Speedometer Mobil Rusak dan Ngaco ? Begini Cara Memperbaikinya

Speedometer Mobil – Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai speedometer motor rusak, nah kali ini kita juga akan berbicara mengenai Penyebab dan Cara memperbaiki speedometer mobil yang rusak. Kita semua pasti tahu dimana pada mobil terdapat begitu banyak komponen yang memiliki fungsi dan pengaruhnya masing-masing, tak terkecuali Speedometer, Speedometer sendiri bisa dikatakan sebagai panel yang menunnjukan bagaimana kondisi mobil kita, sehingga dalam berkendara kita bisa merasa lebih aman dan nyaman.

Seperti yang kita ketahui pada setiap kendaraan tentu telah terpasang komponen bernama Speedometer. Dimana Speedometer ini menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, baik motor maupun mobil, pasalnya Speedometer ini memiliki fungsi sebagai penanda kecepatan sehingga kita dapat mengkontrol batas kecepatan pada saat mengendarai motor atau mobil agar tetap tidak melebihi batas maksimal. Bukan hanya sebagai penanda kecepatan, pada Speedometer kita juga bisa mengetahui kondisi bahan bakar, lampu dan lampu sein, dengan demikian kami rasa Speedometer ini cukup penting dalam sebuah kendaraan dan apabila terjadi kerusakan segeralah untuk memperbaikinya, karena apabila speedometer rusak kita tidak bisa mengkontrol laju kendaraan dan pastinya cukup membahayakan si pengemudi.

Speedometer Mobil Rusak dan Ngaco ? Begini Cara Memperbaikinya

Speedometer Mobil Rusak dan Ngaco, Begini Cara Memperbaikinya

Speedometer Mobil Rusak dan Ngaco, Begini Cara Memperbaikinya

Speedometer yang bermasalah pada umumnya ditandai dengan beberapa hal, seperti jarum penunjuk kecepatan yang tidak bergerak naik ketika kendaraan sedang melaju, selain itu jarum panel indikator bahan bakar tidak berada pada huruf “F” ketika kita mengisi bahan bakar penuh. Adapun beberapa penyebab rusaknya speedometer mobil yang kerap kita jumpai, salah satunya adalah pada panel speedometernya sendiri, untuk medeteksi kerusakan speedometer karena masalah ini kita bisa menggunakan alat bernama scan tool yang telah kita dapatkan ketika membeli mobil. Selain karena sistem speedometer, masih ada beberapa penyebab speedometer mobil rusak dan semua itu bisa kalian simak pada ulasan yang telah kami rangkum dibawah ini mengenai Speedometer Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya.

READ  12 Cara Membersihkan Kaca Mobil Berminyak Baret dan Jamur

Penyebab dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil Rusak

1. Kerusakan Pada Sistem Kelistrikan

Rangkaian Listrik pada Speedometer Mobil

Rangkaian Listrik pada Speedometer Mobil

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui mengenai penyebab speedometer mobil rusak atau ngaco, salah satunya adalah sistem kelisitrikan pada mobil yang mengalami masalah mengingat kinerja Speedometer tidak lepas dari sistem kelistrikan pada mobil. Untuk melakukan pengecekan, kita bisa mulai dengan memeriksa jalur kabel yang menuju speedometer, apabila terdapat kabel yang putus atau terlepas kalian bisa langsung memperbaikinya dengan membeli komponen tersebut di bengkel mobil langganan kalian, selain itu kita juga bisa mengecek sekering dimana komponen tersebut langsung terhubung dengan Speedometer mobil dan apabila sekering rusak kalian bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

2. Kerusakan Pada Bagian Vehicle Speed Sensor

Kerusakan Pada Bagian Vehicle Speed Sensor

Kerusakan Pada Bagian Vehicle Speed Sensor

Selain pada sistem kelistrikan, kerusakan speedometer juga bisa dikarenakan oleh sistem Speedometernya sendiri yang eror, seperti yang kita ketahui para produsen mobil tentunya telah memasangkan sensor kecepatan mobil pada bagian transmisi, namun beragam masalah juga sering menyerang sistem tersebut, salah satunya adalah Gear Tranduser yang akan mengakibatkan panel indikator pada Speedometer tidak mau membaca kecepatan mobil ketika sedang melaju. Selain itu, apabila mobil kita telah mendukung sistem pengereman ABS dan sistem tersebut terjadi kerusakan tentunya juga akan berpengaruh pada panel indikator speedometer mobil kita, terutama dalam membaca tingkat kecepatan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ? untuk ini kalian perlu megecek satu persatu bagian yang berpengaruh dalam sistem speedometer,  nah setelah menemukan komponen yang eror langkah selanjutnya adalah mengganti komponen tersebut (komponen yang eror) dengan yang baru.

3. Kerusakan pada Panel Speedometer

Kerusakan pada Panel Speedometer

Kerusakan pada Panel Speedometer

Dari semua penyebab kerusakan Speedometer Mobil ada satu penyebab yang paling sering dialami pengguna mobil yakni panel speedometer yang eror, hal ini bisa dengan mudah kita deteksi, karena di jaman teknologi yang serba canggih ini kita telah bisa menggunakan alat scan bernama Scan tool untuk mengetahui letak panel speedometer yang mengalami malfungsi atau eror. namun untuk memperbaiki Speedometer mobil yang rusak karena masalah ini, kami sarankan kalian untuk mengganti panel speedometer secara keseluruhan, hal ini bertujuan untuk meminimalisi biaya yang kalian keluarkan sekaligus speedometer mobil kalian tentunya akan jarang mengalami masalah lagi bukan ?

READ  Speedometer Motor Mati dan Goyang ? Begini Cara Memperbaikinya

Seperti yang telah kalian simak pada ulasan diatas dimana terdapat beberapa penyebab speedometer mobil yang rusak, mulai dari panel speedometer hingga sistem kelistrikannya, dengan demikian kalian bisa lebih rajin melakukan service atau pengecekan ringan pada mobil anda sehingga mobil akan tetap berada pada kondisi yang prima, hal ini juga tentunya berpengaruh pada kalian ketika berkendara bersama keluarga kalian akan merasakan keamanan sekaligus kenyamanan yang lebih.

Dengan melakukan perawatan mobil sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya perawatan jika kita harus membawa mobil kita ke bengkel bukan ? namun bukan berarti kita tidak perlu lagi membawa mobil kita ke bengkel, misal apabila penyebab rusaknya speedometer terletak pada sistem kelistrikan kami sarankan kalian tetap membawa mobil ke bengkel untuk di kerjakan oleh tangan-tangan yang memang ahli di bidang tersebut, karena apabila kita nekat mengotak-atik sistem kelistrikan mobil, tidak menutup kemungkinan masalah malah akan menyebar ke berbagai komponen mobil kalian.

Berikut ulasan yang telah kami rangkum dan sajikan kepada kalian mengenai Speedometer Rusak dan Cara Memperbaikinya yang semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Setelah menyimak ulasan diatas paling tidak kalian bisa menambah wawasan dalam urusan merawat mobil, khususnya dalam merawat speedometer dan apabila terjadi kerusakan pada speedometer paling tidak kalian bisa mengetahui sumber masalahnya dan apabila masih bisa diperbaiki sendiri kalian bisa melakukannya tanpa harus repot-repot membawanya ke bengkel, hal ini juga pastinya akan meminimalisir biaya perawatan yang harus dikeluarkan bukan ?

Tags: ,