7 Cara Membersihkan Busi Mobil yang Hitam dan Kotor 2020

Cara Membersihkan Busi Mobil – Menjadi satu komponen yang cukup penting dan harus selalu di rawat, busi pada sebuah mobil tentu harus selalu memiliki performa yang bagus. Terlebih lagi seperti kita semua ketahui, busi mempunyai fungsi sebagai pematik api di dalam ruang bakar mesin.

Akan selalu bekerja dengan suhu panas di dalam ruang bakar mesin, tidak heran apabila busi mobil atau motor sendiri terbuat dari material keramik yang cukup kuat dan tahan terhadap suhu panas tinggi. Meski demikian, sebagai sebuah komponen tentu saja busi juga memiliki masa pakai.

Berhubungan langsung dengan sistem pembakaran, tentu saja jika terjadi hal yang tidak beres akan membuat mobil terasa tidak sempurna. Bahkan kondisi busi yang kotor akibat pemakaian yang terus menerus sering kali membuat mobil mogok di tengah jalan.

Kotornya busi sendiri bukan hanya disebabkan karena partikel-partikel kecil yang masuk dan menempel pada ujung busi. Namun juga dikarenakan adanya zat residu dari sisa pembakaran. Jika tidak sering kira rawat, zat-zat residu tersebut bisa saja menempel dan berkumpul pada celah-celah busi menjadi sebuah kerak kotoran.

Cara Membersihkan Busi Mobil Hitam, Kotor yang Benar

Cara Membersihkan Busi Mobil yang Hitam dan Kotor

Dan seperti kami sampaikan diatas, jika kerak atau kotoran tersebut kalian biarkan menempel pada bagian busi akan berpotensi mengganggu kinerja busi serta membuat pembakaran tidak sempurna. Lebih parahnya lagi membuat mesin brebet saat kondisi RPM naik dan turun.

Alat dan Bahan

Jika hal tersebut benar diakibatkan oleh busi yang kotor, maka mau tidak mau kalian harus membersihkan busi mobil tersebut. Untuk melakukannya sebenarnya tidak perlu harus di bawa ke bengkel karena cara membersihkan busi mobil kotor atau hitam bisa dilakukan sendiri. Berikut bebrapa alat dan bahan yang harus disiapkan.

  • Kunci busi tentunya untuk bisa membuka busi dari dudukannya.
  • Sikat kawat atau sikat gigi.
  • Kompresor jika ada.
  • Lap atau kain majun kering.
  • Dan cairan carbon cleaner.
READ  Cara Hitung Denda Pajak Mobil & Skema Biaya Perhitungan 2020

Hal yang Harus Diperhatikan

Jika semua alat dan bahan diatas telah kalian siapkan secara lengkap. Sebelum masuk pada pembahasan cara membersihkan busi mobil yang hitam dan kotor, ada beberapa hal yang perlu di perahatikan. Diantaranya adalah.

  1. Memastikan kondisi mesin mobil berada pada suhu dinging agar proses dapat di lakukan dengan sempurna.
  2. Kemudian jangan merendam busi mobil pada bensin karena dapat mengikis elektroda yang terdapat didalam busi bahkan bisa membuat busi cepat rusak.
  3. Jangan mengamplas bagian ujung busi karena juga dapat mengikis elektroda, terutama pada busi-busi mobil kekinian.

Cara Membersihkan Busi Mobil

Kerak atau kotoran dari zat residu pembakaran yang menempel pada ujung busi mobil memang kerap kali membuat kinerja busi tidak akan sempurna dalam memercikan api di dalam ruang bakar. Oleh karena itu jika busi mobil sudah mulai kotor, segera bersihkan. Dan berikut adalah langkah cara membersihkan busi mobil hitam, kotor yang baik dan benar.

1. Lepaskan Busi dari Dudukan

Lepas Busi Dari Dudukan Mesin

Tahap pertama ketika kalian ingin membersihkan busi mobil adalah memastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin. Setelah itu silahkan lepas busi dari dudukan dengan menggunakan kunci busi yang sudah kita siapkan pada tahap awal seperti diatas kami sampaikan.

2. Bersihkan Kotoran

Bersihkan Busi dengan Sikat Kawat atau Cairan Carbon

Jika busi sudah terlepas sebaiknya kumpulkan dalam satu wadah agar proses lebih mudah. Setelah itu barulah kita lakukan pembersihan kotoran. Dalam pembersihkan kotoran atau kerak zat residu yang menempel pastikan tidak merendam busi.

Kalian cukup menggunakan sikat kawat. Caranya cukup sikat bagian ujung busi hingga kerak hilang hingga terlihat menghilap atau bersih. Memebersihkan busi mobil dengan cara ini bisa dibilang paling tepat karena tidak akan merusak lapisan elektroda.

READ  15 Tips Mudik Pakai Motor yang Nyaman, Aman & Tak Mudah Lelah

Sebenarnya selain menggunakan sikat kawat, untuk membuang kotoran atau kerak pada bagian busi mobil juga bisa memanfaatkan cairan carbon cleaner bahkan jauh lebih efektif dan bisa membuang kotoran hingga sela-sela. Caranya cukup rendam seluruh bagian busi sekitar 10-15 menit.

3. Semprot Busi dengan Kompresor

Semprot Busi Dengan Kompresor

Apabila proses pembersihan ujung busi telah kalian selesaikan hingga terlihat bersih. Sebaiknya semprot busi dengan menggunakan angin bertekanan tinggi yang di dapat dari kompresor. Hal ini bertujuan untuk membuang sisa-sisa kotoran berukuran kecil yang masih menempel pada bagian busi.

4. Keringkan Busi Mobil

Lap dengan Menggunakan Kain Majun

Langkah selanjutnya kalian cukup lap untuk mengeringkan dan menghilangkan sisa partikel kotoran yang ada. Pastikan menggunakan lap atau kain kering atau bisa juga dengan memanfaatkan kain majun bersih.

5. Pasang Kembali

Pasang Kembali Busi Mobil

Setelah semua langkah diatas sudah kalian selesaikan, silahkan pasang kembali busi mobil tersebut ke tempatnya. Pastikan kencangkan busi dengan menggunakan kunci busi yang juga digunakan saat membuka busi. Lalu coba hidupkan mesin.

Kenapa Busi Mobil Harus Dibersihkan?

Kenapa busi mobil harus dibersihkan? sebenarnya jawabannya simple sekali. Yaitu untuk membuat busi tetap memberikan performa yang maksimal dalam memercikan api. Oleh karena itu, pastikan setiap kali melakukan service mobil atau bahkan tune up mobil busi harus dibersihkan agar pembakaran dapat berjalan dengan baik dan semestinya.

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan sedikit tips mengenai cara membersihkan busi mobil yang kotor dan hitam seperti kami sampaikan diatas kalian bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan uang untuk jasa bengkel.

Tags: , ,