3 Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Harus Anda Ketahui

Fungsi Roller Pada Motor Matic – Motor matic di Indonesia memiliki begitu banyak penggemar dan juga pengguna saat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari kemudahaan dalam hal penggunannya. Motor matic sendiri sangatlah cocok untuk di kendarai di jalanan Indonesia. Bahkan tercatat dari beberapa tahun belakangan ini penjualan motor matic di tanah air juga sangatlah tinggi.

Selain faktor kemudahan dalam hal penggunaan, harga motor matic di Indonesia juga tergolong relatif terjangkau bila di bandingkan dengan jenis motor lainnya. Meski sangat mudah dalam hal penggunannya, namun hal yang juga perlu untuk anda lakukan secara rutin adalah perawatannya. Karena dengan melakukan perawatan secara baik dan benar akan bisa menjaga kondisi motor tetap dalam keadaan prima.

Siapa sih yang tidak ingin motor dengan mesin yang sehat dan bertenaga. Tentu saja semua orang menginginkannya. Jika anda bisa merawatnya sendiri mungkin hal ini akan lebih mudah karena anda tidak perlu mengantri dan mengeluarkan uang untuk membayar jasa service motor di bengkel. Namun untuk melakukannya tentu saja anda harus memiliki kemampuan seperti mengerti nama bagian dan fungsi-fungsinya.

Bicara hal tersebut, motor matic sendiri memiliki banyak sekali komponen yang cukup penting dalam hal fungsinya. Salah satunya adalah Roller yang merupakan salah satu komponen yang tercatat cukup vital yang terdapat pada sistem CVT atau transmisi otomatisnya. Lalu apa saja sebenarnya fungsi roller pada sepeda motor matic itu? Untuk mengetahuinya simak nih penjelasan tentang apa saja fungsi roller pada motor matic yang akan kami bahas di bawah ini.

READ  Fungsi Turbocharger dan Manfaat pada Mesin Diesel

Fungsi Roller Pada Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic

Mempermudah Pergerakan Variator

Fungsi roller pada motor matic yang selanjutnya adalah mempermudah pergerakan variator. Yang mana variator sendiri merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam proses pergerakan dari sepeda motor. Dengan bentuk roller yang bundar tentu saja akan lebih mempermudah pergerakan variator. Sementara jika kondisi roller sudah tidak lagi bulat maka pergerakan variator akan terganggu.

Dan biasanya dengan kondisi variator terganggu maka akan membuat motor matic yang anda gunakan dapat mengalami keadaan yang tidak enak saat diajak berjalan. Maka dari itu bagi anda yang suda merasakan kendala ini, akan lebih baik jika mengganti roller tersebut dengan yang baru. Inilah fungsi roller pada motor matic yang juga harus anda pahami.

Mengatur Besar Kecilnya Diameter Pulley

Seperti diatas kami sampaikan Roller merupakan sebuah komponen yang cukup penting keberadaannya pada sistem CVT motor matic. Yang dimana roller pada sistem CVT tersebut terletak pada bagian pulley depan dan juga pulley primer yang merupakan sebah alat mekanis yang akan digunakan CVT untuk mendukung gerak dari vanbelt pada motor matic untuk menjadi penghantar daya yang di hasilkan oleh mesin ketika motor berjalan.

Dan dengan adanya roller tersebut akan membuat diameter pulley akan mengalami pembesaran dan pengecilan sesuai dengan tarikan gas sehingga motor matic dapatlah bergerak.

Mengatur Akselerasi Pada Sepeda Motor

Selanjutnya fungsi roller pada motor matic yang harus anda ketahui adalah untuk mengatur akselerasi pada sepeda motor matic itu sendiri. Roller bawaan pabrik untuk setiap motor di buat untuk dapat mengatur akselerasi motor agar bisa seimbang. Namun kita juga bisa mengubah fungsi roller tersebut untuk memberikan top speed yang lebih baik namun harus mengorbankan akseslari tersebut.

READ  Persneling Mobil Matic dari Fungsi dan Cara Pakai Yang Benar

Caranya yakni dengan mengganti roller bawaan pabrik dengan roller yang lebih berat. Namun jika anda justru ingin memperoleh akselerasi yang lebih anda harus mengganti roller tersebut dengan yang lebih ringan. Penggantian roller ke yang lebih ringan ini akan mengorbarkan top speed yang juga lebih rendah. Itu dia fungsi roller pada motor matic yang juga perlu untuk anda pahami.

Merawat kondisi motor memang menjadi hal yang wajib untuk kita sebagai pemilik kendaraan bermotor. Apalagi untuk motor matic yang memiliki perawatan yang ekstra. Jika anda tidak segera melakukan perbaikan pada motor matic yang sudah tidak enak dipakai biasanya akan berimbas pada komponen lain sehingga dalam sekali perawatan anda harus mengeluarkan budget yang lebih.

Selain komponen roller yang juga harus anda perhatikan, bagi anda yang menggunakan motor sporta ataupun motor bebek juga kami sarankan untuk selalu mengetaur klep motor agar kondisi tarikan mesin tetap sempurna. Nah itulah kiranya penjelasan tentang fungsi roller pada motor matic yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna.

Tags: