3 Pembersih Kerak Mesin : Jenis, Fungsi & Cara Penggunaan

Pembersih Kerak Mesin – Sampai dengan saat ini bagian paling sering dan bahkan selalu menjadi perhatian para pemilik mobil ataupun motor adalah bagian interior dan bagian eksterior. Kebanyakan dari mereka selalu memberikan semua hal terbaik untuk membuat tampilan yang mereka inginkan terlihat begitu sempurna.

Padahal di balik itu semua ada satu bagian penting yang mungkin bisa di bilang begitu fatal jika tidak di rawat dengan baik, dan bagian tersebut yaitu jantung pacu atau mesin dari kendaraan tersebut. Sebagai otak dari segalanya, mesin pada sebuah kendaraan memang perlu perhatian khusus, bahkan bagian ini sangat penting untuk di rawat secara rutin.

Hal tersebut dapat di lakukan dengan cara melalukan service secara berkala dan melakukan tune up pada mesin mobil agar performa yang di tawarkan tetap sempurna. Dalam hal perawatan mesin kendaraan pun tentu masih di bagi lagi menjadi beberapa bagian. Yang dimana semua itu di lakukan karena memang adanya perbedaan penanganan.

Dari sekian banyaknya perawatan mesin yang harus di tangani, salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah kebersihan, baik itu dari debu, oli, ataupun kerak. Apabila semua itu selalu kalian perhatikan, maka mesin akan mampu bertahan lama. Bicara mengenai kebersihan mesin dari kotoran atau kerak, saat ini terdapat pembersih kerak mesin yang bisa menjadi solusi.

Jenis, Fungsi dan Cara Menggunakan Pembersih Kerak Mesin

Jenis Pembersih Kerak Mesin

Bahkan semakin majunya teknologi saat ini, untuk membersihkan mesin mobil atau motor pun bisa di bilang lebih mudah karena adanya pembersih kerak mesin tersebut. Bahkan tercatat ada beberapa jenis pembersih kerak mesin yang bisa kita gunakan saat ini yang memiliki peruntukan dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu otoflik.com akan merangkumnya secara lengkap di bawah ini.

READ  30 Mobil Tercanggih di Dunia 2020 Terkeren dan Paling Mengesankan

Fungsi Utama Pembersih Mesin

Sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih detail harus kalian pahami, meski saat ini ada beberapa jenis pembersih kerak mesin yang beredar dipasaran. Akan tetap fungsi utama dari semua jenis pembersih tersebut yaitu untuk membuat mesin tetap terlihat bersih dan akan memperpanjang umur atau masa pakai. Lalu apa saja jenis-jenis permbersih tersebut ?

Jenis Pembersih Kerak Mesin

Menjawab peretanyaan diatas, berikut ini otoflik.com sudah merangkum beberapa jenis pembersih mesin beserta masing-masing fungsinya.

1. Engine Conditioner

Engine Conditioner

Pembersih kerak mesin pertama yang harus kalian ketahui yaitu Engine Conditioner. Pembersih ini berbentuk sebuah carian yang di dibuat dengan menggunakan bahan solvent yang di mana memiliki bentuk foam atau buas yang dapat digunakan secara berkala.

Fungsi dari cairan Engine Conditioner yaitu unguk membantu kita membersihkan bagian paling penting didalam sebuah mesin kendaraan baik itu mobil ataupun motor, yaitu bagian ruang bakar. yang kita tahu merupakan bagian yang cukup krusial pada sebuah mesin.

Cara penggunaan dari cairan pembersih kerak mesin Engine Conditioner ini yaitu hanya dengan di semprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi. Dan dalam penggunaannya ada baiknya kondisi mesin masih hangat. Karena dengan suhu mesin yang hanga maka cairan tersebut akan cepat menguap.

2. Engine Degreaser

Engine Degreaser

Kemudian jenis pembersih kerak mesin kendaraan yang kedua yuaitu Engine Degreaser. Hampir sama seperti jenis yang pertama, Engine Degreaser juga di buat dengan menggunakan bahan serupa yaitu solvent. Hanya saja pada jenis ini dibuat dengan sedikit lebih kasar.

Hal tersebut di karenakan cairan ini merupakan salah satu cariran yang memiliki fungsi untuk membersihkan mesin bagian luar dari kotoran seperti karat ataupun daki. Bahkan dengan adanya formula khusus, Engine Degreaser akan mampu mengikat dan juga melarutkan kotoran yang bandel.

READ  10 Jenis Jenis Mobil dari Ciri, Contoh, Karakter & Gambar

Sementara untuk cara penggunananya, cairan pembersih Engine Degreaser ini juga sama seperti pada jenis yang pertama, yaitu dengan cara di semprotkan ke bagian yang kotor pada bagian mesin kemudian gosok dengan kain dan bersihkan mengunakan air. Ada baiknya penggunaannya juga dalam keadaan mesin masih hangat.

3. Engine Flush

Engine Flush

Dan jenis pembersih kerak mesin yang selanjutnya bernama Engine Flush. Berbeda dari kedua jenis pembersih diatas. Untuk jenis yang ketiga ini memiliki bentuk seperti detergen yang mampu membersihkan kotoran yang berada di dalam jaluur oli mesin ataupun pada karter mesin.

Dengan fungsinya sebagai pembersih bagian jalur mesin tersebut, otomatis cara penggunannya pun sedikit berbeda. Yang dimana untuk menggunakannya kalian masukan saja pembersih ini kedalam mesin kendaraan melalui saluran lubang oli.

Setelah itu, silahkan nyalakan mesin selama 15 menit kemudian silahkan buang pembersih tersebut melalui saluran pembuangan oli mesin. Dengan adanya formula khusus yang ada didalamnya, Engine Flush akan dapat membantu membersihkan mesin dari karbon sisa pembakaran yang berada di ring piston dan juga sludge yang membandel.

Dari ketika jenis pembersih kerak mesin diatas kami yakin masih banyak yang belum mengetahuinya. Maka dari itu kami berharap dengan adanya informasi terbaru diatas, kini kalian dapat lebih memahaminya. Dan tentunya kalian akan lebih bisa memaksimalkan penggunannya sesuai dengan fungsi dan juga cara penggunannya.

Tags: