13 Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar Saat Diam, di Gas & AC dinyalakan

Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar – Jumlah pemilik mobil di Indonesia memang terus bertambah belakangan ini. Tak heran apabila mobil seri terbaru terus muncul tiap tahunnya dengan berbagai seri. Melakukan perawatan mobil memang sudah sewajarnya dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang parah. Saat mobil berada di kondisi tidak baik maka akan muncul beberapa gejala seperti sensor menyala, bergetar bahkan sampai tidak bisa menyala.

Jangan sepelekan kap mesin mobil bergetar karena bisa jadi terdapat beberapa penyebab yang berbahaya. Penting halnya untuk mengetahui penyebab kap mesin mobil bergetar karena sangat mempengaruhi kenyamanan serta keamanan berkendara. Kap mobil memang berfungsi menutup bagian mesin agar terpisah dari lingkungan luar. Jadi perawatan mesin mobil perlu rutin karena bisa jadi terdapat kerusakan di dalamnya.

Bagi pemula memang susah untuk mencari penyebab mengapa kap mobil bisa bergetar. Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan datang ke bengkel terdekat. Namun biasanya bagi yang tidak tahu mesin mudah sekali tertipu dengan bengkel karena akan diajukan pergantian spare part yang tidak perlu.

Jadi tidak ada salahnya jika kita mengetahui lebih dahulu penyebab kap mesin mobil bergetar karena bisa menentukan langkah penanganan tepat. Terlebih getaran yang tak wajar di mobil perlu diperbaiki secara cepat agar tidak merembet ke komponen lainnya. Misalnya jika setelan mesin bermasalah sehingga mobil bergetar maka akan menimbulkan kerusakan keseluruhan bagian yang ada didalamnya.

Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar

Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar

Sebenarnya kita bisa mengetahui penyebab kap mobil bergetar dengan meneliti beberapa komponen mesin. Kadang kita menjumpai mesin mobil bergetar saat diam, saat ac dinyalakan bahkan ketika sedang di gas. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa analisa penyebab kap mesin mobil bergetar.

READ  8 Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Paling Mudah

1. Karet Penahan Kap Mesin Rusak

Karet penahan kap mesin memang sangat penting fungsinya karena mampu menahan getaran mesin pada saat berjalan. Selain itu karena panas dari mesin mobil maka karet penahan akan mengalami perubahan bentuk. Biasanya pecah atau bisa juga gepeng sehingga fungsinya tidak lagi maksimal. Mengatasinya adalah dengan mengganti dengan yang baru, harganya cukup murah karena berada dikisaran dibawah 100 ribuan.

2. Setelan Mesin Bermasalah

Penyebab berikutnya adalah pengaturan mesin bermasalah sehingga menyebabkan getaran engine mount. Jadi pilihlah bengkel yang benar benar memiliki kredibilitas baik sehingga mobil kalian bisa di setel dengan benar.

3. Dudukan Mesin

Dudukan mesin atau engine mount memang dirancang untuk memiliki ketahanan kuat yang menopang akselerasi mobil. Apabila mobil sudah pernah mengalami kecelakaan atau guncangan parah maka bisa jadi ketahanan dudukan mesin akan menurun. Hal itu juga bisa menyebabkan kap mesin mobil bergetar. Agar mobil bisa kembali stabil maka kalian bisa memperbaiki disisi dudukan agar lebih kuat.

4. Permasalahan Busi

Seperti yang kita tahu busi memang komponen sensitif dimana sering bermasalah. Apabila salah satu busi mobil mati maka akan menyebabkan mesin pincang sehingga kap mesin mobil bergetar. Perlu segera mengganti busi dengan yang baru agar mobil bisa berjalan normal.

5. Piston Bermasalah

Penyebab kap mesin mobil bergetar berikutnya adalah piston yang goyang. Secara langsung mobil akan mengalami penurunan tenaga. Kebanyakan terjadi karena pengemudi memacu mobil dalam kecepatan tinggi sehingga terjadi aus maupun kerusakan piston. Tentunya piston yang sudah tidak sempurna akan membuat mobil bergetar.

6. Masalah Shockbreaker

Shockbreaker bisa jadi pemicu kap mesin bergetar karena berpengaruh dibagian kestabilan mobil secara keseluruhan. Semisal shockbreaker sudah tidak sehat maka akan memunculkan getaran saat berkendara.

7. Pemasangan Velg

Velg menjadi tumpuan utama untuk menahan beban keseluruhan body mobil. Semisal velg sudah keropos atau pecah maka akan berpengaruh pada jalannya mobil. Biasanya berkendara pada kecepatan tinggi cenderung akan membuat velg bengkok sehingga kap mobil bergetar.

READ  4 Cara Membuat Suara Turbo Pada Mobil yang Mudah

8. Propeller Mengalami Kerusakan

Masalah ini sering dihadapi apabila mobil kalian berjenis penggerak roda belakang. Tentunya dengan kerusakan propeller mobil akan bergetar pada bagian belakang. Bahkan efek buruknya mampu memperburuk keseimbangan mobil pada saat kecepatan rendah atau jalan lurus. Segera perbaiki propeller maupun menggantinya.

9. Permasalahan Pada Bagian As Roda

Perputaran roda yang tidak sempurna menjadi penyebab kap mesin mobil bergetar. Sumber penyebabnya adalah as roda yang sudah aus atau rusak. Secara perlahan komponen ini akan memicu getaran di bagian mobil.

10. Permasalahan Pada Bagian Rem

Penyebab beriktunya adalah rem yang sudah aus dan sudah tidak pakem lagi. Pada saat mobil dipacu kemudian di rem mendadak maka akan muncul getaran dan goncangan berlebih. Oleh karena itu selalu periksa keadaan rem mobil agar tetap prima.

11. Kampas Kopling

Kampas kopling sering jadi penyebab mobil begetar, apalagi jika sudah akan habis. Getaran disebabkan permukaan flywheel tidak rata. Pada bengkel terdapat alat bernama dial gauge untuk pengukuran kerataan flywheel. Jika harus mengganti kampas maka lakukan pergantian secara benar.

12. Ban

Ban juga bisa jadi penyebab mobil bergetar. Jika kondisi ban sudah tidak sempurna karena terkisis, banyak benjolan dan tidak layak pakai maka ganti dengan yang baru. Ban mempengaruhi keamanan saat berkendara sehingga lakukan pengecekan rutin.

13. Masalah Pada AC

Penyebab yang terakhir adalah sistem AC, biasanya pada fan rotor yang harus diganti karena kerusakan. Jika fan berputar tidak normal maka akan menyebabkan kap mesin mobil bergetar sehingga mengurangi rasa nyaman berkendara.

Dari seluruh penyebab kap mesin mobil bergetar diatas memang harus dicek satu per satu agar mengetahui sumbernya. Apabila terjadi kerusakan spare part atau komponen maka silahkan ganti baru agar tidak mengganggu kinerja mesin.

Tags: