Persneling Mobil Matic dari Fungsi dan Cara Pakai Yang Benar

Persneling Mobil Matic – Produsen kenamaan otomotif saat ini memang banyak memproduksi berbagai macam kendaraan roda empat atau mobil dengan pilihan dua jenis transmisi, yakni transmisi manual dan juga transmisi otomatis. Dimana kedua jenis tipe transmisi manual dan tipe transmisi matic ini sama-sama banyak digemari oleh masyarakat di dunia ini, tak terkecuali di tanah air kita ini. Hal ini juga bukan tanpa alasan, karena transmisi tersebut pastinya memiliki keunggulan tergantung dari mereka yang menyukai jenis transmisi yang mana.

Berbicara mengenai transmisi, kita pasti sudah mengetahui juga mengenai persneling mobil. Dimana persneling adalah sistem roda dan hidrolik yang menghantarkan tenaga mekanis dari penggerak roda dengan kecepatan yang rendan akan tetapi memiliki gaya putar yang lebih tinggi. Disamping itu sistem ini juga memungkinkan untuk melakukan pergantian perbandingan kecepatan tenaga atau arah putaran.

Dalam kendaraan roda empat atau mobil saat ini memang memiliki dua jenis transmisi yang sudah kami sebutkan di awal tadi, namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai fungsi dan cara pakai persneling mobil matic yang benar. Cara pakai persneling mobil matic ini memang lebih mudah dibandingkan dengan cara pakai persneling manual yang memang cukup ribet dan harus teliti dalam menggunakannya.

Persneling Mobil Matic dari Fungsi dan Cara Pakai Yang Benar

Persneling Mobil Matic dari Fungsi dan Cara Pakai Yang Benar

Persneling Mobil Matic dari Fungsi dan Cara Pakai Yang Benar

Bagaimana sih cara mengemudikan mobil matic dengan benar? dibawah ini kami telah menyiapkan sejumlah ulasan mengenai persneling mobil matic dari fungsi dan cara pakai yang benar. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini. Akan tetapi sebelum berlanjut ke pembahasan utama, alangkah baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai poin penting yang terkait dalam cara pakai persneling mobil matic dibawah ini.

  • Berbicara soal transmisi otomatis, transmisi ini hadir di Indonesia diawali dari sepeda motor yang mana sangat memudahkan si pengendara dengan tidak perlu menambahkan kecepatan atau mengurangi kecepatan dengan menekan gigi, sehingga kita hanya perlu mengatur kecepatan kendaraan hanya dengan menarik gas sesuai keinginan kita. Nah seiring dengan berkembangnya zaman maka brand kenamaan mobil pun juga turut menciptakan mobil dengan mesin transmisi matic yang saat ini telah banyak dipasarakan di seluruh dunia dan Indonesia.
  • Untuk mesin mobil dengan transmisi otomatis ini memiliki jenis CTV yang mana dilengkapi dengan adanya toombol Overdrive (OD). Lalu dengan adanya step AT/AT maka mobil yang bertransmisi otomatis ini memiliki tomboil OD yang berada di tuas yang berfungsi memindahkan gigi atau lainnya. Jika ingin me-non aktifkan OD, kalian hanya perlu menggeser tuas terswebut ke posisi 3.
  • Perlu kalian ketahui bahwa hanya ada beberap mobil yang memiliki sistem pengoperasian otomatis.
  • Transmisi otomatis juga sudah hadir di beberapa jenis mobil yang masuk dalam kategori mobil kelas menengah kebawah, menengah keatas dan juga mobil mewah sekalipun.
  • Dalam pengoperasian persneling mobil matic juga harus hati-hati karena perpindahan tuas tidak berlangsung dengan bebas, dimana dari tuas itu sendiri memiliki fungsi yang berbeda seperti perpindahan gigi sehingga dalam mengendarai segala macam jenis mobil kita harus lebih berhati-hati.
READ  Apa Itu Laher Motor ? Bagaimana Memperbaiki Laher Motor Rusak

Setelah tadi kita membahas mengenai poin-poin penting dalam urusan mesin mobil dengan transmisi otomatis, maka dibawah ini kalian dapat menyimak cara pakai persneling mobil matic yang benar dan juga mengetahui fungsi dari persneling mobil matic itu sendiri.

Fungsi dan arti Huruf pada Persneling Mobil Matic

Fungsi dan arti Huruf pada Persneling Mobil Matic

1. Langkah pertama adalah ketika pertama menghidupkan atau mengendari mobil matic sebaiknya yang pertama kali kita lakukan adalah memastikan terlebih dahulu jika persneling mobil matic dalam posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain seperti N (Netral). Mobil matic saat ini di desain cukup baik sehingga mobil hanya akan hidup jika tuas persneling mobil matic berada di posisi N atau P.

2. Jika mesin mobil telah dihidupkan, maka tunggu beberapa menit hingga suhu mesin dan juga transmisi dapat tercapai secara otomatis. Dari sekian macam bentuk transmisi otomatis, maka percepatan dan perpindahan yang secara otomatis belum terjadi dengan maksimal karena suhunya belum normal.

3. Ketika kita akan menjalankan mobil, pastikan terlebih dulu jika pedal rem sudah ditekan. Dan jika kita akan menggeser persneling dari P ke R dan N ke D atau mungkin sebaliknya, dengan adanya rem dalam penggeseran tuas persneling mobil matic salah satunya adalah untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil tersebut.

4. Nah jika ingin memulai perjalan dalam kondisi yang normal, kalian perhatikan tuas apakah dalam posisi D, dan jika kalian ingin memundurkan mobil maka geserlah tuas ke posisi R. Dalam mengendarai mobil pastinya kita akan menemukan berbagai macam jalur, baik lurus, belok maupun menanjak bahkan juga turunan. Disini kalian dapat melakukan pergeseran tuas persneling ke posisi 1 atau L JI.

5. Pada transmisi otomatis juga terdapat mode pengoperasian ekonomis. Mode ini biasanya digunakan dalam kondisi saat melakukan perjalan di perkotaan yang sudah dikenal akan kemacetannya. Setiap pengemudi pastinya ingin menghemat bahan bakar mereka dalam kondisi macet, nah disinilah kalian dapat mengubahnya ke mode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan secara otomatis berlangsung di awal.

READ  Apa Itu Rem ABS ? Bagaimana Cara Kerja Rem ABS

Dalam mode power kemungkinan terjadinya perpindahan kecepatan otomatis biasanya lebih lambat sehingga mobil dapat berakselerasi. Dalam mobil dengan transmisi otomatis ada beberapa pilihan, dalam pemilihan mode pengoperasi akan sama seperti pemilihan mode pengoperasian S (Sport).

6. Dalam transmisi mobil matic juga terdapat tombol OD atau menggeser tuas persneling mobil matic ke posisi 3 yang berfungsi untuk membantu kita dalam berakselerasi ketika menggunakan gigi 3. Jika kita ingin memacu kendaraan dengan lebih cepat atau menyalip mobil yang ada di depan kita maka kita harus menggunakan kecepatan berkisar 60 hingga 80 km/jam. Nah jika tombol OD/OFF menyala, itu pertanda bahwa perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya di gigi 3 saja.

7. Untuk penggunaan mode transmisi manual, maka kalian dapat memilij mode M (Manual). Dengan adanya fasilitas manual matic, hal ini memungkinkan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan, dimana hanya dengan menggeser tuas persneling mobil ke posisi M atau juga ketika mobil dalam keadaan berhenti dan juga dalam keadaan mobil berjalan pelan, kemudian menggeser tuas persneling (+) untuk menambah dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.

Ada beberapa macam jenis mobil matic yang dilengkapi dengan pedel shift yang berada di bagian belakang pengemudi namun hanya beberapa mobil tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tersebut. Setelah tuas digeser ke M maka mobil akan pelan-palan menarik pedel ke posisi (+) kanan guna untuk menambah gigi atau mengurangi gigi ke posisi (-) kiri.

Lalu mobil matic yang tidak dilengkapi dengan adanya fasilitas seperti itu, sebenarnya bisa saja jika memindahkannya atau mempercepat gigi dengan manual. Seperti contoh, jika ingin memulai dengan gig 1 dan untu menambah ke gigi 2 kalian cukup menggesernya ke tuas 2 dan begitu selanjutnya. Dan sebelum menggeser ke tuas D maka terlebih dulu tekan tombol OD agar OD/OFF.

Sebaliknya, hal ini dilakukan agar ketika perpindahan gigi tidak terjadi secara otomatis. Dalam mobil matic PRN D-3 2 1/L, jika ingin memindahkan gig 2 ke 3 juga dapat dilakukan dengan menggeser tuas persneling mobil matic ke 3, dan jika ingin menambah gigi ke 4 maka geser dari 3 ke D. Pemindahan gigi yang dilakukan juga harus hati-hati, hal ini karena gas akan sangat mempengaruhi dalam pengurangan gigi. Nah hal-hal inilah yang menjadik garis besar dalam cara pakai persneling mobil matic.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai persneling mobil matic dari fungsi dan cara pakai yang benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua para pecinta otomoti. Sekian dari kami terima kasih atas perhatiannya.

Tags: