7 Cara Service Karburator Mobil Sendiri yang Mudah

Cara Service Karburator Mobil – Bagi kalian para peicinta dunia otomotif tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama komponen mobil yang satu ini, yaitu Karburator. Karburator sendiri merupakan komponen penting dalam sebuah mobil yang memiliki fungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar untu pembakaran. Walaupun saat ini banyak perusahaan yang membuat sebuah mobil dengan sistem injeksi, namun masih ada beberapa mobil dengan sistem karburator, diantaranya adalah Toyota Corrola 1970, Kijang, Honda Civic dan masih banyak lagi lainnya.

Mobil-mobil tersebut bisa dikatakan mobil yang tua, namuna harga mobil ini masih bisa dikatakan cukup stabil di pasaran. Harga mobil bekasĀ tersebut biasanya masih dibawah kisaran Rp 50 jutaan. Selain memiliki sistem karburator, tenaga mesin dari mobil-mobil jadul tersebut juga tidak kalah dengan mobil keluaran terbaru. Hal ini juga bukan tanpa alasan, karena biasanya mobil tersebut telah di service secara rutin oleh ahlinya.

Berbicara mengenai karburator kita pasti sering mengalami adanya kerusakan atau karburator kotor yang kerap menjadi masalah di setiap mobil. Ketika hal tersebut terjadi, maka kita harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat agar lekas di perbaiki. Namun akan lebih ringan jika kita dapat mengetahui cara service karburator mobil sendiri. Nah pada pembahasan kali ini kalian dapat membaca artikel yang kami sampaikan disini yakni mengenai cara service karburator mobil sendiri yang ampuh.

Sebelum melakukan service karburator, kalian juga pastinya harus membongkarnya terlebih dahulu agar mudah untuk dibersihkan. Siapkan juga peralatan yang dibutuhkan. Cara service karburator mobil sendiri juga hampir sama dengan membersihkan karburator motor . Dan lalu seperti apa caranya, langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara service karburator mobil sendiri yang dapat kalian simak dibawah ini.

READ  8 Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Paling Mudah dan Cepat

Cara Service Karburator Mobil Sendiri yang Mudah

Cara Service Karburator Mobil Sendiri yang Mudah

Cara Service Karburator Mobil Sendiri yang Mudah

Untuk cara service karburator mobil sendiri yang ampuh, pertama-tama kalian harus mempersiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan, seperti lap, sikat kawat dan halus, kemudian bensin dan kompresor (jika ada). Jika kalian tidak memiliki kompresor kalian dapat menggunakan pompa atau sejenisnya yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam karburator tersebut. Setelah semua sidah siap, kalian dapat langsung melakukan perbaikan atau pembersihan karburator tersebut. Seperti apa caranya, simak berikut ini.

1. Cara service karburator mobil sendiri ini dapat kalian lakukan dengan cara idle up, yakni menyalakan mesin dan kemudian kendorkan terlebih dahulu skrup idle up, nyalakan AC dan kendorkan idle up sampai tidak bisa lagi merendahkan RMP mesin.

2. Selanjutnya kendorkan skrup RPM mesin sampai turun RPMnya atau kira-kira saja jangan sampai mesin mati.

3. Kemudian putar skrup idle ke kiri sampai mesin hampir mati. Dan putar kembali ke kanan pelan-pelan, disini kalian dapat mencari RPM tertinggi, biasanya pada posisi ini terjadi campuran bahan bakar dan udara yang paling baik.

4. Nah jika sudah menemukan RPM terbaik, kalian dapat menyetel kembali skrup RPM mesin (gas). Cari RPM terbaik antar 700 sampai 900 RPM, ingat jangan terlalu kecil agar mesin tidak mudah mati dengan sendirinya.

5. Setelah itu kalian dapat melakukan penyetelan kembali pada skrup idle up AC. Sesuaikan dengan RPM mesin antara 900 sampai 1000 RPM. Kemudian matikan AC dan lihat apakah RPM sudah pas atau sesuai yang diinginkan. Jika belum sesuai kalian melakukan penyetelan sampai menemukan RPM yang diinginkan.

READ  6 Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar Agar Awet

6. Jika semua sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan filter bahan bakar serta filter saringan udara dengan menggunakan alat yang sudah kami jelaskan diatas.

7. Dan selesai. Mobil kalian sudah siap dipakai dijalan tanpa adanya masalah pada karburator tersebut.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara service karburator mobil sendiri yang ampuh. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua para penggemar otomotif di Indonesia. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: