8 Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic & Diesel Yang Benar

Cara Membersihkan Mesin Mobil – Sudah semestinya jika kita memiliki kendaraan, kendaraan tersebut harus kita rawat dengan baik. Tidak hanya soal penampilan luar saja, namun juga bagian dalam mobil tersebut juga sering di bersihkan. Dengan begitu maka mobil baik itu jenis matic ataupun diesel akan tetap nyaman dan aman untuk dikendarai.

Sebenarnya untuk membersihkan mesin mobil matic ataupun diesel terbilang mudah sekali. Asalkan anda sudah tahu beberapa hal penting yang wajib dilakukan dan di hindari ketika membersihkan mesin mobil. Jangan sampai anda salah dalam membersihkan mesin karena akan berakibat fatal.

Penanganan mesin mobil yang sudah lama tidak di bersihkan tentunya berbeda sekali dengan cara hilangkan karat pada rantai motor. Anda harus benar-benar teliti dalam melakukan pembersihkan mesin mobil diesel ataupun matic. Karena ada beberapa bagian yang tidak boleh di pegang jika anda tidak paham soal mesin mobil.

Memang membersihkan bagian interior ataupun eksterior mobil lebih simple dan tidak perlu memakan waktu lama. Berbeda dengan membersihkan mesin mobil, karena anda harus bersabar dan teliti. Jangan sembarangan agar nantinya performa mesin mobil anda bagus dan nyaman.

Cara Membersikan Mesin Mobil Matic dan Diesel

Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic & Diesel Yang Benar

Disini kami akan memberitahukan cara membersihkan mesin mobil untuk mobil matic ataupun diesel. Yang bertujuan agar anda bisa membersihkan mesin mobil sendiri tanpa perlu ke bengkel.

READ  Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel yang Baik & Benar

1. Memanaskan Mesin Mobil

Sebelum membersihkan mesin mobil alangkah baiknya anda untuk memanaskan mesin mobil selama 10 menit dan setelah itu diamkan sebentar sampai mesin kembali dingin. Jangan melakukan pembersihan mesin ketika mobil dalam keadaan tidak pernah di panaskan.

2. Menggunakan Sarung Tangan

Disini untuk keamanan anda wajib menggunakan sarung tangan. Fungsi sarung tangan ini untuk melindungi tangan anda dan tangan anda tidak mudah kotor.

3. Membungkus Bagian Mesin Yang Ada Daya Listrik

Ada beberapa komponen mesin mobil yang memiliki daya listrik. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan bungkus bagian mesin tersebut bisa memakai alumunium foil.

4. Menyiram Menggunakan Air Tekanan Rendah

Untuk membersihkan mesin mobil memakai air wajib untuk menggunakan air tekanan yang rendah. Hindari penggunaan steam mobil ketika membersihkan mesin mobil. Karena hal tersebut bisa merusak mesin mobil anda.

5. Menggunakan Spon

Anda bisa menggunakan spon yang lembut karena spon lembut akan menghindarkan mesin anda tergores. Dan anda juga mudah dalam membersihkan mesin mobil.

6. Bisa Memakai Sabun Colek

Anda bisa menggunakan sabun colek untuk membersihkan beberapa bagian mesin mobil yang membandel. Tapi ingat disini anda harus hati-hati jangan terlalu banyak menggunakan sabun.

7. Jangan Lupa Bersihkan Sisa Bekas Sabun

Setelah mesin sudah dibersihkan, tinggal anda membersihkan mesin dari sisa bekas sabun secara teliti dan hati-hati. Jangan sampai anda tutup mesin mobil dalam keadaan mesin masih ada bekas sabun.

8. Kembali Panaskan Mesin Mobil

Jika dirasa sudah bersih dan mesin tidak ada bekas sabun. Maka anda tinggal tutup mesin mobil lalu anda kembali panaskan mesin mobil selama 5 menit saja.

READ  15 Cara Mengendarai Motor Matic Dalam Kondisi Apapun

Lakukan cara membersihkan mesin mobil matic dan diesel diatas secara teratur bisa 1 minggu sekali tergantung anda memakai mobil tersebut rutin atau tidak. Jika tidak rutin maka bisa 1 bulan sekali. Demikian informasi mengenai cara membersihkan mesin mobil, semoga informasi yang kami beritahukan disini bermanfaat dan anda bisa membersihkan mesin mobil sendiri.

Tags: ,