7 Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis & Tips Merawatnya

Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis – Memiliki motor kopling mungkin membutuhkan penangan khusus dalam perawatannya. Karena pada motor kopling memiliki perbedaan dengan perawatan-perawatan motor bebek maupun motor metic.

Salah satu hal yang harus mendapat penanganan khusus itu sendiri yaitu pada komponen koplingnya tersebut. Hal itu agar nantinya motor tetap memiliki daam kondisi prima saat digunakan berkendara keseharian maupun dibawa jarak jauh.

Kopling sendiri sangat penting di setiap motor, dimana kopling dalam motor sendiri memiliki fungsi sebagai pemutus serta penyalur tenaga hasil putaran ke bagian transmisi. Dengan begitu komponen kopling seperti kabel dan terutama kampas kopling sangat harus diperhatikan sekali kondisinya.

Munculnya masalah pada kopling sendiri cukup banyak faktor, pada umumnua bermula dari kampas kopling yang sudah mulai habis. Dengan begitu ketahui ciri ciri kampas kopling motor habis agar bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan-kerusakan lain yang bisa timbul pada komponen motor.

Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis Dan Tips Merawatnya

Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Ciri ciri kampas kopling mulai terasa habis juga dapat dengan mudah untuk dirasakan oleh si pengendara saat kendaraannya dibawa bepergian dari mulai mesin yang tidak seperti biasanya dan beberapa komponen lainnya yang bermasalah. Berikut beberapa ciri kampas kopling sudah mulai aus.

Ciri Kampas Kopling Motor Habis (Aus)

Seperti sudah disampaikan diawal ciri dari kampas kopling yang mau habis cukup banyak. Maka dari itu mengetahui ciri ciri kampas kopling motor habis sangatlah penting sekali agar dalam berkendara masalah tidak diinginkan tidak datang.

1. Motor Terasa Selip Kopling

Motor Terasa Selip Kopling

Ciri pertama dapat dirasakan saat kampas kopling motor mulai habis atau aus yaitu terjadinya selip pada kopling. Mungkin ciri ini bisa menjadi salah satu pengenal utama saat kampas kopling tersebut sudah minta untuk diganti.

Pada umum masalah selip kopling juga akan menjadikan saat perpindahan transmisi akan terasa sedikit sulit. Biasanya terjadi saat anda akan memindahkan transmisi ke posisi netral ketika motor berhenti.

READ  Harga Kampas Kopling Satria FU Termurah dan Terbaru 2020

2. Akselerasi Mesin Melemah

Akselerasi Mesin Melemah

Akselerasi menurun maupun melemah menjadi ciri berikutnya saat kampas kopling motor anda mengalami aus atau menandakan akan segera habis. Tenaga motor akan jauh terasa tidak bertenaga saat berada di putaran mesin awal.

Sebagai contoh misalnya untuk mencapai kecepatan 100km/jam saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 detik. Sedangkan jika kampas kopling motor habis bisa membutuhkan waktu sampai 15 detik.

3. Mesin Kasar Saat Kecepatan Tinggi

Mesin Kasar Saat Kecepatan Tinggi

Jika sudah merasakan kedua ciri ciri diatas dan motor saat digunakan untuk berakselerasi tinggi maka mesin akan terasa sangat kasar. Hal tersebut akibat kampas kopling sudah benar-benar habis dan hanya menyisakan platnya saja.

Jika tidak segera diganti kampas kopling tersebut cukup membahayakan untuk komponen lain yang berpotensi menjadi rusak. Biasanya kerusakan akan terjadi pada fly wheel dan akibat bergesekan langsung dengan plat kampas kopling tadi.

4. Mesin Terasa Cepat Panas

Mesin Terasa Cepat Panas

Tidak bisa dipungkiri jika kampas kopling motor sudah mulai habis mesin akan terasa cepat mudah panas. Ciri ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna sepada motor yang sudah lama bergelut di dunia otomotif.

Biasanya dalam kondisi normal kampas kopling hanya akan bergesekan saat tuas kopling dilepas secara perlahan hingga di lepas full. Setelah tuas kopling dilepas full, maka gesekan tadi tadi seharusnya tidak ada.

5. Perpindahan Gigi Terasa Sulit

Perpindahan Gigi Terasa Sulit

Kampas kopling motor habis juga akan membuat perpindahan perseneling saat penambahan gigi akan terasa sedikit sulit. Biasanya ketika sudah menekan tuas perseneling sampai mentok tetap saja akan sedikit sulit dari pada saat kampas kopling tersebut belum habis.

Untuk menyiasati masalah seperti kampas kopling yang mengakibatkan perpindahan gigi terasa sulit. Anda bisa main di gas seperti saat menekan perseneling dalam menambah atau mengurangi gigi, tuas gas agak sedikit di kocok.

6. Putaran Mesin Tinggi

Putaran Mesin Tinggi

Putaran mesin tinggi pada motor juga menjadi salah satu ciri jika kampas kopling sudah mulai habis atau menipis. Untuk mencapai kecepatan tertentu dibutuhkan putaran mesin yang tinggi, sebagai contoh ketika kampas kopling belum habis kecepatan 40km/jam dapat 5.000rpm.

Sedangkan jika kampas kopling motor habis maka bisa membutuhkan putaran di rpm 7.000 dalam kecepatan 40km/jam. Saat mengalami ciri atau motor anda sudah merasakan kejala seperti itu maka harus segera ganti kampas kopling agar kondisi mesin seperti semula.

READ  7 Cara Mengurus Kehilangan Motor : Biaya dan Contoh Surat

7. Tarikan Awal Motor Tidak Responsif

Tarikan Awal Motor Tidak Responsif

Selain beberapa ciri ciri diatas, ciri terakhir kampas kopling kendaraan sudah mulai habis maupun aus yaitu terjadinya tarikan awal tidak responsif. Biasanya akan terasa berat maupun telat saat anda mulai menarik tuas dan selang beberapa detik motor baru mau bergerak maju.

Tips Perawatan Berkala Kampas Kopling Motor

Tips Perawatan Berkala Kampas Kopling Motor

Jika sudah mengetahui ciri ciri kampas kopling mulai habis maka anda hanya perlu melakukan perawatan berkala agar kondisi motor tetap terasa nyaman saat digunakan untuk berkendara. Dengan begitu antisipasi penyebab kopling motor tidak mau berfungsi saat kampas habis dengan beberapa beberapa tips perawatan tersebut.

1. Ganti Oli Secara Rutin

Memang ganti oli menjadi salah satu keharusan yang wajib dilakukan oleh para pengendara motor agar kendaraannya tetap dalam kondisi prima. Ini juga menjadi salah satu tips agar kondisi kampas kopling motor aman saat digunakan perjalan jauh.

2. Cek Kampas Kopling

Cek kampas kopling memang wajib dilakukan saat anda sudah merasakan beberapa ciri ciri diatas. Sehingga agar lebih berhati-hati atau mengantisipasi kerusakan pada komponen lainnya jika kampas kopling tersebut sudah benar-benar habis.

3. Rajin Cek Kabel Kopling

Agar dalam berkendara tetap dalam kondisi aman dan nyaman, jangan lupa juga untuk selalu rajin cek kabel kopling. Jika sudah merasa berumur atau memiliki usia pemakaian lama, coba untuk mengganti kabel dengan yang baru. Itu juga untuk mengantisipasi kampas kopling putus saat berkendara.

4. Perhatikan Penggunaan Bahan Bakar

Memilih bahan bakar sembarangan juga tidak baik untuk motor kopling, karena ada beberapa tipe motor kopling yang memang mengharuskan memiliki bahan bakar khusus. Jika sampai pemilihan bahan bakar tidak tepat nantinya bisa membuat mesin motor cepat panas.

5. Jangan Malas Ganti Gigi Saat Berkendara

Anda malas mengoper gigi ke posisi rendah saat motor berhenti? Hal tersebut sebaiknya lebih untuk mengantisipasinya. Karena dengan menggunakan gigi tinggi pada tarikan awal nantinya akan membuat energi atau tarikan awal cukup besar.

Demikianlah informasi mengenai ciri ciri kampas kopling motor habis yang bisa otofilik.com sampaikan. Jika sudah mengalami masalah seperti itu pada motor anda alangkah baiknya melakukan perawatan berkala secara rutin untuk digunakan secara aman.

Tags: , , ,