Cara Kerja Noken As Motor Serta Fungsi Utamanya

Cara Kerja Noken As Motor – Jika berbicara akan beberapa part pada mesin motor memang tidak akan ada habisnya, karena disetiap komponen motor memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Seperti halnya pada ring seher, pada part ini memiliki fungsi yang sangat penting pada proses pembakaran bahan bakarnya. Ring seher juga ada beberapa bagian-bagian, antara ring seher atau piston akan berbeda antara motor 2 tak dan 4 tak.

Sedangkan untuk cara kerja kampas kopling juga sama, dimana sama-sama memiliki peran sangat penting akan performa tenaga yang dihasilkan pada saat tuas gas di tarik. Sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua akan cara kerjanya, sedangkan untuk kesempatan sangat baik ini. Kami akan informasikan kepada kalian semua salah satu komponen sangat penting pada mesin motor yakni Noken AS, pada bagian ini bisa menentukan tenaga yang dihasilkan.

Dalam perhitungan noken as memang harus dihitung dengan sangat teliti, jika kalian asal-asalan dalam perhitungannya. Maka hal yang akan terjadi ialah mesin akan jebol, karena buka tutup klep tidak sesuai perhitungan yang mengakibatkan klep dan piston akan berbenturan. Untuk itu kalian semua harus ketahui terlebih dahulu akan cara kerja noken as motor dan fungsinya, agar kalian semua bisa memperhitungkan jika inging seting komponen satu ini.

Dalam perhitungan pada noken as, tidak setiap mekanik bengkel bisa melakukannya dikarenakan ada alat ukurnya sendiri. Untuk cara menggunakannya juga sangat rumit deh, karena harus di cek ini dan itu agar hasilnya sesuai dengan perhitungan sebelumnya. Bagi kalian semua yang ingin tahu cara kerja noken as dan fungsi utamanya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan untuk anda semua dibawah ini.

READ  13 Komponen Kopling Motor : Jenis & Fungsinya 2020

Cara Kerja Noken As Motor Serta Fungsinya

Cara Kerja Noken As Motor

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semua, jika noken as memang memiliki peran sangat penting akan performa mesin yang dihasilkannya. Karena pada noken as memiliki peran untuk membuka dan menutup klep agar proses pemabakaran bekerja dengan sempurna. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk kita simak saja ulasan dari kami yang sudah dipersiapkan untuk kalian para calaon oprak oprek berikut ini.

Cara Kerja Noken As Motor dan Fungsinya

Untuk cara kerja noken as motor ialah jika titik A menyentuh pelatuk, maka pada katup akan terangkat dan juga akan terbuka penuh setelah berada pada posisi tonjolan atau titik B. Jika sudah melewati puncak, maka katup akan turun serta tertutup seteah mencapai titik C. Dari titik A lalu naik ke titik C, kemudian akan kembali ke titik B dan itu yang namanya durasi noken as. Pada tinggi tonjolan noken as akan menentukan Lift Maxnya.

Pada dasarnya untuk komponen noken as merupakan salah satu part sangat penting sekali pada motor. Karena memiliki fungsi untuk membuka dan menutup klep, untuk noken as sendiri terdapat dua bagian yakni journal dan lobe. Pada bagian journal merupakan bagian batang kem yang akan berhubungan dengan dudukan laher dan gigi sentrik. Sedangkan untuk Lobe merupakan tonjolan dengan fungsi untuk buka tutup klep, dimana untuk cara kerjanya akan digerakan oleh rantai keteng yang akan menghubungkan pada part kruk as. Untuk perhitungan putaran noken as ialah dua kali putaran kruk as maka telah terjadi satu kali putaran noken as.

READ  Apa Itu Odometer Pada Mobil : Fungsi dan Cara Kerja 2020

Struktur Noken AS

Pada saat noken as berputar, maka satu tonjolan atau lift akan dorong klep masuk dan untuk tonjolan kedua berfungsi untuk mendorong klep keluar. Ketika klep terbuk, maka bahan bakar dan udara akan mengalir pada ruang bakarnya dan jika klep terbuka maka sisa hasil pembakaran akan terbuang. Selain itu juga akan mengatur pasokan bahan bakar dan udara untuk masuk ke kepala silinder sesuai dengan perhitungan dari langkah piston.

Jika anda semua sudah mengetahui akan cara kerja dan fungsi dari noken as motor, kami yakin kalian akan geleng-geleng kepala deh. Karena dalam pemasangan atau mengatur nokone as memang membutuhkan perhitungan sanagt tepat, jika asal-asalan sudah dapat dipastikan mesin akan jebol. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan untuk anda semuanya, semoga informasi tersebut dapat menambah ilmu seputar dunia otomotif.

Tags: ,