19 Cara Menyetel Rem Mobil yang Mudah dan Benar

Cara Menyetel Rem Mobil – Perawatan sebuah mobil memang harus kita lakukan setiap waktu, hal ini agar mobil atau kendaraan lain yang kita miliki akan selalu terjaga performanya. Seperti halnya dengan perawatan mesin, kaki-kaki, interior, rem, kampas kopling dan lainnya yang wajib kita cek jikalau ada beberapa masalah yang ada. Terlebih jika ada masalah pada injeksi, tentunya hal ini akan sangat merepotkan bukan, alhasil kita mau tidak mau harus membawanya ke bengkel resmi untuk memperbaikinya.

Namun yang akan kita bahas kali ini bukanlah mengenai injeksi, melainkan kita disini akan membahas informasi menarik mengenai tips cara menyetel rem mobil yang baik dan benar. Sebelumnya kita sempat membahas bagaimana cara mengatasi rem mobil bunyi. Nah untuk tips yang akan kita bahas kali ini mengenai menyetel rem mobil, perlu kalian ketahui bahwa rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah kendaraan, entah itu mobil ataupun motor.

Fungsi sebuah rem ini adalah untuk menghentikan poros roda yang berjalan sehingga kita dapat mengatur kapan kendaraan akan berhenti ataupun berjalan. Disamping itu, kita dapat mengatur kecepatan serta menghindari adanya kecelakaan ketika ada mobil di depan mengerem mendadak, atau para penyebrang jalan yang kurang waspada, kita dapat menggunakan rem untuk memberhentikan mobil. Namun jika rem tidak disetel dengan benar, tentu akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cara menyetel rem ini memiliki beberapa langkah dan juga apa saja alat yang perlu disiapkan. Seperti obeng, kemudian anti karat yang memudahkan kita untuk melepas tromol, dongkrak, kunci shock dan masih ada beberapa alat lain yang diperlukan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara menyetel rem mobil yang mudah dan benar yang telah kami siapkan berikut ini.

READ  Fungsi Ring Piston dan Cara kerjanya

Cara Menyetel Rem Mobil yang Mudah dan Benar

Cara Menyetel Rem Mobil yang Mudah dan Benar

Cara Menyetel Rem Mobil yang Mudah dan Benar

Alat yang Diperlukan

  • Obeng Minus
  • Anti karat bikin memudahkan ketika melepas tromol
  • Dongkrak
  • 2 biji baut 12 mm
  • Kunci 12 shock atau kunci stang rachet
  • Kunci 21 atau kunci roda

Cara Membuka Rem Tromol Sebelum di Setel

  • Untuk langkah yang pertama yakni membuka rem tromol, kalian dapat kendorkan terlebih dahulu mur roda bagian belakang sebelum mengangkat body mobil dan pasang dongkrak di bagian bawahnya kemudian naikan mobil hingga tidak menyentuh ke tanah.
  • Selanjutnya buka mur roda yang sudah dikendorkan tadi, dan buka roda belakangnya.
  • Setelah roda benar terbuka, maka kalian dapat masukan ke kabin bikin membebaskan ataupun bisa menurunkan rem tangan.
  • Berikutnya putar rem trmol, dan semprotkan cairan anti karat lewat celah-celah sedikit yang terdapat di bagian mur roda dan hub roda sebab biasanya karat akan nampak antara hub roda dengan drum brake.
  • Tunggu hingga 2 atau 3 menit agar anti cairan karat supaya meresap antara celah hub roda bersama dengan tromol.
  • Setelah itu masukan baut 12 mm pada lubang berulir ukuran 12 mm lalu putar baut 12 searah jarum jam dengan memakai kunci 12 sampai brake drum benar-benar tertarik keluar.
  • Sedangkan untuk langkah yang terakhir, kalian dapat lepaskan tromol dan buka lagi baut yang digunakan untuk dapat mengeluarkan brake drum tersebut.
  • Dan selesai

Cara Menyetel Rem yang Mudah dan Benar

  1. Langkah yang pertama cara menyetel rem mobil ini adalah dengan cara cek terlebih dahalu ketebalan kampas rem-nya. Jika kurang dari 1 atau 2 mm, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  2. Selanjutnya ambil obeng minus lalu putar ke arah bagian atas gigi penyetel, maka dari itu akan terdengar suara klik ketika saat di putar, kemudian hitung dari 5 sampai 10 klik. Ketika saat di putar penyetel brake shoe bakal mengembang.
  3. Sesudah itu masukan drum brake dan usahakan tromol bisa masuk dengan mudah, apabila tidak dapat masuk berarti setelan kampas rem terlalu keluar ataupun penyetelan putaran-nya terlalu banyak
  4. Berikutnya masukan kembali drum brake dan harus berputar dengan gampang, karena apabila tidak dapat berputar dengan gampang atau penyetelan kampas rem terlalu keluar maka akan menyebabkan drum brake tidak bekerja secara maksimal.
  5. Lalu yang terakhir pasang lagi rodanya dengan benar dan kencangkan mur roda dan masukan kabin kemudian cek ada beberapa klik suara rem tangan ketika hendak di tarik tuas rem tangan umumnya 6 hingga 7 klik setelah penyetelan belakang.
READ  6 Cara Pasang Stiker Motor Yang Benar dan Anti Lepas

Nah itulah beberapa langkah cara menyetel rem yang mudah dan benar. Jika kalian dapat memahami cara diatas, kalian tidak perlu membawa mobil kalian ke bengkel jika terjadi masalah pada rem mobil milik kalian. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: