6 Cara Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Karburator Motor – Motor memang memiliki beragam komponen, dimana komponen tersebut tentunya memiliki fungsi yang bermacam-macam, seperti halnya dengan Karburator. Karburator adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah motor dalam hal proses pembakaran. Karburator sendiri juga memiliki fungsi untuk menyatukan udara dan juga bahan bakar yang kemudian akan disalurkan ke dalam ruang pembakaran.

Bagi mereka yang menyandang predikat sebagai mekanik otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Dalam perkembangannya, motor-motor saat ini memang sudah jarang menggunakan karburator karena pihak pabrik telah menggantinya dengan sistem injeksi, atau dikenal dengan teknologi EFI (Electric Fuel Injection) atau bahan bakar terkomputerisasi. Bukan hanya motor matic saja yang menggunakan teknologi ini, namun hampir semua motor terbaru saat ini telah mengadopsi teknologi motor dengan sistem injeksi.

Berbicara mengenai karburator, ada banyak cara membersihkan karburator motor yang kotor. Gangguan yang biasa dialami oleh karburator adalah sering kemasukan air atau terlalu kotor, jika sudah begini biasanya motor akan susah untuk dihidupkan atau mesin motor agak tersendat-sendat. Maka dari itu, bagi kalian yang hingga saat ini masih menggunakan motor bebek dan menggunakan karburator, kalian jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi karburator agar tetap bersih dan prima.

Cara Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

Disamping itu juga untuk menjaga karburator dari gangguan zat serta bahan lain yang sering masuk ke dalam karburator sehingga kondisi mesin menjadi tidak maksimal. Nah daripada penasaran, dibawah ini kami telah menyiapkan beberapa langkah, tips dan cara membersihkan karburator motor yang baik dan benar. Seperti apa ulasannya, langsung saja kita simak cara membersihkan karburator motor yang telah kami siapkan dibawah ini.

READ  8 Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Paling Mudah dan Cepat

1. Lepaskan Karburator dari Dudukan

Lepaskan Karburator dari Dudukan

Lepaskan Karburator dari Dudukan

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan melepaskan karburator motor dari dudukan. Lepaskan bagian karburator dengan menggunakan alat atau kunci-kunci yang sudah kita siapkan.

2. Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Setelah karburator dilepaskan, kemudian langkah kedua adalah dengan membuka mangkuk karburator. Lihat endapat yang terbentuk atau mungkin ada kontaminasi air di dalam mangkuk tersebut. Kalian juga dapat membersihkan karburator dengan kuas dan kemudian bilas dengan bensin, karena membersihkan dengan menggunakan bensin akan lebih bersih.

3. Lepas dan Bersihkan Pilot Jet

Lepas Pilot Jet

Lepas Pilot Jet

Cara membersihkan karburator motor yang selanjutnya adalah dengan melepas bagian pilot jet. bersihkan bagian tersebut dengan cara meniup bagian lubang, jika kalian memiliki kompresor akan lebih mudah untuk membersihkannya.

4. Bersihkan Main Jet

Lepas Main Jet

Lepas Main Jet

Lalu kalian dapat melepaskan main jet karburator dan kemudian bersihkan. Bagian ini juga sama halnya dengan membersihkan pilot jet, yakni dengan meniup lubang-lubang dengan menggunakan kompresor.

5. Bersihkan Needle Jet

Lepas dan Bersihkan Needle Jet

Lepas dan Bersihkan Needle Jet

Setelah kita sudah membersihkan komponen-komponen diatas, kali ini kita dapat melepaskan needle jet dan juga dibersihkan dengan menggunakan kuas yang dicelupkan ke bensin kemudian semprot bagian lubang dengan menggunakan kompresor. Jangan lupa juga untuk membersihkan badan karburator, semprot bagian lubang pada moncong karburator agar bersih dari kotoran dan air yang menyumbat.

6. Selesai, Rakit Karburator dan Pasang Kembali

Memasang Karburator

Memasang Karburator

Nah cara membersihkan karburator yang terakhir adalah dengan cara merakit kembali semua komponen karburator yang telah dibersihkan tadi. Setelah itu pasangkan ke dudukan tempatnya. Jangan lupa untuk menyetel setelan campuran bahan bakar kembali.

READ  6 Cara Membuat SIM Online, Syarat dan Perpanjang SIM

Langkah-langkah cara membersihkan karburator diatas cukup mudah dan simpel. Jadi kalian tidak perlu pergi ke bengkel hanya untuk membersihkan bagian karburator saja. Hanya saja jika dibersihkan di bengkel akan lebih bersih karena menggunakan kompresor. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara membersihkan karburator yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: , ,