7 Jenis Karburator Pada Mobil Beserta Penjelasannya 2020

Jenis Karburator Pada Mobil – Salah satu komponen paling penting didalam rangkaian sebuah kendaraan bermotor baik mobil atuapun sepeda motor adalah karburator. Dimana lewat komponen ini ruang bakar pada sebuah mesin akan mendapatkan suplai berupa campuran udara dan bahan bakar yang sudah di kabutkan dan selanjutnya terjadi pembakaran.

Pembakaran campuran udara dan juga bahan bakar tersebutlah yang akan membuat mesin memiliki tenaga untuk bisa membuat kendaraan bisa berjalan. Dengan melihat sekilas pentingnya fungsi karburator pada sebuah kendaraan, tentu saja kita sebagai pengguna diharuskan untuk selalu merawat karburator agar tetap bisa memberikan kinerja yang maksimal.

Dilihat dari cara kerjanya, karburator akan selalu mengirimkan campuran udara dan bahan bakar secara tepat keruang bakar sesuai dengan beban dan putaran mesin melalui intake manifold. Dengan begitu kebutuhan yang harus ada didalam ruang bakar akan selalu tercukupi. Meski memiliki fungsi dan tujuan yang sama, namun dalam otomotif ada beberapa jenis karburator.

Macam-macam karburator yang ada pun dibedakan menjadi beberapa kategori seperti tipe karburator berdasarkan arah masuk udara dan bahan bakar, tipe karburator berdasarkan jenis venturi serta jenis karburator berdasarkan jumlah barel yang dimiliki serta berdasrakan urutan pembukaan katup gas.

Jenis Karburator Pada Mobil

Tipe dan Jenis Karburator Pada Mobil

Mendengar hal tersebut mungkin banyak dari para pengguna kendaraan bermotor yang masih belum memhami akan hal tersebut. Oleh sebab itu lewat artikel terbaru otoflik.com kali ini akan coba kami bagikan secara lengkap dan detail tipe dan jenis karburator para mobil yang harus kalian ketahui.

Tipe Karburator Berdasarkan Arah Masuk Udara & Bahan Bakar

Jenis dan tipe karburator pada mobil yang pertama dapat di lihat dari arah masuk udara dan juga bahan bakarnya. Yang dimana dalam kategori ini setidaknya terdapat dua jenis, yaitu :

READ  Cara Membaca Ukuran Ban Motor :Matic, Bebek, Sport, Trail

1. Karburator Arus Turun

Karburator Arus Turun

Salah satu karburator dengan kualitas bagus yang mungkin bisa kita jumpai saat ini adalah karburator arus turun. Dimana sesuai dengan namanya jenis karburator ini memiliki arah masuk campuran udara dan bahan bakar ke bawah atau down draft.

2. Karburator Arus Datar

Karburator Arus Datar

Berbeda dengan tipe diatas, pada karburator jenis ini arah masuk udara dan bahan bakar yang di salurkan ke ruang bakar akan dialirkan secara mendatar atau kesamping (side fraft). Dan biasanya jenis ini banyak sekali ditemui pada mobil dengan mesin yang memiliki output tinggi.

Jenis Karburator Mobil Berdsarkan Tipe Venturi

Selain dilihat dari arah masuk udara dan bahan bakarnya, pada umumnya karburator pada mobil juga di bedakan berdasarkan tipe venturi yang dimiliki. Yang dimana pada kategori ini setidaknya terdapat 3 macam karburator yang bisa kalian ketahui.

1. Karburator Fixed Venturi

Karburator Venturi Tetap

Sifat utama dari jenis karburator Fixed Venturi yaitu memiliki sebuah venturi tetap yang akan dibuat dengan diameter tertentu. Bahkan belakangan ini tipe karburator Fixed Venturi ini banyak digunakan pada mobil keluaran terbaru karena dianggap memiliki konstruksi yang sedehana.

Kelebihan utama dari jenis karburator para mobil yang satu ini yaitu besarnya vakum yang akan dihasilkan oleh udara yang melewati venturi akan selalu seimbang dan sesuai dengan kecepatan aliran yang dipengaruhi oleh pembukaan katup gas dan juga beban mesin.

2. Karburator Variable Venturi

Karburator Variable Venturi

Kemudian ada juga jenis karburator variable venturi, yang dimana pada sistem kerjanya karburator ini menggunakan permukaan yang dikontrol dengan banyaknya udara yang berhasil dihisap. Dibalik konstruksinya yang sederhana, karburator jenis ini memiliki sebuah kelebihan.

Dimana karburator jenis ini memiliki perubahan pembukaan venturi yang akan selalu sama saat kecepatan rendah dan sedang serta saat berada pada bebam mesin ringan dan juga  sedang. Dengan begitu bahan bakar akan berubah sesuai dengan volume udara yang masuk sehinga akan dengan mudah mencapai otuput tinggi.

3. Karburator Air Valve Venturi

Karburator Air Valve Venturi

Besarnya udara yang masuk kedalama ventiru akan menjadi kontrol utama dari pembukaan air valve. Dengan begitu bisa dibilang bahwa cara kerja dari jenis karburator yang satu ini hampir sama seperti tipe Variable Venturi. Akan tetapi jika dilihat dari konstruksinya kalian dapat menemukan perbedaan yang jauh.

READ  Cara Kerja Karburator Mobil Beserta Pengertiannya

Dimana jika dilihat dari konstruksinya, jenis Air Valve Venturi ini mempunyai dasar karburator arus turun dua barel atau down draft double barrel. Tidak hanya sampai disitu, katup udara yang terpasang didalam silinder secondary serta proses pembukaan Air Valve juga akan bervariaasi yang akan disesuaikan dengan jumlah udara yang berhasil dihisap.

Macam-Macam Karburator Mobil Berdasarkan Jumlah Barel

Sementara itu tipe dan jenis karburator pada sebuah mobil yang terakhir juga bisa dibedakan berdasarkan jumlah barel yang dimilikinya. Dimana pada kategori ini setidaknya terdapat dua jenis yang bisasanya akan kita jumpai, yaitu :

1. Karburator Single Barel

Karburator Single Barel

Tipe yang pertama adalah karburator Single Barel, yang dimana sesuai dengan namanya semua kebutuhan bahan bakar pada berbagai putaran akan selalu dilayani oleh satu barel.

2. Karburator Double Barel

Karburator Double Barel

Dan tipe yang kedua adalah karburator Double Barel yang merupakan hasil pengembangan dari karburator single barel. Pada jenis ini bisa dibilang akan mampu menghasilkan tenaga output yang lebih cepat karena yang akan berkerja diawal hanyalah primary venturi yang mempunyai diameter kecil.

Bagaimana sudah jelaskah kan tentang macam-macam karburator pada mobil yang ada hingga saat ini? Tentunya dengan menyimak pembahasan diatas kalian akan bisa lebih memahami tipe dan jenis karburator pada sebuah kendaraan.

Yang jelas meskipun terdapat banyak sekali jenis dan tipe karburator yang ada pada sebuah kendaraan bermotor seperti diatas kami jelaskan. Namun hal terpenting yang harus selalu kalian perhatikan pada komponen yang satu ini yaitu perawatan.

Karena dengan selalu menjaga kondisi karburator secara baik dan benar akan membuat mesin dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Apabila dirasa karburator sudah kotor, tidak ada salahnya kalian membersihkan karburator tersebut agar fungsi dan sistem kerjanya bisa kembali.

Itulah kiranya informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar tipe dan jenis karburator pada sebuah kendaraan bermotor. Semoga apa yang sudah kami rangkum dan jelaskan diatas, bisa menambah wawasan untuk kalian semuanya.

Tags: , ,