10 Cara Menyetel Klep Motor yang Baik Sesuai dengan Kondisinya

Cara Menyetel Klep Motor – Dalam sebuah sepeda motor ada banyak sekali komponen yang harus selalu kita jaga kondisinya agar motor tetap dalam keadaan prima dan fit. Salah satu dari banyaknya komponen yang ada pada sebuah motor yang harus selalu mendapatkan perhatian adalah klep motor. Apa itu klep motor dan apa fungsinya?

Mungkin ada banyak orang yang sudah mengetauhi apa itu klep motor, namun tidak ada salahnya jika kami memberikan gambaran atau penjelasannya sedikit. Klep motor merupakan sebuah alat atau bagikan dari komponen mesin motor yang memiliki sifat dinamis yang biasanya terletak atau terpasang pada kepala silinder.

Adapun fungsi dari klep motor sendiri adalah untuk membuat tarikan motor tetap dalam kondisi stabil dan prima sesuai dengan kondisi baru. Dengan kita melakukan penyetelan ulang dalam kurun waktu tertentu, hal ini akan sangat memberikan efek yang sangat baik, asalkan cara menyetel klep motor yang kita lakukan sesuai dan dikerjakan dengan baik serta benar seperti ketika kita menyervice karburator mobil ataupun karburator motor.

Dengan melakukan penyetelan ulang klep motor tentunya kita sudah melakukan hal yang benar karena kita akan mengembalikan jarak renggang klep atau valve motor yang biasanya akan berubah selama pemakaian motor tersebut secara berkala dengan tanda-tanda yang paling sering adalah terjadinya penggunaan bahan bakar yang boros. Lalu bagaimana sih cara menyetel klep motor yang baik dan benar sesuai dengan kondisinya? silahkan anda simak tips dan caranya berikut ini.

Cara Menyetel Klep Motor yang Baik dan Benar

Cara Menyetel Klep Motor

Cara Menyetel Klep Motor

Pembuatan klep motor sendiri selalu menggunakan bahan yang cukup keras dan biasanya juga terbuat dari bahan yang sangat mudah untuk menghantarkan panas. Hal ini dikarenakan klep motor harus mampu menahan panas dan tekanan yang tinggi ketika mesin motor hidup. Gerakan klep motor sendiri adalah naik dan turun. Jika klep motor dalam kondisi yang renggang tentu saja akan ada banyak masalah yang ditimbulkan, maka dari itu anda harus menyetel ulang dengan baik, dan berikut langkah-langkahnya.

READ  Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel yang Baik & Benar

1. Cara Menyetel Klep Motor yang Masih Baru Pemakaiannya

Menyetel klep motor yang masih baru pemakaiannya harus melakukannya dengan menyetelnya pada posisi top dan tidak boleh salah. Untuk itu bagi anda yang ingin melakukannya sendiri silahkan ikuti langkah demi langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama silahkan buka tutup klep motor tersebut pada bagian atas dan bawah
  2. Kemudian buka juga tutup yang ada di bagian bak magnit yang biasanya terletak pada bagian tengah bak dan dibagian atasnya
  3. Setelah anda berhasil membukanya, posisikan piston pada titik TMA (Titik Mati Atas) dan Noken As berada pada posisi Netral dengan cara memutar magnit secara berlawanan arah jarum jam sambil anda mengamati atau melihat silinder atas atau piano klep harus pada posisi menekan tiang payung klep. Pada tahapan ini putaran piao klep menekan tiang payung klep usahakan piano klep menemak tiang klep pada bagian api terlebih dahulu. Kemudian putarlah kembali magnit sampai anda mendapatkan posisi piano klep menekan tiang payung klep atas yakni klep minyak dan kemudian lihatlah posisi tanda TOP yang berada pada magnit yang biasanya di tandai dengan huruf “T”.
  4. Selanjutnya apabila anda telah menyetel pisisi piston pada titik TMA coba goyangkan klepnya ke arah kiri kanan dan atas bawah. Jika dirasa ada jarak yang terlalu longgar silahkan anda kencangkan atau kendorkan baut setelah klep dan juga memutar baut setelan klep untuk mengatur posisi jarak klepnya.
  5. Jika and amemiliki alat ukurnya yang bernama “Fuller” sebaiknya gunakanlah dengan baik dengan standar untuk motor bebek adalah 0.03 sampai dengan 0.05 mm. Sementara untuk motor sport 0.07 sampai dengan 0.10 mm sementara khusus untuk motor Satria FU biasanya memiliki ukuran 0.10 sampai dengan 0.15 mm.

2. Cara Menyetel Klep Motor yang Sudah Lama Pemakaiannya

Setelah anda mengetahui cara menyetel klep motor yang baru pemakaiannya seperti diatas kami tuliskan. Kini giliran anda juga harus mengetahui langkah demi langkah menyetel klep motor yang sudah lama pemakaiannya atau minimal 3 tahun pemakaian. Bila pada cara diatas mengharuskan kita untuk memposisikan piston pada posisi titik TMA, pada cara kedua ini kita tidak diharuskan untuk menyetel pada posisi top karena hasilnya tidak akan sempurna.

READ  12 Cara Potong Rantai Motor yang Mudah dan Cepat

Kenapa demikian? karena kemungkinan besar beberapa komponen yang ada seperti noken as dan piano klep sudah aus dalam pemakaianan selama 3 tahun atau lebih. Oleh karena itu tidak layak apabila kita menyetel klep dalam posisi top. Namun ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menyetel klep motor tanpa berada di posisi top untuk motor yang sudah lama penggunannya. Apa saja itu? berikut bis anda simak.

  1. Sama seperti langkah pertama diatas, pastikan anda membuka tutuk klep pada motor
  2. Setelah terbuka silahkan anda putar magnit dengan berlawanan arah jarum jam dan posisikan piano klep tersebut untuk menekan salah satu tiyang payung klep
  3. Jika saat memutar magnit ternyata klep api dalam posisi terbuka, maka stel klep minyaknya dan jika disaat memutar magnit ternyata piano klep dalam posisi menekan tiang klep bagian klep minyak yang mengarah ke karburator, maka yang di stel klepnya adalah klep api dan sesuaikan jarak kerengganannya supaya gampang hidup atau pastikan jangna terlalu kencang
  4. Silahkan lihat hasilnya, tentu anda akan memperoleh sebuah suara yang halus sekaligus membuat suara tik-tik-tik pada mesin motor saat hidup hilang.

Selain kita harus melakukan penyetelan klep motor secara berkala agar kondisi motor tetap prima dan tidak boros dalam penggunaan bahan bakar. Kita juga harus selalu mengecek atau memperbaiki busi agar sistem pembakaran pada ruang bakar tetap sempurna. Nah kiranya itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami tulis diatas bisa menjadi referensi yang mengasikan dan mudah di pahami.

Tags: ,