Perawatan Mobil Matic yang Wajib Kita Ketahui !

Perawatan Mobil Matic – Seiring berkembangnya teknologi semakin kesini semakin canggih saja, maka tidak heran jika mobil sudah hadir dengan dua mode tranmisi yakni manual dan matic. Akan tetapi untuk mobil jenis tranmisi matic dinilai lebih mudah dan lebih enak untuk digunakan. Pasalnya pengemudi tinggal masukan tranmisi jalannya saja, setelah itu tinggal injak pedal gas sudah jalan. Akan sangat berbeda dengan tranmisi manual yang harus injak kopling dan masukan gigi, setelah itu lepas kopling dan bersamaan injak pedal gas. Oleh karena itu banyak sekali orang yang lebih memilih untuk memiliki sebuah mobil matic, terutama bagi kalian yang berada di kota besar.

Namun dalam memiliki sebuah mobil matic, kalian semua harus tahu perawatan mobil matic agar awet dan tetap bertenaga. Selain itu juga kalian semua harus mengetahui perseneling mobil matic serta mengetahui fungsinya, karena pada perseneling mobil terdapat beberapa bagiannya. Pengertian tranmisi sendiri juga kita harus mengetahui, karena untuk saat ini terdapat beberapa jenis tranmisi pada mobil. Dengan kita mengetahui beberapa hal penting disetiap mobil, pastinya mobil akan lebih awet dan tahan lama. Namun kita semua juga perlu perawatan mobil matic agara mobil tetap oke dan memiliki performa yang tidak menurun meski sudah lama. Untuk mengetahui lebih lengkapnya dapa simak ulasan perawatan mobil matic dibawah ini.

Perawatan Mobil Matic yang Wajib Kita Ketahui

Perawatan Mobil Matic yang Wajib Kita Ketahui

Perawatan Mobil Matic yang Wajib Kita Ketahui

Kenapa kita semua harus memperhatikan dalam hal perawatan mobil matic, dengan kita merawat dengan benar mobil matic. Tentunya akan berdampak pada mobil kita, yang mana mobil akan terasa tetap sangat nyaman untuk digunakan dan pada komponen mesin juga tetap halus. Oleh karena itu kenapa peratan mobil matic harus benar-benar diperhatikan sekali bagi semua pengguna mobil matic. Baiklah untuk mengetahui lebih lengkapnya dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

READ  15 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis dan Ciri-Cirinya

1. Service Mobil Secara Rutin

Service secara rutin memang sudah menjadi sebuah hal wajib bagi kita semuanya, bahkan tidak hanya mobil saja. Untuk motor juga sama, diaman harus melakukan service secara rutin untuk mengetahui kondisi mesin masih oke atau tidak. Apalagi untuk mobil yang sering digunakan setiap hari atau sering keluar kota, pastinya ada beberapa komponen yang harus diganti. Untuk melakukan service secara rutin, sebaiknya kalian semua mencari bengkel yang terpercaya dan sudah menjadi langganan bagi kalian semuanya.

2. Ganti Oli Mesin

Untuk perawatan mobil matic yang selanjutnya cukup ganti oli mesin mobil matic kalian semuanya, untuk penggantin oli mesin biasanya setiap beberapa km sekali harus diganti. Pada umumnya setiap mobil harus ganti oli jika sudah 10.000 km atau 6 bulan sekali diganti. Tetapi jika mesin mobil dirasa sudah gak enak, apa salahnya untuk langsung mengganti oli mesin dengan yang baru.

3. Ganti Oli Tranmisi

Tidak hanya memperhatikan pada oli mesin saja, bagi pengguna mobil matic juga harus memperhatikan oli tranmisinya. Karena pada dasarnya sebuah mobil matic terdapat komponen yang sangat pentinga yakni pada tranmisinya yang terdapat komponen yang harus diganti yakni oli tranmisinya. Dimana untuk pergantian waktu oli tranmisi setiap 40.000 km sekali, pergantian tersebut standar dari beberapa para ahli.

Ganti Oli Mesin

Ganti Oli Mesin

4. Jangan Terlalu Lama di Diamkan

Apabila kalian jarang bepergian dengan mobil ,sebaiknya kalian semua harus rutin untuk memanaskan mesin mobil meskipun tidak digunakan. Hal tersebut agar oli mesin yang terdapat didalm mesin dapat menyebar keseluruh bagian mobil. Sehingga seluruh bagian mesin akan terkena oli mesin. Apabila kalian jarang memanasi mesin mobil matic, akan berakibat fatal atau sering trobel.

READ  Cara Memperbaiki Busi Mobil Paling Ampuh

5. Warming up

Untuk perawatan mobil matic yang selanjutnya, kaliam semua cukup melakukan warming up atau pemanasan mesin mobil sebelum kalian menggunakannya. Hal tersebut memang sangat dianjurkan sekali oleh beberapa para ahli, karena dengan melakukan pemanasan sebelum digunakan. Oli mesin akan menyebar ke seluruh beberapa bagian didalan mesin, sehingga akan mengurangi gesekan anat komponen mesin.

6. Gunakan Perseneling yang Benar

Meskipun mobil matic sangat mudah sekali untuk digunakan, namun kalian semuanya tetap hati-hati dalam menggunakannya. Dimana kalian semua harus perhatikan secara benara dalam menggunakan perseneling mobil, dalam perpindahan transmsisinya. Dari posisi parkir pindah ke posisi drive atau jalan. Sebaliknya juga dalam melakukan perpindahan dari posisi jalan ke posisi mundur.

7. Lakukan Uji Jalan

Dalam perawatan mobil tidak hanya service secara rutin saja, kalian semua juga harus melakukan uji jalan untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik. Semisalnya pada bagian remnya apakan masih bekerja dengan baik, lalu uji semua beberapa bagian yang dikira sangat penting sekali pada saat kalian berkendara. Sehingga nantinya pada saat dalam perjalanan tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan

8. Perhatikan Kondisi Mesin

Lalu perawatan mobil matic yang terakhir yakni perhatikan kondisi mesin, dalan hal ini memang perlu diperhatikan sekalia. Karena suara mesin mobil dengan kondisi bagus akan terdengar enak, namun bila mobil mengalami trobel atau kerusakan pastinya suara mesin mobil akan terasa berbeda dari biasanya. Dari sini kita bisa mengetahui bila mobil perlu mendapat perawatan dari sang ahli.

Itulah beberapa tipas dan cara perawatan mobil matic yang wajib untuk kalian ketahui bagi pemilik sebuah mobil matic. Dengan kita mengetahui beberapa hal seperti diatas, pastinya kita akan mengetahui akan kondisi mobil masih oke atau harus masuk kedalam bengkel untuk melakukan service. Dengan kita memperhatikan mobil kesayangan kita, pastinya mobil akan selalu dalam kondisi terbaik. Demikainalha yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tags: , ,