8 Penyebab Karburator Banjir Paling Sering Terjadi 2020

Penyebab Karburator Banjir – Karburator pada sebuah kendaraan merupakan komponen yang begitu penting keberadannya. Pasalnya dengan karburator, mesin kendaraan akan bisa hidup dengan sempurna. Mengingat salah satu fungsi karburator sendiri adalah mengkabutkan bensin kedalam ruang bakar.

Dari gambaran diatas, tentu saja bisa dipastkan apabila kondisi dan kinerja karburator tidak baik. Otomatis mesin kendaraan pun tidak akan bisa menyala. Adapun salah satu hal yang mungkin membuat banyak orang kelimpungan ketika mesin kendaraan tidak menyala adalah karena karburator banjir.

Kondisi karburator banjir tentu akan menyebabkan jumlah bensin yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi berlebihan. Jika sudah seperti itu tentu saja mesin tidak akan mudah di nyalakan. Bahkan dari beberapa kasus yang ada, bahan bakar tersebut bisa menggenang pada bagian intake manifold.

Agar tidak mengalamai hal tersebut, maka sering-seringlah kalian melakukan service untuk membersihkan karburator tersebut. Karburator banjir sendiri bukan saja di karenakan tumpukan kotoran yang ada didalam karburator tersebut. Melainkan ada banyak penyebab lain yang bisa membuat karburator bisa banjir.

Penyebab Karburator Banjir

Penyebab Karburator Banjir

Beberapa penyeba karburator banjir justru bisa terjadi karena kelalaian para pengguna dalam melakukan pemasangan komponen karburator atau yang lainnya. Untuk mengetahui  apa saja kiranya penyebabnya silahkan simak info terbaru otoflik.com kali ini.

1. Karburator Rusak

Karburator Rusak

Salah satu penyebab karburator bajir yang paling sering terjadi adalah kondisi karburator yang memang sudah tak bisa lagi digunakan atau rusak. Kerusakan pada karburator tentu banyak sekali penyebanya, salah satunya mungkin karena korosi dan juga kotoran yang sudah mengerak. Solusinya tentu saja mengganti karburator tersebut dengan yang baru.

READ  12 Komponen Karburator Motor : Fungsi & Cara Kerja 2020

2. Pelampung Bocor

Pelampung Bocor

Jika di rasa kabrurator tidak rusak, mungkin penyebabnya adalah pelampung karburator yang bocor. Yang dimana jika pelampung bocor, maka jarum pelampung tidak akan mampu menutup saluran bahan bakar. Dengan sendirinya tentu bahan bakar akan terus mengalir dan membuat karburator tersebut bisa banjir.

3. Setelan Pelampung Terlalu Tinggi

Setelan Pelampung Terlalu Tinggi

Memasang pelampung karburator dengan baik dan benar tentu tidak akan membuat masalah. Namun jika ternyata pemasangan dan juga setelah pelampung tidak tepat, salah satu resikonya adalah karburator banjir. Maka dari itu pastikan selalu melakukan service karburator kendaraan untuk meminimalisir terjadinya hal seperti ini.

4. Jarum Pelampung Kotor

Jarum Pelampung Kotor

Kemudian penyebab karburator banjir yang sering terjadi juga bisa di dikarenakan kotoran pada jarum pelampung sudah begitu banyak, sehingga membuat jarum tidak bekerja secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini, silahkan kalian periksa jarum pelampung, jika memang banyak sekali kotoran silahkan di bersihkan atau kalian ganti dengan jarum kabrurator yang baru.

5. Perakitan Karburator Salah

Perakitan Karburator Salah

Hal berikunya yang mungkin sering menjadi penyebab karburator banjit adalah perakitan komponen karburator yang tidak benar atau kurang tepat. Meski terkesan cukup sepele, namun ketika merangkai karburator tidak tepat atau sembarangan. Biasanya membuat pelamung karburator bisa terjepit. Jika sudah begini otomatis pelampung tidak akan menggerakan jarum pelampung.

6. Selang Pembuangan Rusak

Selang Pembuangan Rusak

Penyebab yang paling sering terjadi ketika karburator bajir juga bisa di akibatkan selang pembuangan yang rusak. Dimana ketika selang pembuangan ini tidak bekerja dengan baik maka akan membuat bahan bakar justru keluar melalui lubang pembakaran. Akibatnya karburator pun banjir karena kelebihan bahan bakar yang masuk.

7. Spring Needle Valve Patah

Spring Needle Valve Patah

Spring atau Per pada sebuah jarum pelampung karburator memang memiliki peranan yang cukup penting. Jadi ketika komponen ini patah, sudah pasti akan terjadi hal yang tidak dinginkan. Salah satunya sudah pasti karburator akan banjir, hal ini karena tidak akan membuat jarum pelampung bisa menutup rapat salurah bahan bakar yang ada.

READ  10 Cara Menyetel Karburator Motor Agar Kencang & Irit 2020

8. Jarum Pelampung Aus

Jarum Pelampung Aus

Seperti kita ketahui bersama, fungsi utama dari jarum pelampung yakni sebagai penyumbat jalannya aliran bahan bakar menuju ke ruang bakar. Dan jika ternyata dalam kasus tertentu justru jarum pelampung aus, maka secara otomatis karbu akan banjir mengingat bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak terkontrol.

Itulah beberapa penyebab karburator banjir yang mungkin paling sering terjadi. Dari semua penyebab diatas, bisa disimpulkan bahwa kondisi semua komponen karburator yang ada benar-benar harus bersih dan bekerja. Nah itulah kiranya informasi terbaru yang bisa kami share, semoga bisa menjadi pembahasan yang menarik untuk di simak.

Tags: