Oli Motor Cepat Hitam Amankah ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Oli Motor Cepat Hitam – Baru ganti oli motor belum lama tapi saat di cek sudah hitam? kira-kira amankah kondisi oli seperti itu, apa penyebab dan juga bagaimana cara mengatasinya?.

Advertisements

Merupakan piranti dengan fungsi begitu penting di dalam kinerja mesin motor. Oli merupakan bagian yang akan membantu memperlancar gerak setiap komponen mesin motor sekaligus membantu membuang suhu panas di dalam mesin selama pembakaran berlangsung.

Tidak semata-mata hanya sampai disitu, kegunaan lain dari OLI MESIN MOTOR BERKUALITAS juga akan membuat komponen mesin motor tidak cepat aus. Dengan melihat begitu pentingnya fungsi dari oli motor, maka sudah seharusnya untuk mengganti oli secara rutin.

Advertisements

Tujuannya agar tetap membuat kinerja mesin motor maksimal. Nah penggantian oli motor sendiri sebaiknya dilakukan satu bulan sekali atau ketika kondisi oli sudah hitam. Namun apa jadinya jika baru beberapa saat oli motor di ganti namun sudah cepat hitam?.

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Motor Cepat Hitam

Kasus seperti ini memang kerap kali di alami beberapa pengguna sepeda motor. Hal ini otomatis membuatnya merasa panik bahkan tidak jarang menganggap adanya kerusakan pada mesin. Lantas benarkah seperti itu, apa penyebab oli motor cepat hitam serta bagaimana cara mengatasinya?.

Amankah Oli Motor Cepat Hitam?

Amankah Oli Motor Cepat Hitam

Menganggap oli motor cepat hitam berarti ada kerusakan pada bagian mesin atau bahkan menganggap oli tersebut palsu sepertinya menjadi anggapan cukup keliru. Karena dari beberapa tanggapan para montir profesional serta petinggi-petinggi perusahaan otomotif.

Kondisi oli motor baru di ganti namun sudah langsung hitam dalam beberapa saat merupakan hal normal dan wajar. Justru kondisi yang harus di waspadai justru sebaiknya. Yakni ketika oli motor masih tetap bening setelah digunakan.

Jadi saat kalian bertanya aman atau tidak oli motor baru ganti namun cepat hitam? tentu saja jawabannya benar. Pembenaran tersebut mengacu pada fungsi oli itu sendiri.

READ  30 Mobil Diesel Terbaik Harga Termurah dan Terbaru 2021

Dimana perubahan warna oli menjadi hitam hanya dalam kurun waktu beberapa saat setelah diganti karena selain menjadi pelumas dan juga pelindung komponen. Fungsi lain oli juga sebagai pembersih permukaan dinding silinder.

Karena disaat oli baru dimasukkan untuk mengganti oli lama, secara otomatis endapan-endapan kotoran karbon sisa pembakaran maupun endapan kotoran lainnya akan terbawa oli. Dengan begitu, kalian tak perlu lagi merasa cemas, panik atau khawatir karena oli motor cepat hitam adalah hal normal.

Penyebab Oli Motor Cepat Hitam

Meski dapat dikatakan aman, namun sebagai pengguna motor yang menjadikan jenis kendaraan tersebut sebagai salah satu alat transportasi harian. Setidaknya kalian juga harus paham dan tahu apa sebenarnya penyebab utama oli motor cepat hitam.

Jadi seperti tertulis pada judul di atas. Disini otoflik.com juga akan membagikan secara rinci dan detail apa saja hal yang menjadikan oli motor cepat hitam dalam kurun waktu cepat setelah proses penggantian oli di lakukan.

1. Rusaknya Saringan Oli

Rusaknya Saringan Oli

Indikasi awal mungkin seringkali langsung terbesit di pikiran para pemilik sepeda motor disaat oli yang baru saja mereka ganti langsung cepat hitam yaitu rusaknya saringan oli mesin. Walau bukan menjadi salah satu penyebab utamanya.

Akan tetapi kondisi saringan oli yang rusak juga bisa menjadi awal perubahan warna oli dari coklat menjadi hitam dalam waktu yang cepat. Jadi pastikan sesat sebelum oli motor kalian ganti. Periksa lebih dahulu kondisi saringan oli. Pastikan kondisinya tetap dalam keadaan bagus.

Advertisements

2. Ada Komponen Mesin Kotor

Ada Komponen Mesin Kotor

Salah satu faktor yang menjadi penyebab oli motor cepat hitam paling besar yakni adakan komponen mesin yang kotor. Dimana seperti di awal kami singgung, oli mesin bukan sekedar menjadi pelumas komponen mesin semata.

Melainkan juga ikut membersihkan kondisi komponen mesin yang kotor saat oli bersirkulasi di seluruh bagian mesin dan kotoran-kotoran tersebut ikut terbawa.

3. Gas Sisa Pembakaran Masuk ke Karter

Gas Sisa Pembakaran Masuk ke Karter

Kemudian kondisi oli motor cepat hitam yang berikutnya juga bisa disebabkan karena adanya gas sisa pembakaran yang masuk ke dalam bagian karter. Apalagi secara garis besar biasanya gas sisa pembakaran juga mengandung kerak dan kotoran.

READ  √ 30 Ukuran Stang Seher Semua Motor dan Cara Menghitungnya

Lebih buruknya lagi, saat gas sisa pembakaran tersebut masuk ke bagian karter. Bukan hanya dapat membuat oli motor cepat menghitam. Namun juga beresiko membuat komponen mesin cepat aus terutama pada bagian boring motor, ring piston, maupun lainnya.

4. Mesin Sering Overheat

Mesin Sering Overheat

Dan indikasi faktor penyebab oli motor cepat hitam yang berikutnya yakni kondisi MESIN MOTOR CEPAT PANAS atau overheat. Dan salah satu penyebabnya dikarenakan setelan kopling yang tidak pas.

Hal tersebut membuat kopling terasa selip sekaligus membuat penguapan pada oli semakin cepat. Kondisi oli yang cepat menguap secara tidak langsung akan mudah menyebabkan oli cepat habis dan juga oli cepat hitam.

Cara Mengatasi Oli Motor Cepat Hitam

Cara Mengatasi Oli Motor Cepat Hitam

Apabila saat ini kalian sering mengalami masalah seperti itu pada saat melakukan penggantian oli mesin motor. Maka sebaiknya segera lakukan beberapa cara yang akan kami sampaikan di bawah ini untuk dapat meminimalisir oli motor cepat menghitam.

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan mengganti filter oli. Mengingat komponen ini punya peran penting untuk menjaga kondisi oli yang masuk ke dalam sela-sela ruang terbebas dari kerak kotoran.
  2. Selain dengan cara tersebut, untuk membuat oli motor yang cepat menghitam juga bisa kalian lakukan dengan menggunakan JENIS OLI yang sesuai dengan kriteria maupun karakter mesin motor kalian.
  3. Setidaknya dalam waktu beberapa bulan sekali sebaiknya jeroan dapur pacu motor yang kalian gunakan setiap saat dibongkar dan dibersihkan menggunakan air dengan cara di cuci maupun disemprot menggunakan angin kompresor.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait oli motor cepat hitam, penyebab serta cara mengatasi dan penjelasan mengenai aman tidaknya oli mesin motor yang cepat sekali menghitam. Semoga apa yang telah otoflik.com sampaikan bisa membantu.

Advertisements

Tags: , , ,