20 Komponen Transmisi Manual : Pengertian & Fungsi

Komponen Transmisi Manual – Sistem transmisi atau sistem penggerak merupakan salah satu sistem yang ada di dalam kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Namun pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai sistem transmisi manual pada kendaraan roda empat/mobil. Setiap kendaraan saat ini memiliki dua jenis sitem transmisi, yakni transmisi manual dan transmisi otomatis atau dikenal dengan matic.

Berbicara mengenai sistem transmisi manual, sistem transimisi ini merupakan sistem bergerak yang tersusun dari beberapa gabungan roda-roda gigi yang memindahkan putaran serta momen engkol menuju roda penggerak. Tujuan utama dari sistem transmisi adalah untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan yang disesuaikan dengan kondisi pada saat mengemudi. Sistem ini juga digunakan untuk memenuhi karakteristik dari mesin mobil.

Karakteristik tersebut diantaranya dapat memperoleh tenaga besar ketika start dan berjalan di jalanan tanjakan, kemudian menggerakanm roda ke arah yang berbalik arah atau bisa dikatakan mundur, dan yang terakhir adalah dapat menggerakan roda pada kecepatan tinggi selama mengemudi dalam kecepatan yang tinggi juga. Untuk memenuhi karakteristik tersebut, kendaraan juga harus memenuhi beberapa peraturan, yakni memiliki sistem transmisi yang baik dan masih ada beberapa lainnya.

Itulah beberapa pengetahuan lain mengenai sistem transmisi manual. Untuk soal komponen transmisi manual, ada banyak komponen transmisi manual yang dapat kalan perhatikan pada pembahasan kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai komponen transmisi manual dan juga fungsi komponen transmisi manual yang sudah kami siapkan berikut ini.

Daftar Isi

READ  Cara Membaca Ukuran Ban Motor :Matic, Bebek, Sport, Trail

Komponen Transmisi Manual : Pengertian & Fungsi

Komponen Transmisi Manual

Fungsi Transmisi Manual

Fungsi Transmisi Manual

Secara umum transmisi sebagai salah satu komponen sistem pemindah tenaga atau power train yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Meneruskan tenaga / putaran mesin dari kopling ke poros propeler.
  • Merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan (beban mesin dan kondisi jalan).
  • Memungkinkan kendaraan dapat berjalan mundur (reserve) pada kendaraan lebih dari 2 roda.

Macam-macam Tipe Transmisi Manual

Tipe Transmisi Manual

  • Transmisi Tipe Sliding Mesh ini adalah jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan gigi dengan cara menggeser langsung roda gigi input dan out putnya.
  • Transmisi Tipe Constant Mesh merupakan jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan giginya memerlukan bantuan kopling geser agar terjadi perpindahan tenaga dari poros input ke poros out put.
  • Transmisi Tipe Sincromesh dapat menyamakan putaran antara roda gigi penggerak (in put)dan roda gigi yang digerakkan (out put).

Komponen Transmisi Manual

TRANSMISI MANUAL

1. Poros Input Transmisi

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai sumbu yang bekerja sama dengan kopling untuk memutar gigi di dalam gearbox.

2. Gigi Transmisi

Gigi transmisi atau Gear Transmission fungsinya yaitu mengubah input tenaga dari mesin menjadi dari output gaya torsi sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan.

3. Gigi Penyesuaian (Synchronizer)

Gigi Penyesuaian fungsinya untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang berkerja.

4. Garpu Pemindah (Shift Fork)

Komponen ini memiliki fungsi memindahkan gigi pada sumbunya, sehingga gigi akan mudah untuk dipasang atau dipindahkan.

5. Tuas Penghubung (Shift Lingkage)

Adalah batang atau tuas yang menghubungkan antara tuas persneling dengan shift fork

6. Tuas Pemindah Persneling

Tuas untuk memungkinkan pengemudi dapat memindahkan gigi transmisi bedasarkan kondisi mengemudi.

READ  Fungsi Turbocharger dan Manfaat pada Mesin Diesel

7. Bak Transmisi

Bak Transmisi atau Gear Shift Lever digunakan sebagai dudukan bearing transmisi serta poros-poros. Adapun itu, bak transmisi juga digunakan untuk wadah penyimpanan oli transmisi.

8. Output Shaft

Komponen berupa poros yang dapat mentransferkan torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir, sekaligus dudukan persneling

9. Bantalan (Main Bearing)

Berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.

10. Counter Gear

Counter Gear fungsinya untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

11. Reverse Gear

Mengubah arah dari putaran output shaft sehingga mobil bisa berjalan mundur.

12. Hub Slave

Pengunci penyesuaian gigi percepatan sehingga output shaft bisa berputar dan berhenti.

13. Speedometer Gear

Sebagai penggerak kabel untuk mengukur kecepatan mobil yang dikendarai.

14. Wadah Transmisi

Transmission case digunakan sebagai pelindung komponen dalam transmisi sekaligus berfungsi untuk dudukan bearing transmisi beserta poros-poros input dan outputnya. Untuk fungsi lainnya adalah sebagai tempat menampung oli transmisi.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai komponen transmisi manual yang dapat kalian pahami diatas. Selain itu kalian juga dapat memahami mengenai jenis atau macam tipe transmisi manual. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tags: , ,