10 Lampu Indikator Mobil yang Wajib untuk Diketahui

Lampu Indikator Mobil – Kendaraan modern saat ini kalian pasti banyak yang sudah mengetahui bahwa pabrikan otomotif dunia banyak yang menyematkan berbagai macam jenis fitur dengan teknologi canggih. Dengan adanya tambahan lampu indikator mobil ini, kita nantinya dapat mengetahui kerusakan pada mobil karena indikator mobil tersebut dapat memberikan tanda terjadinya kerusakan pada salah satu sistem kendaraan.

Lain halnya dengan beberapa kendaraan model jadul yang mungkin masih belum dilengkapi dengan adanya lampu indikator mobil. Penggunaan lampu indikator pada mobil ini memang menjadi salah satu faktor pendukung bagaimana kualitas mobil itu sendiri. Lalu berbicara soal tata letak lampu indikator mobil, lampu-lampu tersebut biasanya terletak pada bagian panel instrumen yang menyatu dengan speedometer dan juga tachometer. Bentuk lampu tersebut juga berupa lambang-lambang khusus.

Lampu Indikator Mobil yang Wajib untuk Diketahui

Lampu Indikator Mobil yang Wajib untuk Diketahui

Lampu Indikator Mobil yang Wajib untuk Diketahui

Lambang khusus lampu indikator tersebut juga dapat menjadi tanda beberapa bagian dari sistem yang ada pada mobil tersebut. Nah apa saja sih lampu indikator mobil yang biasanya terletak pada panel instrumen? Dibawah ini kami telah menyiapkan artikel mengenai informasi lampu indikator mobil yang wajib diketahui dan dapat langsung kalian simak berikut ini.

1. Lampu Indikator Rem

Lampu Indikator Rem

Lampu Indikator Rem

Lampu indikator mobil yang pertama akan kita bahas adalah Lampu indikator rem. Lampu ini akan menyala jika rem tangan mobil anda masih aktif. Tapi jika handbrake telah di release dan lampu indikator rem masih menyala, maka bisa jadi jadi lampu indikator rem menandakan jika minyak rem mobil anda sudah habis. Segeralah lakukan pengisian ulang dengan minyak rem yang memiliki kualitas terbaik, karena rem menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan.

2. Lampu Indikator Pintu

Lampu Indikator Pintu

Lampu Indikator Pintu

Selanjutnya ada Lampu indikator pintu. Lampu ini akan menandakan jika ada salah satu atau beberapa pintu yang masih belum tertutup dengan sempurna. Maka dari itu usahakan selalu menutup pintu mobil dengan benar, karena jika pintu tertutup tidak sempurna nantinya akan membahayakan si penumpang.

READ  27 Aksesoris Mobil Baru Yang Wajib Ada Terbaik 2018

3. Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Nah untuk lampu indikator mobil yang ketiga adalah lampu indikator sabuk pengaman. Jika pada panel instrumen mobil ada lampu seperti gambar diatas yang berkedip, maka artinya ada sabuk pengaman yang masih belum terpasang dengan baik. Jika sabuk pengaman tidak terpasang dengan sempuran biasanya lampu indikator akan berkedip dan juga diikuit bunyi peringatan.

4. Lampu Indikator Temperatur Mesin

Lampu Indikator Temperatur Mesin

Lampu Indikator Temperatur Mesin

Kemudian lampu indikator mobil yang harus kalian ketahui adalah lampu indikator temperatur mesin, lampu ini akan memberi tanda dengan nyala lampu apabila temperatur mesin terletak pada suhu terlalu panas. Disamping itu sebagai penanda pada lampu ini juga terdapat jarum yang akan menunjukan pada garis merah atau H. Dengan demikian mesin kalian bisa mengatur dan menjaga suhu mesin secara optimal.

5. Lampu Indikator Aki

Lampu Indikator Aki

Lampu Indikator Aki

Selain lampu indikator tempertaur mesin, ada juga lampu indikator Aki yang akan memberi pertanda apabila daya baterai atau Aki mobil anda rendah, dengan adanya lampu indikator tersebut tentunya kalian bisa lebih cermat memperhatikan kondisi baterai atau aki sehingga mobil bisa tetap berada pada kondisi yang prima.

6. Lampu Indikator Bahan Bakar

Lampu Indikator Bahan Bakar

Lampu Indikator Bahan Bakar

Kemudian lampu indikator bahan bakar tentunya selalu kita jumpai pada setiap kendaraan, baik motor atau mobil. Sistem kerja lampu ini tentunya sebagai penanda bahan bakar yang kita miliki masih banyak atau sudah limit, apabila lampu menyala pada gambar selang pengisian bahan bakar berarti bahan bakar sudah limit dan kalian bisa segera mengisi ulang bahan bakar di pom bensin terdekat.

7. Lampu Indikator Oli

Lampu Indikator Oli

Lampu Indikator Oli

Lampu indikator Oli juga terpasang pada mobil kita, hal ini tentunya bertujuan agar kita mengetahui oli yang kita gunakan masih baik digunakan atau sudah waktunya ganti. Dengan demikian mesin mobil agar tetap terjaga pada kondisi yang terbaik.

8. Lampu Indikator Air Bag

Lampu Indikator Air Bag

Lampu Indikator Air Bag

Lampu Indikator Airbag tentunya hanya dimiliki oleh mobil-mobil yang sudah mendukung fitur Airbag. Lampu ini berguna sebagai penanda bahwa fitur keselamatan Airbag pada mobil ini masih berada di kondisi yang prima, namun apabila terjadi kerusakaan atau gangguan pada fitur tersebut lampu indikator airbag akan menyala sebagai penandanya.

READ  15 GPS Mobil Terbaik Murah Untuk Navigasi dan Tracker 2018

9. Lampu Indikator ABS

Lampu Indikator ABS

Lampu Indikator ABS

Sema halnya dengan fitur keselamatan Airbag, teknologi pengereman ABS juga belum dimiliki oleh setiap mobil, akan tetapi jika mobil kalian telah mendukung sistem pengereman ABS tentunya sudah dilengkapi lampu indikiator ABS yang berfungsi sebagai penanda apabila sistem pengereman ABS mobil kalian terjadi masalah.

10. Lampu Indikator Mesin

Lampu Indikator Mesin

Lampu Indikator Mesin

Selain lampi indikator temperatur mesin, pada setiap mobil, mulai dari mobil Honda, mobil Toyota dan jenis mobil lainnya juga terpasang lampu indikator mesin yang akan menyala apabila mesin mobil anda terjadi masalah, dengan demikian kalian bisa langsung melakukan pengecekan pada bengkel mobil kepercayaan kalian.

Menjaga mobil agar tetap terjaga pada kondisi yang prima memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai pengendara, hal ini tentunya sangat berpengaruh dalam kenyamanan serta kepuasan kita dalam berkendara, oleh karena itu kita biasa melakukan service secara berkala, dan untuk memudahkan dalam mengetahui kondisi mobil kita lebih detail kita telah dimanjakan dengan adanya lampu indikator mobil yang berfungsi sebagai penanda berbagai kerusakan, seperti oli yang sudah harus diganti, mesin terlalu panas, bahan bakar limit, dan masih banyak lagi.

Namun perlu kalian ketahui dari 10 Lampu Indikator Mobil yang kalian simak diatas ada beberapa lampu yang dimiliki setiap mobil, khususnya kalian yang menggunakan mobil jadul mungkin belum dilengkapi dengan lampu indikator ABS dan Airbag mengingat kedua fitur tersebut baru disematkan pada mobil belum lama ini, dalam arti lain fitur tersebut merupakan inovasi baru dari para produsen mobil kelas dunia. Jadi bagi kalian para pengguna mobil klasik jaman dulu kami sarankan untuk lebih cermat dalam merawat mobil kalian.

Nah, dengan menyimak ulasan diatas tentunya kalian menjadi lebih paham akan fungsi dari lampu-lampu indikator mobil pada kendaraan anda, dengan adanya beberapa lampu indikator mobil tentunya memudahkan kita untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan agar mobil tetap berada pada kondisi yang baik. Baiklah, mungkin cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan mengenai 10 Lampu Indikator Mobil yang Wajib Diketahui semoga bermanfaat bagi kalian sekaligus bisa menambah wawasan kalian dalam dunia otomotif. Terimakasih

Tags: