√ Kopling Mobil Keras ? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

Kopling Mobil Keras – Meski dalam penggunananya membutuhkan konsenstrasi yang cukup tinggi karena tangan, kaki dan juga pikiran harus tetap fokus. Tetapi mobil dengan sistem transmisi manual masih menjadi pilihan banyak orang.

Alasan utamanya tentu karena harga mobil dengan sistem transmisi manual lebih terjangkau dibandingkan mobil yang punya sistem transmisi otomatis. Meski sama-sama memberikan kenyamanan bagi para pemilik, namun keduanya punya perbedaan mendasar.

Jika pada mobil dengan transmisi otomatis kalian tidak perlu mengatur naik turunnya gigi. Pada mobil transmisi manual kalian harus mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Nah untuk membuat perpindahan gigi tersebut terasa halus, produsen mobil memberi komponen kopling.

Fungsinya untuk dapat memutus putaran mesin ke transmisi agar kalian bisa menaik turunkan gigi transmisi dengan halus. Oleh karena itu kondisi kopling pada mobil transmisi manual tentu begitu penting, tidak heran jika perawatannya pun harus di lakukan secara rutin.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras atau Berat

Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras

Jika tidak dilakukan secara berkala biasanya akan membuat kopling mobil keras dan terasa berat ketika di injak. Apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka penggunaan mobil pun akan cukup silit. Nah sesuai judul, disini otoflik akan menjelaskan apa penyebab dan cara mengatasi kompling mobil terasa keras.

Penyebab Kopling Mobil Keras

Penyebab Kopling Mobil Keras dan Berat

Tidak berbeda jauh dengan masalah rem mobil keras saat diinjak, kopling mobil juga bisa saja terasa keras dengan berbagai macam penyebab. Dan kerasanya kopling sendiri bisa dirasakan para pengemudi saat menekan pedal kopling. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab kampas kopling mobil keras saat diinjak.

  • Kabel kopling kering
  • Kondisi kampas kopling yang sudah menipis
  • Daya tekan cover clutch menurun
  • Ausnya komponen release bearing
  • Bisa juga disebabkan karena kebiasaan buruk para pengemudi
READ  27 Mobil Terbaru 2018 Mesin Terbaik dan Desain Sporty

Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras

Untuk mengatasi masalah diatas pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena masalah seperti ini memang sudah bukan lagi masalah baru dalam teknik mobil. Jika sekarang ini mobil kalian sedang mengalaminya, berikut adalah beberapa solusi cara mengatasi kopling mobil keras.

1. Lumasi Kabel Kopling

Lumasi Kabel Kopling

Keringnya kabel kopling atau hilangnya peluas yang ada pada bagian dalam kabel kopling memang seringkali menjadi masalah kerasnya pedal kopling saat di injak. Bahkan hal ini bisa dibilang sudah menjadi hal yang wajar dan biasa terjadi pada kendaraan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kalian selalu rutin melumasi kabel kopling dengan oli atau fet atau pelumas khusus. Bila sudah diberi pelumas sebaiknya lakukan penyetelan kabel kopling agar tingkat fleksibilitasnya bisa kembali dan tentunya membuat kopling tak lagi terasa keras.

2. Cek Bagian Cover Clutch

Cek Bagian Cover Clutch

Bukan hanya memberi pelumas pada bagian kabel kopling, untuk mengatasi kopling mobil keras juga bisa kalian lakukan dengan mengecek kondisi dari cover clutch. Pastikan bahwa kondisi cover clutch tak aus.

Ketika dicek ternyata kondisinya aus, maka kalian harus segera menggantinya. Jika tidak maka daya tekan yang dihasilkan tidak akan kuat. Ini berakibat pressure plat tidak akan dapat menjalankan tugasnya secara normal. Untuk menggantinya kami sarankan segera bawa ke bengkel.

3.  Ganti Release Bearing Bila Aus

Ganti Release Bearing Bila Aus

Apabila dipastikan kerasnya kopling mobil disebabkan karena kondisi release bearing aus. Mau tidak mau sebagai pemilik mobil kita harus  segera menggantinya dengan yang baru.

Bila tidak segera diganti, bisa jadi akan membuat tekanan pegas diafragma akan lemah dan membuatnya mengeras. Alhasil ketika kalian menginjak pedal kopling maka akan terasa keras atau berat.

READ  √ Sistem Kemudi Mobil : Jenis, Fungsi dan Komponen 2021

4. Ganti Kampas Kopling

Ganti Kampas Kopling

Kondisi kerasnya kopling mobil ketika di injak juga bisa disebabkan karena kampas kopling sudah mulai menipis. Tak hanya akan membuat injakan pedal terasa berat, tetapi juga menjadikan penggunaan mobil tidak akan terasa nyaman.

Bahkan bisa menjadi pemicu kecelakaan akibat kopling yang tidak bekerja dengan baik. Jika ini menjadi penyebab utamanya, otoflik sarankan segera ganti kampas kopling tips tersebut dengan kampas kopling mobil yang baru.

5. Hindari Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi

Hindari Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi

Untuk tetap bisa menjaga kondisi kopling mobil agar tidak berat atau keras saat di injak. Usahakan selalu mengemudi dengan cara yang baik. Dimana dari banyak kasus yang ada, kerasnya kopling mobil ketika di injak lantaran adanya kebiasaan buruk saat mengemudi.

Kebiasaan tersebut yaitu selalu menginjak pedal kopling meskipun mobil sudah berjalan. Jadi untuk mengantisipasi masalah ini terjadi, hindari kaki menginjak kopling pada saat mobil berjalan atau saat tidak akan memasukan gigi transmisi.

Tips Menjaga Kondisi Kopling Mobil

Tips Menjaga Kondisi Kopling Mobil

Nah itu dia beberapa penyebab serta tips mengatasi masalah kopling mobil keras atau berat saat di injak yang bisa otoflik.com sampaikan. Tentu kalian tidak ingin mengalaminya bukan? Jika begitu ada baiknya lakukan beberapa tips menjaga kondisi kopling mobil tetap dalam performa terbaiknya.

  1. Selalu rawat mobil dengan baik dan benar, kalian bisa melakukannya dengan cara mencuci dan membersihkan bagian kolong mobil dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel atau mengendap.
  2. Rutin memberi pelumas pada kabel kopling, setidaknya ketika melakukan service.
  3. Stel secara teratur pedal kopling.
  4. Kendarai mobil dengan benar.

Dari beberapa tips diatas, memang terkesan sangat simple dan mudah. Tetapi pada kenyataanya masih banyak pemilik yang mengabaikan masalah tersebut. Jadi agar kondisi kopling mobil tetap dalam keaadaan prima dan tidak keras saat diinjak, silahkan lakukan beberapa tips diatas.

Tags: , , ,