Apa Itu Laher Motor ? Bagaimana Memperbaiki Laher Motor Rusak

Laher motor adalah komponen penghubung yang menghubungkan antara komponen tromol dengan as roda. Sehingga dengan adanya laher ini roda bisa berputar secara bebas. Laher juga dinamakan sebagai bearing yang berfungsi untuk meredam kejutan pada roda yang biasanya terjadi ketika motor melewati jalan yang rusak. Mengenal komponen-komponen motor memang wajib untuk diketahui oleh setiap orang yang hobi melakukan modifikasi motor ataupun ingin menjadi montir motor. Dengan mengenal komponen motor seperti laher ini, maka flikermania bisa lebih tahu cara membuat motor lebih nyaman dan aman untuk dikendarai.

Umumnya bagian kaki-kaki di sepeda motor sering mengalami kerusakan ketimbang bagian motor lainnya. Kerusakan pada bagian ini akan membuat motor tidak nyaman dan tidak aman untuk dikendarai. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengecek bagian kaki-kaki motor sebelum berpergian jauh. Salah satu bagian kaki-kaki motor yang wajib untuk di cek adalah laher motor. Untuk lebih jelasnya mengenai laher pada motor dari apa itu laher, ciri-ciri dan cara memperbaiki laher motor rusak. Maka flikermania bisa membaca informasinya dibawah ini.

Apa Itu Laher Motor dan Fungsinya

Apa Itu Laher Motor dan Fungsinya

Apa Itu Laher Motor dan Fungsinya

Selain komponen motor seperti Rem ABS yang wajib untuk diketahui. Komponen laher motor atau bearing roda ini juga wajib untuk flikermania ketahui fungsinya. Laher pada motor merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi menjaga poros roda agar tidak langsung bergesekan dengan rumah as yang ada di velg motor. Sehingga dengan adanya bearing roda tersebut maka perputaran roda akan lebih aman dari gesekan serta lebih stabil.

READ  Power Steering Apa Itu ? dan Bagaimana Cara Kerjanya

Dibagian laher pada motor terdapat beberapa bagian diantaranya lingkaran besi yang ada dibagian luar, lalu bola bola besi atau yang dikenal dengan gotri, dan terakhir lingkaran besi yang ada di dalam poros laher. Sekarang flikermania sudah tahu fungsi laher motor. Tinggal flikermania tahu ciri-ciri laher atau bearing motor yang rusak dibawah ini.

Ciri Ciri Laher Motor Rusak

Ciri Ciri Laher Motor Rusak

Ciri Ciri Laher Motor Rusak

Ciri ciri laher motor rusak biasanya dikarenakan motor sering dipakai di jalanan yang rusak, lalu perawatan bagian ini juga sering diabaikan. Ada juga karena faktor usia kendaraan yang sudah lama. Untuk tanda atau ciri ciri laher motor rusak bisa flikermania kenali dengan mudah dibawah ini.

1. Terdengar Suara Kasar

Suara kasar yang muncul pada bagian laher roda depan merupakan salah satu ciri laher rusak. Suara kasar yang gemelutuk akan muncul saat motor melewati jalan yang rusak. Kalau laju motor lebih cepat, maka suara kasar tersebut akan lebih terdengar jelas.

2. Bagian Kemudi Bergetar

Kalau laher rusak, maka kemudi motor akan terasa bergetar. Dalam kondisi seperti ini, maka kami sarankan untuk flikermania segera melakukan service laher motor. Pasalnya tidak aman menggunakan motor yang sudah mengalami kerusakan laher yang sangat parah.

3. Bagian Roda Depan Terasa Bergoyang

Jika flikermania merasakan roda depan motornya bergoyang, maka ada kemungkinan laher motornya rusak. Kondisi ini akan membuat pengendara tidak nyaman serta aman karena motor akan lebih tidak stabil ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

4. Clearance Bola Baja dan Race Ball Sangat Tinggi

Clearance atau yang dikenal juga sebagai jarak bersih antara bola baja dengan race ball sangat tinggi merupakan ciri ciri laher pada motor yang rusak. Biasanya ciri-ciri ini muncul pada motor yang usinya sudah lama atau tua. Serta terjadi karena pemakaian yang sudah cukup sering.

READ  Apa Itu Rem ABS ? Bagaimana Cara Kerja Rem ABS

Cara Memperbaiki Laher Motor Rusak

Cara Memperbaiki Laher Motor Rusak

Cara Memperbaiki Laher Motor Rusak

Karena bagian ini sangat penting dan cukup sulit untuk diperbaiki oleh orang yang belum paham soal motor. Maka kami merekomendasikan kepada flikermania untuk memperbaiki laher motor rusak ke tempat service motor. Cara memperbaiki bearing motor ini lebih dianjurkan ketimbang flikermania coba memperbaikinya sendiri. Pasalnya jika salah dalam menangani bagian bearing motor akan sangat menbahayakan jiwa raga. Untuk biaya perbaikan motor pada komponen ini tidaklah mahal, sehingga lebih baik mengeluarkan sedikit uang untuk service laher.