8 Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor Agar Kinclong 2021

Cara Membersihkan Rantai Motor – Sepeda motor masih menjadi salah satu sarana transportasi yang cukup banyak dipilih masyarakat kita. Selain memang mudah digunakan, jenis moda transportasi ini juga banyak di pilih karena bisa memangkas waktu tempuh di kala jalanan yang dilalui macet, serta juga karena harga yang relatif terjangkau dibandingkan mobil.

Meski dengan begitu banyaknya kelebihan yang ditawarkan, namun sama seperti jenis kendaraan pada umumnya. Kita sebagai pemilik tentu harus selalu menjaga dan merawat semua komponen yang ada. Salah satu diantaranya adalah rantai motor yang memiliki peranan cukup penting di semua jenis motor terkeculai motor matic.

Peranan penting yang dimiliki rantai motor sebagai penghantar putaran mesin ke roda belakang memang harus selalu memiliki performa baik. Untuk mendapatkan semua performa tersebut dari rantai motor terbaik yang digunakan adalah dengan cara membersikan rantai dari kotoran yang ada.

Dimana kotoran yang menempel tersebut bisa berasal dari oli rantai yang sudah menghitam, atau juga dari partikel-partikel yang menepel saat motor kita gunakan di jalana. Jika tidak rutin kita bersihkan, akan ada efek samping yang biasanya timbul atau muncu saat motor kita pakai.

Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor yang Benar

Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor Agar Kincolng

Salah satunya adalah mengeluarkan suara berisik dan bergetar saat motor di jalankan. Keluarnya bunyi-bunyi tersebut, bisa jadi dikarenakan kotoran yang menempel di rantai motor bergesekan dengan gear. Untuk itu dibawah ini akan otoflik.com sampaikan cara membersihkan rantai motor agar kincolng dan tidak berisik.

Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum membahas bagaimana cara membersihkan rantai motor yang baik dan benar. Pastikan dulu kalian menyiapkan beberapa alat dan bahan yang umumnya dipakai saat membersihkan ratai motor. Beberapa alat dan bahan tersebut meliputi;

  • Sikat gigi : digunakan untuk membersihkan bagian sela-sela rantai motor.
  • Pembersih lantai atau piring: seperti sunlight atau lainnya yang dipakai untuk membuang semua kotoran yang ada pada rantai.
  • Bensin (pertamax atau pertalite): untuk digunakan sebagai perontoh karat dan kerak yang menempel pada rantai motor.
  • Wadah mangkuk/gelas plastik: dipakai untuk menuangkan pembersih.
  • Kuas: biasanya dipakai untuk mengusap bahan pembersih yang digunakan ke seluruh bagian rantai motor.
READ  9 Cara Melepas Stiker di Kaca Mobil Tanpa Membekas & Dijamin Bersih

Cara Membersihkan Rantai Motor

Panduan Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor

Setelah semua alat dan bahan diatas sudah kalian siapkan, maka langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah mulai membersihkan semua bagian rantai motor yang ada. Nah untuk langkah-langkah cara membersihkan rantai motor bisa kalian simak dibawah ini.

1. Parkir Motor Ditempat Rata

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat membersihkan rantai motor adalah memarkirkan motor di tempat yang rata. Kemudian standar tengah agar rantai motor dapat diputar dengan mudah untuk proses pembersihan. Jangan lupa beri pelapis dibawah rantai agar lantai tidak kotor.

2. Oleskan Bensin ke Permukaan Rantai

Setelah itu lanjut dengan menungkan bensin ke wadah yang sudah disiapkan. Kemudian olesi semua bagian rantai motor dengan bensin dengan menggunakan kuas.

Tujuannya untuk merontokan kotoran yang menempel seperti debu atau kerak yang sudah mengeras dibagian rantai dan juga gear. Sedikit tips, saat mengoleskan bensin ke permukaan rantai lakukan dengan cepat karena sifat bensin mudah menguap.

3. Mempersiapkan Bahan Pembersih dan Air

Apabila semua bagian sudah kalian olesi dengan menggunakan bensin, biarkan lebih dulu beberapa saat sambil kalian menyiapkan bahan pembersih piring seperti sunlight atau mama lemon. Kenapa harus pembersih piring?.

Karena kedua pembersih piring tersebut bisa dengan mudah mengangkat minyak yang menempel. Dengan begitu ketika ada sisa oli yang menempel di permukaan rantai atau gear dapat dengan mudah di bersihkan. Atau jika tidak ada, kalian bisa gunakan pemersih lantai, hanya saja tidak maksimal.

4. Oleskan Bahan Pembersih ke Bagian Rantai

Nah setelah sudah kalian siapkan bahan pembersih tersebut di dalam wadah. Maka tahap berikutnya kalian hanya perlu mengoleskan bahan pembersih ke semua bagian rantai motor baik bagian dalam atau luar dengan menggunakan kuas. Silahkan oleskan sambil kalian tekan agar kotoran bisa terangkat oleh kuas.

READ  √ Biaya Ketok Magic 2021 : Cara Menghitung & Waktu Pengerjaan

5. Bersihkan Rantai dengan Sikat Gigi

Jika semua bagian sudah kalian lumasi dengan menggunakan bahan pembersih rantai. Kemudian silahkan kalian gosok rantai dengan menggunakan sikat gigi. Berapa kali proses pemberian bahan pembersih? tentu saja tidak ada batasan, lakukan saja sampai kotoran benar-benar sudah tidak lagi terlihat pada rantai.

6. Siram dengan Air Bersih

Pastikan juga ketika semua bagian sudah kalian bersihkan dan tidak ada lagi bekas kotoran yang menempel, siram dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar sudah terlihat kincong. Jika diperlukan gosok lagi dengan bahan pembersih dan siram lagi dengan air hingga beberapa kali.

7. Tunggu Hingga Rantai Kering

Saat proses pembersihan sudah selesai, biarkan rantai dalam keadaan basah dan tunggu sampai benar-benar kering.  Caranya cukup biarkan motor dalam beberapa saat atau bisa juga kalian lap dengan menggunakan kain kering.

8. Semprot Pelumas Rantai

Langkah terakhir yang perlu kalian lakukan setelah rantai motor kering yaitu menyemprotkan pelumas rantai motor yang kalian anggap terbaik. Pastikan saat penyemprotan lapisi rantai bagian bawah dengan menggunakan kardus atau kain agar pelumas tidak sampai tercecer di lantai.

Efek Rantai Motor Kotor

Efek Rantai Motor Kotor

Seperti diatas kami singgung, jika rantai motor kotor akan ada banyak hal yang bisa membuat performa motor berkurang. Yang mana beberapa efek buruk dari kotornya rantai motor tersebut diantaranya adalah;

  • Motor terasa berat karena mata rantai dan gear tidak pas karena tersumbat kotoran.
  • Mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu saat motor berjalan.
  • Dan pastinya membuat rantai motor cepat aus.

Nah itulah kiranya proses cara membersihkan rantai motor yang baik dan benar agar kembali kinclong dan tidak berisik. Metode diatas sebenarnya hampir sama seperti metode cara membersihkan rantai dari karat yang sudah pernah kami sampaikan. Hanya saja alat dan bahan yang dipakai biasanya berbeda.

Bagaimana cukup mudah bukan cara membersihkan rantai motor yang kotor? Jika kalian ingin melakukan metode diatas, pastikan ikuti langkah demi langkah yang otoflik.com sampaikan diatas agar hasil maksimal bisa kalian dapatkan.

Tags: , , ,