Cara Kerja Karburator Mobil Beserta Pengertiannya

Cara Kerja Karburator Mobil – Kendaraan memang menjadi salah satu alat transportasi yang dapat kita gunakan sehari-hari. Baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat/mobil. Mobil dan motor saat ini juga sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib kita miliki. Karena dengan adanya kedua kendaraan tersebut, aktivitas kita sehari-hari dapat terpenuhi. Seperti pergi ke kantor, mengantar anak sekolah, dan bisa menjadi salah satu jenis alat angkutan barang jika kita memiliki mobil bak terbuka.

Nah berbicara mengenai kendaraan, kita disini akan membahas mengenai kendaraan roda empat/mobil. Setiap kendaraan khususnya mobil tentu harus kita rawat secara rutin agar tidak terjadi masalah nantinya. Jika kita lupa untuk melakukan servis bulanan, pastinya akan ada masalah-masalah yang timbul sehingga menjadikan performa mobil yang kita miliki, seperti mobil mogok, rem mobil berbunyi, dan juga karburator mobil brebet.

Jika terjadi masalah tersebut pastinya kita harus segera memperbaikinya bukan? Untuk masalah pada karburator, biasanya disini kita dapat mempelajari pengertian dan juga cara kerja karburator mobil tersebut. Hal ini bertujuan agar kita dapat memperbaikinya sendiri tanpa harus membawa mobil kita ke bengkel resmi. Cara kerja karburator mobil akan kita bahas pada pertemuan kali ini. Namun sebelum itu kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian karburator mobil.

Karburator mobil memang salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Maka kita harus benart-benar rutin untuk selalu mengecek kondisi mobil kita. Pengecekan tersebut juga menyeluruh, baik karburator, rem, kopling mobil dan lainnya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara kerja karburator mobil beserta pengertiannya berikut ini.

Cara Kerja Karburator Mobil Beserta Pengertiannya

Cara Kerja Karburator Mobil

1. Pengertian Karburator

Pertama yang akan kita bahas adalah mengenai apa itu karburator. Karburator adalah tempat mengabutkan campuran bensin dan udara agar dibakar dalam ruang bakar. Karburator sendiri juga memiliki fungsi mencampur dan mengatur campuran antar bensin dan udara agar mencapai campuran yang sesuai untuk pembakaran mesin atau bisa dikatakan dengan karburasi. Karburasi ini bertujuan agar molekul bensin bisa tersebar secara merata pada udara yang terhembus di dalam intake manifold.

READ  10 Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak dan Fungsinya

Berbicara mengenai cara kerja karburator mobil, sebenarnya cara kerja karburator ini cukup simpel, yakni mengubah bensin menjadi uap bensin dengan mengatomisasikan atau memecah bagian-bagian menjadi kecil untuk mengatur datangnya arus udara tegak lurus atas saluran bensi sehingga menjadi uap bensi dengan memanaskan dasar karburator. Hal ini tentu bertujuan agar pembakaran yang terjadi menjadi sempurna. Dapat kita bayangkan jika pembakaran yang terjadi tidak sempurna, tentu mobil kita akan sulit untuk hidup.

2. Cara Kerja Karburator Mobil

Karburator Mobil

Seperti yang sudah kita singgung di atas tadi, cara kerja karburator ini bekerja dengan prinsip perbedaan tekanan. Seperti yang kalian ketahui bahwa zat cair ataupun gas akan selalu mengalir ke area dengan tekanan yang lebih rendah. Sama halnya dengan yang terjadi pada karburator, bensi dapat masuk ke intake manifold dikarenakan tekanan yang ada lebih kecil dibandingkan dengan yang ada di ruang penampung bensin didalam karburator.

Lalu pertanyaanya, mengapa tekanan yang ada didalam intake manifold lebih rendah? Lalu apakah tekanan bensin didalam ruang penampung bensin yang ada didalam karburator dapat ditingkatkan? Jawabanya adalah tidak. Perbedaan tekanan ini terjadi alami, jika kalian pernah membaca mengenai prinsip sayap pesawat terbang, bisa dikatakan hampir sama. Hukum Bernoulli mengatakan bahwa tekanan dari fluida seperti udara berkurang, jika udara tersebut bergerak lebih cepat.

Nah didalam intake manifold ada udara yang mengalir kedalam ruang silinder mesin dengan kecepatan yang berbeda-beda tergantung dengan pembukaan gas. Seperti hukum Bernoulli, tekanan udara yang ada didalam intake manifold pun akan mengalami penurunan. Perbedaan tekanan ini juga akan semakin besar jika aliran udara pada intake manifold semakin cepat. Sehingga ketika mesin mobil digas pada RPM yang tinggi, akan secara otomatis aliran udara didalam intake menjadi cepat, sedangkan tekanan didalam intake semakin turun kemudian bensin yang tersedot juga akan semakin banyak.

READ  Power Steering Apa Itu ? dan Bagaimana Cara Kerjanya

3. Jenis-Jenis Karburator

Berbicara mengenai jenis karburator, ada 2 macam karburator mobil. Yang pertama adalah Karburator Fixed Venturi dan yang kedua adalah Karburator Venturi. Seperti apa penjelasan kedua karburator mobil tersebut, simak berikut ini:

  • Karburator Tipe Fixed Venturi

Karburator Fixed Venturi

Setelah kita selesai membahas mengenai cara kerja karburator mobil dan juga membahas pengertian mengenai karburator. Disini kita akan menjelaskan mengenai jenis karburator mobil untuk tipe Fixed Venturi. Untuk tipe yang satu ini biasanya karburator ini banyak digunakan pada mobil dengan mesin yang memiliki kapasitas besar, seperti diatas 1000 cc. Selain digunakan sebagai karburator mobil, ada juga beberapa motor yang menggunakan karburator jenis ini. Karburator tipe fixed venturi ini memerlukan sebuah katup gas pada bagian bawah yang berfungsi untuk mengatur kecepatan aliran udara yang melewati venturi untuk mengatur RPM mesin.

  • Karburator Tipe Venturi

Karburator Venturi

Dan jenis karburator mobil yang kedua adalah karburator tipe venturi. Karburator tipe ini memiliki ukuran venturi yang dapat berubah. Lain dengan karburator tipe fixed venturi, tipe variable venturi ini tidak menggunakan katup gas, namun pengatur kecepatan aliran udara dilakukan langsung oleh venturi dan dengan tambahan komponen yang bernama jarum skep. Ketika mesin tidak di gas, maka lebar venturi sangat kecil sehingga otomatis akan menutup saluran pilot jet sehingga bensi tidak keluar dari pilot jet melainkan idle jet. Hal ini juga dikarenakan bentuk jarum skep yang tirus.

Kemudian ketika mesin di gas, mala lebar venturi akan semakin besar dan jarum skep terangkat sehingga pilot jet menjadi terbuka. Hal ini akan menyebabkan aliran udara semakin cepat. Dan ditambah bensi dapat keluar dari pilot jet sehingga RPM mesin dapat naik. Nah itulah beberapa pembahasan mengenai cara kerja karburator mobil serta pengerti karburator yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua para pecinta otomotif di tanah air. Sekian dan terima kasih.

Tags: , , ,