Speedometer Motor Mati dan Goyang ? Begini Cara Memperbaikinya

Speedometer Motor – Speedometer adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah motor maupun mobil. Dimana speedometer ini memiliki fungsi untuk mengetahui informasi kecepatan kendaraan agar kita dapat mengontrol kecepatan yang sudah dibatasi. Kemudian kita juga dapat mengetahui berapa bahan bakar yang ada dan mengetahui beberapa hal lainnya seperti lampu dan juga lampu sein. Jika speedometer motor mati tentunya kita tidak akan bisa mengetahui dan mengontrol laju kendaraan, dan beberapa lampu-lampu indikator lainnya bukan?

Maka dari itu kita harus dapat menjaga motor kita dari kerusakan-kerusakan yang penting, seperti kerusakan speedometer motor. Tanda kerusakan pada speedometer dapat kita lihat dari, jarum yang berhenti atau naik turun ketika motor sedang melaju dan juga lampu-lampu indikator yang ada pada speedometer motor tersebut mati atau hanya berkedip. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa ada 3 jenis speedometer yang ada pada motor, yakni :

Speedometer yang satu ini memiliki cara kerja yang menggunakan roda bagian depan sebagai acuan untuk mengetahui berapa kecepatan kendaraan yang kalian naiki. Dimana proses kerjanya adalah dengan menghubungkan perangkat speedometer dan sumbu roda menggunakan kabel khusus, pada saat roba berputar maka ujung kabel tersebut akan bekerja sehingga dapat menggerakan jarum yang ada pada speedometer motor.

  • Speedometer Elektronik

Jenis speedometer yang satu ini bekerja dengan menggunakan sensor yang biasa diletakan pada poros penggerak pada sebuah kendaraan. Sensor tersebut akan mendeteksi berapa jumlah putaran poros dan kemudian akan diteruskan ke speedometer dengan melalui perangkat pembaca sensor yang nantinya dapat dilihat oleh si pengendara, biasanya dalam wujud analog atau digital.

  • Speedometer GPS

Dan yang terakhir adalah speedometer motor dengan sistem GPS. Speedometer yang satu ini merupakan jenis yang paling canggih karena dilengkapi dengan sistem GPS. Dengan menggunakan perubahan koordinat kendaraan ketika melaju lalu diolah sehingga menghasilkan kecepatan kendaraan, data koordinat ini didapatkan dari satelit. Keuntungan menggunakan speedometer ini yakni dapat mengurangi jumlah kabel yang digunakan, sehingga kendaraan menjadi lebih rapi tanpa adanya berbagai macam rangkaian kabel.

READ  Cara Mengganti Ban Mobil Yang Mudah, Aman dan Benar

Cara Memperbaiki Speedometer Motor Mati dan Goyang

Speedometer Motor Mati dan Goyang, Begini Cara Memperbaikinya

Speedometer Motor Mati dan Goyang, Begini Cara Memperbaikinya

Itulah beberapa jenis speedometer yang wajib kita ketahui. Dan untuk soal speedomoter motor yang mati, pastinya kita harus lebih dulu mengetahui apa penyebabnya sebelum kita memperbaikinya. Nah hal inilah yang perlu kita perhatikan, ada beberapa penyebab mengapa speedometer motor mati, seperti apa penyebabnya langsung saja kita simak berikut ini.

Penyebab Speedometer Motor Mati dan Goyang dan Cara Memperbaikinya

1. Kabel Speedometer

Kabel Speedometer

Kabel Speedometer

Yang pertama perlu kita ketahui penyebabnya adalah pada kabel speedometer. Disini kita harus mengecek apakah kabel speedometer tersebut masih berfungsi dengan baik, atau mungkin mengalami kerusakan seperti putus.

  • Cek kabel speedometer, biasanya yang terhubung dari speedometer ke bagian gearbox speedometer pada sumbu roda yang ada pada bagian depan. Cari tahu apakah kabel tersebut putus atau mungkin sudah rusak yang biasanya disebabkan karena kabel sering tertekuk atau tertarik.
  • Kabel berkarat juga dapat menjadi penyebab utama mengapa speedometer motor tersebut mati atau goyang. Disini kalian dapat melepaskan kabel dari gearbox pada sumbu ban kemudian tarik kabel sedikit dan hati-hati. Jika pada saat ditarik kabel tersendat dan terdapat karat, hal ini kemungkinan disebabkan karena ada air yang rembes ke dalam atau mungkin bisa jadi usia kabel yang sudah harus segera diganti yang baru. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab kenapa speedometer motor menjadi mati.

2. Gearbox Speedometer

Gearbox Speedometer

Gearbox Speedometer

Dan penyebab yang kedua biasanya pada Gearbox Speedometer. Disini juga kalian harus mengecek kondisi gearbox tersebut apakah ada kerusakan. Bagi kalian yang belum mengerti apa itu gearbox, gearbox ini terletak pada sumbu bagian roda depan yang menghubungkan kabel dengan roda depan. Gearbox juga berfungsi untuk mengalirkan tenaga dari roda ke kabel, bisa juga berputar atau bergeser. Dan masalah yang sering kita temui pada gerabox adalah:

  • Ketika pemasangan gearbox biasanya kurang teliti hingga pemasangan tidak pas. Hal inilah yang menyebabkan aliran tenaga dari roda depan tidak maksimal ke speedometer, hingga membuat speedometer tersebut mati atau goyang.
  • Kemungkinan gearbox tersebut mengalami kerusakan seperti pecah atau retak karena disebabkan oleh benturan yang cukup keras ketika dikendarai melintasi jalan berlubang.
  • Gearbox kemungkinan aus atau sudah usang. Coba cek gigi dalam gearbox apakah sudah terkikis menjadi kecil atau belum. Jika sudah terkikis maka anda harus segera menggantinya dengan yang baru agar speedometer motor anda menjadi kembali normal.
READ  15 Cara Mengendarai Motor Matic Dalam Kondisi Apapun

3. Speedometer

Speedometer

Speedometer

Jika kalian sudah mengecek Kabel speedometer dan juga gearbox, dan kedua komponen tersebut masih dalam keadaan normal, maka bisa jadi speedometer motor anda yang mengalami kerusakan.

  • Hal ini biasanya disebabkan karena gear lepas atau sudah rusak dan tak layak pakai.
  • Lalu peer yang berguna untuk menggerakan jarum mengalami patah.
  • Jarum pada speedometer tersendat.
  • Dan yang terakhir adalah bagian dalam speedometer yang mungkin sudah berkarat.

Beberapa penyebab diatas memang wajib kita ketahui agar kita dapat segera memperbaiki speedometer motor yang rusak atau goyang. Cara memperbaikinya juga cukup mudah, dimana kita hanya harus mengganti komponen yang rusak tersebut dengan komponen yang baru agar speedometer dapat kembali berjalan normal. Karena speedometer memang salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Jika kalian dapat memperbaikinya sendiri, mungkin akan lebih baik karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos di bengkel. Namun jika kalian ragu untuk memperbaikinya sendiri, alangkah baiknya jika kita bawa motor tersebut ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

Kami sarankan untuk mengunjungi bengkel resmi, karena setiap masalah yang ada pada motor pastinya dapat diservis dengan baik. Namun bukan berarti pada bengkel bukan resmi tidak mampu memperbaikinya. Hanya saja jika di bengkel resmi biasanya ada garansi yang dapat kita gunakan ketika komponen yang diperbaiki masih belum sepurna. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Speedometer Motor Mati dan Goyang ? Begini Cara Memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: ,