√ Oli Transmisi Manual : Fungsi, Ciri, Rekomendasi & Harga

Oli Transmisi Manual – Oli transmisi menjadi bagian yang cukup penting keberadaannya di dalam sebuah kendaraan. Sebab hampir sama seperti halnya oli mesin, oli transmisi digunakan untuk memberi pelumasan pada bagian sistem transmisi. Dengan begitu perpindahan gigi pun akan terasa lebih lancar dan halus.

Dengan mengetahui pentingnya penggunaan oli transmisi, maka sudah seharusnya kalian juga selalu melakukan penggantian secara berkala. Dengan tujuan untuk membuat kinerja transmisi akan tetap prima dan maksimal. Namun di saat melakukan penggantian ada beberapa hal perlu diperhatikan.

Salah satu diantaranya adalah JENIS OLI yang akan dipakai. Sebab setiap tipe transmisi memiliki jenis oli berbeda-beda. Sebagai contoh, mobil kalian menggunakan transmisi otomatis, maka pakailah oli transmisi khusus untuk jenis transmisi tersebut.

Begitu juga ketika motor atau mobil flikermania memakai sistem transmisi manual, maka oli transmisi manual menjadi pilihan paling tepat untuk digunakan. Tidak hanya itu, memiliki oli transmisi manual pun juga harus sesuai serta teliti.

Oli Transmisi Manual dari Fungsi Ciri Rekomendasi Harga

Hal tersebut perlu dilakukan karena sekarang ini ada banyak oli transmisi palsu yang tak sesuai dengan standarisasi. Jika tetap kalian pilih dan gunakan, kerusakan sistem transmisi pun bisa saja terjadi akibat buruknya oli transmisi manual yang digunakan.

Fungsi Oli Transmisi Manual

Fungsi Oli Transmisi Manual

Dari penjelasan singkat diatas, tentu bisa kita pahami bahwa oli transmisi memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin dan juga rasa nyaman berkendara.

Hal tersebut tidak terlepas dari beragam fungsi oli transmisi yang cukup penting. Nah bicara mengenai fungsi oli transmisi, berikut ada beberapa fungsi yang perlu flikermania pahami dan ketahui.

  1. Sebagai penjaga komponen mesin agar tetap memiliki masa pakai lama dan tahan lama.
  2. Menjaga kinerja mesin disaat adanya putaran mesin yang meningkat karena tarikan gas yang besar.
  3. Mencegah debu atau kotoran terkontaminasi pada mesin kendaraan.
  4. Mencegah para pemilik kendaraan harus melakukan turun mesin.
  5. Serta untuk memberikan rasa nyaman bagi pengendara atau pengemudi saat ingin melakukan perpindahan gigi.

Itulah beberapa fungsi utama dari oli transmisi manual yang harus dan wajib flikermania ketahui. Jadi tidak heran apabila keberadaan dan penggunaan oli transmisi manual harus benar-benar sesuai, tetap dan pas.

Ciri Ciri Oli Transmisi Harus Ganti

Ciri Ciri Oli Transmisi Harus Ganti

Lantas kapan waktu ganti oli transmisi manual yang tepat? Ini menjadi salah satu pertanyaan yang mungkin sering sekali banyak pengguna motor ataupun mobil tanyakan. Karena tidak bisa di pungkiri meski penggunaan mobil atau motor begitu banyak.

READ  20 Harga Oli SGO Terbaru & Terlengkap Semua Jenis 2021

Akan tetapi tidak semua pengguna tahu CARA MERAWAT MOTOR atau mobil yang baik dan benar. Oleh karena itu, selain akan memberikan rekomendasi oli transmisi manual terbaik, dibawah ini akan otoflik rangkum lebih dulu beberapa tanda atau ciri ciri oli transmisi harus segera diganti.

  1. Saat kendaran sudah terasa berat saat berjalan, terutama di kondisi medan jalan menanjak.
  2. Saat perpindahan gigi dilakukan terasa ada yang mengganjal atau bahkan berat dan sulit atau kasar.
  3. Lampu check engine pada mobil terus menyala.
  4. Terdengar suara dengung dari komponen transmisi yang saling berbenturan/bergesekan namun tidak secara halus.
  5. Ketika kondisi oli transmisi dicek, warna yang di perlihatkan sudah berubah.

Rekomendasi Oli Transmisi Manual Terbaik

Bagaimana mudah bukan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli transmisi? Setelah mengetahuinya, berikut kiranya beberapa rekomendasi merk dan tipe oli transmisi manual terbaik yang bisa kalian pakai saat ingin menggantinya dengan oli baru.

1. Shell Spirax S3 G 80W

Shell Spirax S3 G 80W

Rekomendasi oli transmisi manual terbaik pertama datang dari merk Shell dengan tipe Shell Spirax S3 G 80W. Dengan menggunakan oli yang satu ini, bisa dipastikan sistem transmisi akan terasa lebih maksimal.

Mengingat oli ini dirancang memang untuk memberikan manfaat baru dengan berdasarkan pada tingkat serta performa yang lebih baik. Dimana oli ini sudah memakai teknologi aditif sehingga bisa memberikan lubrikasi KOMPONEN TRANSMISI secara maksimal.

2. BM1 Gear Lube 90 GL-5

BM1 Gear Lube 90 GL 5

Rekomendasi oli transmisi manual terakhir bisa kalian jadikan pilihan yaitu BM1 Gear Lube 90 GL-5. Oli ini di jual dalam kemasan 1 liter dengan harga relatif terjangkau. Meski demikian, oli ini tetap bisa diandalkan karena sudah dilengkapi dengan adanya komponen PC-AFA.

Yang dimana komponen terkandung di dalam oli tersebut akan dapat mengurangi tingkat gesekan serta tetap melekat pada sela-sela gigi transmisi. Selain itu oli BM1 Gear Lube 90 GL-5 juga punya tingkat kekentalan SAE 90 yang tentu sudah cukup untuk baik bagi transmisi.

3. STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula

STP Gear Oil SAE 80W 90 Tropical Formula

Rekomendasi merk oli transmisi manual terbaik berikutnya yaitu STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula. Merk ini sudah memiliki keunggulan yang mampu memberi perlindungan terhadap komponen transmisi dengan baik, serta mampu melawan oksidasi.

READ  5 Jenis Oli Motor di Indonesia & Wajib Kamu Tahu, Apa Pentingnya?

Menarinya oli satu ini juga sudah dilengkapi dengan adanya formula tropical yang akan memungkinkan proteksi secara maksimal pada bagian gear-shifting transmisi. Sehingga sangat cocok untuk bisa kalian gunakan ketika ingin ganti oli transmisi manual.

4. Pertamina Rored EPA SAE 90

Pertamina Rored EPA SAE 90

Selanjutnya ada oli transmisi manual dari merk pertamina dengan tipe Pertamina Rored EPA SAE 90. Oli ini bisa diandalkan karena sudah punya tingkat kekentalan SAE 90 sesuai dengan namanya. Selain itu oli pun memang dirancang untuk bisa bekerja maksimal.

Terutama pada  kendaraan dengan JENIS TRANSMISI manual. Selain itu oli Pertamina Rored juga sudah dilengkapi formula aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol). Yang membuat sistem transmisi begitu lancar.

Harga Oli Transmisi Manual

Harga Oli Transmisi Manual

Dari beberapa rekomendasi diatas mungkin masih ada dari kalian yang ingin menggunakan oli transmisi manual lainnya. Oleh karena itu dibawah ini sudah otoflik siapkan pula beberapa rekomendasi lengkap dengan harga oli transmisi manual terlengkap dan terbaru untuk semua merk dan kemasan.

Tipe/Merk OliKemasanHarga
PTT Lubricants GL-5 SAE 90 API GL-51 LiterRp 89.100
Shell Spirax S3 G 80W1 LiterRp 340.000
Shell Spirax S2 G 80W-901 LiterRp 65.000
Toyota GL-4 80W-901 LiterRp 72.500
BM1 Gear Lube 90 GL-51 LiterRp 105.000
Toyota Genuine Parts 08885-80930 TMO Diff Gear1 literRp 82.500
STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula1 literRp 125.000
Idemitsu Gear Oil 80W-90 GL-51 literRp 90.000
Prestone Synthetic Gear Oil 80W-90 API GL 51 LiterRp 90.000
Castrol MTF API GL-4 GL4 80W-901 literRp 45.000
Top 1 Synthetic Gear Oil SAE 90 API GL 51 LiterRp 90.000
Unilub Gear SAE 1401 LiterRp 95.000
Shell Spirax S3 G 80W1 LiterRp 120.000
Suzuki Ecstar 75W-801 LiterRp 80.000
Shell Spirax Astra 80W-90 API GL4 GL 41 literRp 75.000
Unilub Gear SAE 904 LiterRp 235.000
Shell Spirax S2 G 904 LiterRp 234.000
Lubricants GL-5 SAE 80W90 API GL-55 literRp 335.000

Harga oli transmisi manual di atas otoflik dapat dari beberapa online shop, jadi tidak menutup kemungkinan ada perbedaan dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Akhir Kata

Sekian kiranya informasi mengenai oli transmisi manual dari fungsi, ciri harus ganti, rekomendasi dan harga yang dapat otoflik.com rangkum dan sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah kami tulis dan rangkum di atas bisa menjadi referensi dan juga wacana menarik, membantu serta bermanfaat.

Tags: , ,