamanan serta keamanan berkendara sangatlah besar. Sayangnya dengan perannya yang begitu penting ini, hampir rata-rata pengguna serta pemilik motor seakan tidak memperdulikan kondisi bagian ini layaknya komponen lain seperti mesin dan juga transmisi.

Mungkin karena hal itulah terkadang banyak sekali pemilik sepeda motor merasakan gangguan serta ketidaknyamanan saat kondisi shockbreaker mulai tidak normal. Secara garis besar, kondisi shockbreaker empuk serta nyaman tentu akan membuat motor terasa empuk serta mudah dikendalikan.

Terutama saat melewati jalanan yang tidak rata. Jika kondisi shockbreaker  motor sudah tak normal, setidaknya kenyamanan dalam berkendara otomatis akan berkurang. Bahkan bisa jadi membuat keamanan berkendara pun lebih besar. Oleh karena itulah merawat shockbreaker motor menjadi hal cukup penting dilakukan.

Cara Merawat Shockbreaker Motor

Akan tetapi hal tersebut jarang dilakukan karena mungkin banyak dari pengguna tidak mengetahui bagaimana cara merawat shockbreaker motor yang baik dan benar. Jika itu masalahnya, maka dibawah ini akan otoflik rangkum beberapa tips cara merawat shockbreaker motor agar kondisinya tetap empuk & nyaman digunakan.

Pentingnya Perawatan Shockbreaker Motor

Pentingnya Perawatan Shockbreaker Motor

Dengan fungsi dan juga peranan cukup besar terhadap kenyamanan berkendara, tentu merawat shockbreaker motor memiliki peran yang cukup penting. Nah beberapa hal terkait dalam pentingnya perawatan shockbreaker motor antara lain:

  1. Memungkinkan umur atau masa pakai shockbreaker jauh lebih lama.
  2. Membuat rasa nyaman serta aman saat berkendara tetap terjaga.
  3. Memungkinkan motor dapat melewati jalanan bergelombang dengan lancar.
  4. Membuat guncangan & getaran tidak terlalu besar dirasakan para pengguna motor.
  5. Membuat kekuatan shockbreaker jauh lebih baik.
READ  √ Jalur Kiprok Mio J, Soul GT, M3, Karbu : Warna & Fungsi

Cara Merawat Shockbreaker Motor

Dari pentingnya perawatan shockbreaker motor seperti di atas kami singgung. Lantas bagaimana sih cara yang baik & benar untuk merawat shockbreaker motor?. Jika kalian memang ingin melakukannya sendiri tanpa ke bengkel, maka berikut ini adalah tips cara merawat shockbreaker motor paling kami rekomendasikan.

1. Jangan Ngebut Dijalan Rusak

Jangan Ngebut Dijalan Rusak

Cara merawat kondisi shockbreaker yang baik dan benar pertama yaitu dengan memperhatikan penggunaan sepeda motor itu sendiri. Usahakan jangan terlalu sering ngebut di jalanan yang kondisinya rusak atau berlubang.

Jika menemukan kondisi jalan yang kami maksud di atas, sebaiknya pelankan laju motor. Sehingga kalian bisa memilih jalan yang memang bisa dilalui tanpa harus membuat suspensi bekerja dengan lebih keras serta seakan dipaksa.

2. Lakukan Penggantian Oli Shockbreaker

Lakukan Penggantian Oli Shockbreaker

Ketika rasa nyaman dan ayunan shockbreaker motor bagian depan sudah tidak nyaman. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena oli shockbreaker sudah mulai kotor atau bahkan habis. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya lakukan penggantian oli shockbreaker 2-3 tahun sekali secara rutin.

Selain memperhatikan kualitas OLI SHOCKBREAKER yang bagus. Saat melakukan penggantian, kalian juga harus memperhatikan UKURAN OLI SHOCKBREAKER. Pastikan menggunakan takaran standar dari pabrikan karena setiap tipe serta jenis motor punya perbedaan masing-masing.

3. Rutin Membersihkan Shockbreaker

Rutin Membersihkan Shockbreaker

Selanjutnya hal yang juga patut dan perlu dilakukan ketika ingin membuat shockbreaker motor tetap awet & nyaman digunakan. Maka kalian perlu membersihkan kondisi shockbreaker ini secara rutin. Terlebih ketika kalian melewati jalanan berlumpur.

Membuang kotoran menempel pada bagian shockbreaker motor setidaknya akan membuat kalian meminimalisir keausan seal (karet) pada bagian shock serta piston. Selain itu, debu atau bekas lumpur hujan yang terus menempel pun akan mengancam bagian komponen suspensi lainnya.

4. Jangan Terlalu Sering Membawa Beban Berat

Jangan Terlalu Sering Membawa Beban Berat

Merawat shockbreaker motor memang mudah dilakukan layaknya MERAWAT MOTOR KOPLING yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Selain dengan melakukan beberapa hal di atas, kalian juga perlu memperhatikan beban angkut sebuah motor.

READ  Harga Shockbreaker Motor Depan Belakang Terbaru 2021

Pastikan jangan membebani motor dengan muatan melebihi saran dari pabrikan. Jika tidak maka suspensi pun akan bekerja lebih keras dan efeknya akan membuat kondisi shockbreaker lebih cepat rusak dan aus.

5. Hindari Pemakaian Anting Peninggi

Hindari Pemakaian Anting Peninggi

Melakukan modifikasi motor boleh-boleh saja dilakukan. Namun kami sangat menyarankan agar saat memodifikasi bagian shockbreaker jangan tambah anting peninggi.

Sebab dengan adanya tambahan anting tersebut, otomatis kinerja suspensi tidak akan bekerja dengan maksimal. Akibatnya rasa nyaman berkendara dengan tambahan anting shock tentu akan membuat berkurang.

6. Selalu Perhatikan Tabung Silinder Depan (Stanchion)

Selalu Perhatikan Tabung Silinder Depan Stanchion

Memperhatikan tabung silinder shockbreaker pun sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. Sebab bagian terluar ini merupakan bagian paling sering berinteraksi dengan kondisi lingkungan sekitar. Jika kotor, segera bersihkan.

Karena bila tetap kalian biarkan, biasanya akan membuat korosi dan menyebabkan kondisi tabung silinder kusam. Untuk membersihkan tabung silinder, sebaiknya gunakan sikat serta sabun dan air bersih. Setelah selesai, sebaiknya langsung keringkan menggunakan lap bersih.

7. Hindari Jalanan Tidak Rata

Hindari Jalanan Tidak Rata

Selain jalanan rusak, cara merawat shockbreaker motor agar tetap awet dan nyaman saat digunakan yakni dengan menghindari kondisi jalan yang juga tidak rata atau bergelombang. Hal ini perlu dilakukan agar kerja shockbreaker tidak terlalu berat.

Dengan begitu motor pun akan lebih nyaman dipakai dan digunakan tanpa adanya getaran dan goncangan tinggi. Namun jika memang jalan yang ada tidak rata dan harus kalian lewati, sebaiknya jangan terlalu ngebut atau sebisa mungkin pelankan kondisi laju kendaraan.

Akhir Kata

Itu beberapa tips cara merawat shockbreaker motor agar fungsi dan kegunaannya tetap maksimal dan membuat rasa nyaman serta aman berkendara tetap enak. Setidaknya lakukanlah beberapa tips perawatan yang sudah otoflik sampaikan di atas secara rutin agar kondisi shockbreaker tetap baik.

Tags: , ,