7 Penyebab Kopling Motor Selip : Ciri-Ciri & Cara Mengatasi

Penyebab Kopling Motor Selip – Gempuran sepeda motor matic atau skuter belakangan ini terus mengalami peningkatan. Satu demi satu pabrikan terus menghadirkan produk terbaru dan terbaik mereka untuk mengisi pasar motor matic.

Namun hal tersebut tak menyurutkan niat dan minat para pecinta motor transmisi manual baik bebek maupun sepeda motor jenis kopling. Tentunya ada begitu banyak alasan yang bisa menjadikan motor transmisi manual tetap menjadi pilihan.

Terlepas dari sisi desain serta kemudahan proses pengoperasian dan juga perawatan yang tak terlalu berat. Tidak bisa kita pungkiri masalah pada motor dengan jenis transmisi manual pun tetap akan bisa kita dapati, tak terkecuali saat kopling motor selip.

Saat situasi kopling motor selip, sudah bisa dipastikan akan banyak masalah yang timbul. Tak terkecuali motor tidak bisa dihidupkan atau bahkan putaran mesin sangat lemah. Nah, kondisi kopling motor selip sendiri ada begitu banyak faktor penyebabnya.

Penyebab Kopling Motor Selip dan Cara Mengatasinya

Sebagai pemilik serta pengguna tipe motor transmisi manual, baik itu MOTOR BEBEK, motor sport ataupun jenis motor kopling lainnya. Setidaknya kalian harus tahu beberapa penyebab kopling motor selip, ciri-ciri dan juga solusi atau cara mengatasi kopling motor selip.

Apa Itu Selip Kopling Pada Motor?

Apa Itu Selip Kopling Pada Motor

Apa sih yang dimaksud selip pada kopling motor?. Meski sudah begitu sering kita dengar, tetapi tidak sedikit pengguna yang tahu arti dan maksud kopling motor selip. Jadi tidak ada salahnya jika otoflik menjelaskan lebih dulu apa yang dimaksud selip pada kopling motor.

Selip kopling pada motor sendiri merupakan kondisi dimana putaran mesin tidak bisa serta tak mampu diteruskan ke transmisi meski kondisi kopling sudah terlepas.

Situasi ini terutama dapat benar-benar dirasakan oleh pengendara saat meningkatkan putaran throttle gas, namun tenaga motor tetap stabil atau bahkan justru mengeluarkan suara gerungan.

Ciri-Ciri Kopling Motor Selip

Ciri Ciri Kopling Motor Selip

Setelah mengetahui apa itu kopling motor selip. Lantas apa sih penyebab kopling motor selip dan juga seperti apa ciri-ciri kopling motor selip?. Buat flikermania yang penasaran dengan ciri-cirinya, berikut beberapa hal bisa kalian pahami.

  1. Akselerasi atau performa motor melemah atau kurang tenaga saat dijalankan.
  2. Kemudian kick starter juga terasa begitu los atau los ketika kalian ingin menghidupkan mesin menggunakan metode ini.
  3. Selanjutnya motor juga sedikit terasa tertahan saat berjalan.
  4. Mesin sedikit lebih cepat panas.
  5. Boros pemakaian bahan bakar dan tak normal.
  6. Dan ciri-ciri kopling motor selip yang berikutnya yakni mesin akan mengeluarkan gerungan / raungan saat ada di putaran tinggi meski kopling sudah kalian lepas.
READ  18 Wiper Mobil Terbaik Berkualitas dan Harga Murah 2021

Penyebab Kopling Motor Selip

Ketika salah satu kondisi di atas kalian alami atau rasakan. Sudah bisa dipastikan bisa menjadi ciri kondisi kopling motor selip. Dari penjelasan di atas, lantas apa sih penyebab kopling motor selip dan bagaimana cara mengatasinya?.

1. Karet Dumper Rumah Kopling Aus

Karet Dumper Rumah Kopling Aus

Karet dumper pada rumah kopling merupakan salah satu KOMPONEN KOPLING MOTOR yang punya peran penting untuk meredam getaran serta hentakan. Namun karet ini juga bisa saja usang dan aus jika masa pakai sudah begitu lama. Kondisi ausnya karet dumper ini menjadi penyebab utama kopling motor selip.

Kenapa bisa menjadi penyebab kopling motor selip? karena saat kondisi karet dumper aus, biasanya akan menjadi penyebab utama rumah kopling akan bermasalah. Jika rumah kopling tetap dibiarkan, sudah bisa dipastikan kopling pun akan selip atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

2. Pemakaian Oli Mesin Tidak Sesuai

Pemakaian Oli Mesin Tidak Sesuai

Tidak jangan para pemilik motor bebek atau motor kopling lebih memilih untuk menggunakan jenis oli racing dengan tujuan pelumasan pada sisi transmisi lebih maksimal. Nyatanya, jika dipakai pada jenis motor bebek hal ini sangat tidak direkomendasikan karena karakteristiknya berbeda.

Oli racing umumnya lebih encer dan digunakan pada jenis motor bebek justru akan membuat mesin sulit mendapatkan akselerasi yang maksimal. Bahkan terkadang juga menjadi salah satu penyebab kopling motor selip saat dijalankan.

3. Kampas Kopling Aus / Habis

Kampas Kopling Aus

Sudah bisa bisa kita pungkiri, kampas kopling semakin hari akan semakin berkurang kemampuannya. Hal tersebut justru akan lebih cepat jika pemakaian motor begitu sering. CIRI CIRI KAMPAS KOPLING AUS sendiri biasanya dibarengi dengan berbagai macam masalah.

Jika kondisi seperti ini tetap kalian biarkan, sudah bisa dipastikan selip pun akan terjadi pada kopling motor. Penyebab utamanya karena gigitan atau cengkraman kampas kopling tidak begitu kuat dan bahkan akan lepas meski kalian tarik sekuat mungkin.

READ  5 Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Terlengkap 2021

4. Per Kopling Aus

Per Kopling Aus

Selain kondisi kampas kopling aus, penyebab kopling motor selip lainnya juga terjadi karena per kopling juga aus. Kondisi ini biasanya dikarenakan masa pakai yang sudah terlalu lama dan kurangnya pemeriksaan/perawatan.

Saat kondisi per kopling aus, daya pegas yang seharusnya kuat sudah tak lagi sempurna. Otomatis akan membuat kekuatan pegas tersebut berkurang. Nah kondisi inilah yang membuat kinerja kopling tidak akan sempurna atau bahkan KOPLING MOTOR TIDAK BERFUNGSI sama sekali.

5. Kondisi Oli Mesin Sudah Kotor

Kondisi Oli Mesin Sudah Kotor

Penyebab kopling motor selip berikutnya biasanya bisa dikarenakan kondisi oli mesin kotor karena terlalu lama tidak diganti. Kondisi oli kotor membuat tidak hanya kopling bermasalah. Tetapi juga hampir sebagian besar komponen mesin motor yang terkena.

Saat kondisi oli motor sudah mulai kotor dan tetap kalian biarkan, hal ini akan membuat pelumasan pada bagian kopling tidak akan berjalan lancar. Saat itulah kopling motor tidak bisa menjalankan kinerjanya dengan maksimal sehingga terjadilah selip.

Cara Mengatasi Kopling Motor Selip

Cara Mengatasi Kopling Motor Selip

Dari penjelasan beberapa penyebab-penyebab  kampas kopling selip di atas. Tentunya penyelesaiannya pun tak akan sama. oleh karena itu, selain membahas penyebab kampas kopling selip. Dibawah ini ada beberapa tips cara mengatasi kopling motor selip yang bisa kalian ikuti.

  1. Jika kondisi kopling motor selip di karenakan karet dumper aus segera ganti karet tersebut dengan karet dumper baru.
  2. Selalu pastikan menggunakan oli mesin yang cocok serta direkomendasikan oleh pabrikan. Terutama terkait viskositas atau kekentalannya.
  3. Jika penyebab utamanya dikarenakan kampas kopling aus dan per kopling juga aus. Maka sebaiknya segera ganti dengan kampas kopling & per kopling tersebut.
  4. Biasanya selalu sering mengganti oli motor sesuai ketentuan yang berlaku untuk tipe motor kalian.

Akhir Kata

Itulah kiranya penjelasan singkat terkait penyebab kopling motor selip yang dapat otoflik.com rangkum pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya penjelasan penyebab dan cara mengatasi kopling motor selip di atas, kalian tak lagi akan mengalami masalah serupa.

Tags: , , ,